(Bukan) Cerbung 1: Semeru

Thursday, September 05, 2013


Setahun lalu.

Tahun 2012.

Gue dan teman-teman yang biasa mendaki bareng, ngadain ekspedisi mendaki Gunung Semeru di bulan November. Bad news-nya pendakian yang kami lakukan ternyata barengan sama pendakian massal sebuah brand outdoor gears yang katanya mencapai 3000 orang!

Bro, itu mendaki gunung apa umroh, bro?

Dari Stasiun Pasar Senen aja, pria-pria, wanita-wanita, dari yang cakep bener sampai yang biasa aja tapi bawa ransel gunung (carrier) itu berjubel banget. Macem lagi mudiknya para pendaki gunung. Antara happy dan males banget ngebayangin Semeru bakalan banyak banget orang.

Seharian suntuk kami di dalem kereta Matarmaja dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, menuju Stasiun Malang Kota Baru. Sesampainya di Stasiun Malang Kota Baru, tanpa ba bi bu banci kami langsung menyerbu Pasar Tumpang biar gak kesorean sampai di pos Ranupani.

Tapi.

Sampai di Pasar Tumpang, Malang, kami harus kecewa karena kehabisan hardtop (sejenis mobil jeep) berkat para peserta pendakian massal itu mendominasi.

Oh, damn! Gue kesel banget. Dari awal berangkat gue udah kesel karena berhembus gossip kalau Semeru ditutup akibat pendakian massal itu. Sampai akhirnya kami nekat tetep berangkat karena udah kepalang basah ambil cuti kerja dan udah ngerencanain ekspedisi ini berbulan-bulan sebelumnya. Udah tinggal sejengkal bisa mendaki, masa gagal?

Saking keselnya, gue akhirnya muter-muter nyari hardtop sendirian ...dan KETEMU! 

Ketemu sama bapak-bapak pemilik hardtop yang baik sekali karena lebih memilih rombongan gue yang gak banyak ribut ketimbang rombongan pendakian massal yang dia bilang... berantakan banget panitia penyelenggaranya.

Masih dalam suasana kesel membabi buta, sampai di Ranupani, gue melihat seorang bidadari turun ke bumi yang cantik sekali. Medina Kamil.

Beroooooh, gue ngefans banget sama doi sejak berita hilangnya presenter Jejak Petualang itu di Papua beberapa tahun lalu di blow up. Thanks God, dia akhirnya ketemu! Hidup pun! She's a real survivor!



Puas narsis foto-foto sama Medina Kamil, gue dan temen-temen yang jumlahnya makin membengkak segera bergerak buat mendaki Semeru menuju pos Ranu Kumbolo. 

Rombongan kami sih tadinya cuma 10 orang, gara-gara gue nemu hardtop yang tadi itu, banyak rombongan-rombongan kecil yang nebeng. Akhirnya total rombongan kami mencapai 21 orang.

Then, we name it Chibi 21. Cool name isn't it?

Geng Chibi 21 memulai perjalanannya menuju Ranu Kumbolo sesaat setelah merasa cukup beristirahat. Pelan tapi pasti, Chibi 21 kepecah lagi jadi grup-grup kecil karena perbedaan kecepatan jalan. Juga kebanyakan foto-foto.

Grup gue, akhirnya cuma tersisa lima orang. Empat diantara kami: gue, Adhityo, Wendy, Fahri, kami emang rombongan asal Jakarta. Satu orang lagi adalah orang yang memutuskan bergabung bersama kami sejak di Ranupani. Namanya Adi. Katanya, dari Semarang.

Adi... paling lambat jalannya. Paling sering pasang tampang memelas. Paling kurus. Paling sering kasak kusuk sendiri. Juga paling sering ngeluh kalau carrier-nya berat bener. 

Yakali naik gunung seenteng mau kondangan. 

Selain itu, rupanya si Adi ini juga jauh dari kata safety. Cuma pakai kaos yang dilapisi kemeja kotak-kotak tipis. Topi. Sendal gunung.  

Awalnya sih gue gak peduli, tapi kasian juga kan anak orang ngeluh mulu, mana ngikut di rombongan gue, apa kata dunia juga sama pencitraan gue sebagai pendaki yang ramah tamah, tidak sombong, baik hati, rajin menjamah, selalu senyum, dan ganteng ini?

Akhirnya gue tanya-tanya si Adi. Surprisingly, dia itu ngaku sebagai salah satu peserta pendakian massal dan BARU PERTAMA NAIK GUNUNG. 

Wtf. 

Trus gue tanyain kenapa kok gak gabung sama mereka?

"Surat pendaftarannya sama temen, terus temen ilang ntah dimana. Jadi didiskualifikasi. Ya udahlah, udah diniatin naik Semeru, ya naik aja deh..." katanya enteng.

Naik aja deh, kepala elu!

Untung buat dia, malang buat geng Chibi 21, dia yang nekat berangkat. Geng Chibi 21 yang kena getahnya. Cih.

Gue tanya semakin detail, apa aja yang dia bawa, ada atau gak temennya di sini, persiapannya gimana, udah punya pacar belum? Udah makan belum? Kok belum makan? Ntar sakit loh! #lah 

Nihil.

Penyusup itu gak bawa jaket gunung, cuma bawa sarung. Dia gak bawa logistik, makanan, cemilan, cuma bawa air dan beberapa bungkus mie instan. Gak bawa senter, sepatu gunung, sarung tangan, kaos kaki, survival kit, dia cuma bawa kamera dslr sama tripodnya!

Nekat. Nekatnya keterlaluan.

“Ya udahlah Mas, aku sih nekat aja. Masa iya, gak ada orang yang mau bantuin aku nanti...” katanya lagi. 

Kan. Bener kan.

Kalau bukan anak orang, udah gue jorokin ke jurang deh. Sayang-sayang harus baik hati kan ketika mendaki gunung. Jadi gue cuma bisa ngelus dada dan senyum-senyum setan.

Gue dan temen-temen gue saling berpandangan penuh arti.

“Adi, sorry gue harus ngomong begini... lo itu gak ada persiapan, belum pernah naik gunung juga. Belum tentu juga ada yang selalu bisa bantu lo. Mendingan lo ntar berhenti sampai di Ranu kumbolo aja, terus pulang. Jangan lanjut muncak. Bahaya,” jelas gue panjang lebar.

"Iya, bener di," tambah Adhityo, yang juga udah mulai gemes dari tadi.

Perjalanan kami jadi super slow banget bareng si Adi ini. Bukan apa-apa, kalau pendaki gunung yang biasa jalan cepet itu harus jalan pelan banget, justru malah bikin si pendaki itu cepet capek dan ilang stamina. Minimal, para pendaki itu punya standar jalan yang lumayan. Gak cepet-cepet banget tapi juga gak pelan-pelan banget.

Selain harus jaga stamina, tentunya setiap rombongan punya target sendiri-sendiri kalau naik gunung. Target gue dan temen-temen Chibi 21 harus bisa sampai puncak tepat waktu yang udah di arrange. Telat dikit, kami bisa telat pulang ke Jakarta.

“Duh.. tasku berat banget. Sakit banget punggungku,” erang Adi malah gak peduliin kata-kata gue.
“Tapi kuat kan?” bibir gue merespon dengan halus. Tapi hati gue nyinyirin dengan kejam.

“Gak tau nih. Sakit banget jadinya pundakku, ”lanjutnya ngeluh lagi sambil ngelepas carrier.

Gemes sekaligus sebel karena perjalanan jadi terhambat banget, gue dan Adhityo, akhirnya coba nolongin Adi. Kami secara bergantian bawain carriernya.

Demi dewa-dewi yang turun dari khayangan, carriernya emang berat banget masa! Lebih berat dari carrier gue yang gedenya 2x dari carriernya. Padahal anaknya kan bilang gak bawa macem-macem. HIH.

Setengah jam, sejam, gue dan Adhityo gantian bawain ransel si Adi, sementara kami juga bawa ransel kami sendiri. Dari gantian gendong di dada masing-masing, sampe nenteng itu carrier sialan berduaan macem pasangan laki bini baru balik dari pasar, Akhirnya kami nyerah juga. 

Fak lah. Carriernya beneran berat banget.

Abis naro carrier sialan itu, kami nyari si empunya. Ngiderin mata ke depan ke belakang. Ke samping kanan ke samping kiri. Ke hutan. Ke pohon. Ke jurang. 

Ternyata kami ditinggalin! 

Fak.

“Bungcudh banget sih orang ini? Udah dibantuin, kelakuannya minus, seenaknya sendiri pula naik gunung! Ngeselin banget! Gue tinggalin aja nih kerilnya!” gue maki-maki.

“Buka aja deh... Kita liat isinya apaan...,” lanjut Adhityo.

*pelan-pelan buka*

JENG JENG! DUNG DUNG!

Pantesan berat, isinya itu... air mineral 1.5 liter. ENAM BOTOL. 

Syit.

Pengen banget nabok mukanya saat itu juga. Orang gila mana yang bawa air enam botol 1.5 literan? 
Paling gilanya gue, cuma bawa maksimal empat botol air mineral 1.5literan. Pun masih nanggung sendiri kagak banyak ngeluh. Resiko boy. Resiko!

Saking tega dan bencinya, gue buang TIGA BOTOL air mineralnya itu biar carrier si Adi bisa lebih gampang dibawa. Siapa suruh ninggalin kami?

Dipenuhi dendam, amarah, dan rasa tidak suka yang begitu mendalam seperti melihat mantan pacar berduaan sama cowo lain, gue sama Adhityo ngiprit nyari si bocah sialan itu. 

Pas ngeliat batang hidungnya, gue segera nyamperin dia dan ngasih carriernya.
Dengan judes gue bilang:

"Sorry, kita buru-buru. Bhay!"

Sambil melenggang kangkung meninggalkan dia yang masih ternganga.

***

Lanjut season duanya di sini :3







You Might Also Like

59 komentar

  1. bahahahaahaha

    koplak banget tuh orang korban pendakian massal, hahaha, kalo saya ketemu orang kaya gitu sih, mending suruh dia langsung tidur nyenyak aja balik ke rumah...

    kalo nekat naik, tinggalin aja, wakakaka *raja tega*

    kenapa ga di pake minum-dengan-biadab aja airnya orang itu mas....? kan lumayan air segelan, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sssst.. Rahasia! Aku ngembat sebotol! :3

      Delete
    2. Hahahaha....kebangetan tuh Orang.....Dia pikir Naik gunung sama dengan rekreasi....hadeeeehhh....


      *di tunggu kelanjutannya *

      Delete
    3. Iya banget. Ngeselin kan... Heheh. Ditunggu yak minggu depan kelanjutannya! Maacih udah mampir! :*

      Delete
  2. Wkwkwk..kacau banget...klo aku malah ranselnya paling kecil di antara rombongan dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal tanggung jawab sih gapapa bro. Kalo orangnya macem begini sih pengennya ngelindes pake traktor. Hahahaa

      Delete
  3. parah banget tuh bray, shikat miring harusnya dah. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya sih shikat miring banget, bray! Tapi ya... kan pendaki baik hati pencitrannya :p

      Delete
  4. beneran pemula nekat dan itu mas, hehe,, ditunggu kelanjutannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget! Kelanjutannya lebih seru! Tunggu yak minggu depan! Hehehe.. Makasih udah mampir! :3

      Delete
  5. di PHP ae, trus ditinggalin. bikin sait hatinya. biar tau resiko ngentengin gunung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tau gue ngapain dia? Tunggu kelanjutannya di episode 2! :3

      Delete
  6. wui, nekat gitu ya mas, pantes aja diskualifikasi lah nggak lengkap survival kitnya...jangan2 dia nggak pake surat keterangan sehat lagi, ato lebih parah lagi nijin kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara-gara surat daftarnya ilang katanya. Tapi kayaknya gak yakin juga dia bener2 daftar gitu.. :'(

      Delete
  7. Gubraaaaaaggg,,, hwahahahaha gue yang baca saja pengen ngejitak tuh orang,,, hadaaaaaaaaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha.. gimana gue mas yang geram banget sepanjang perjalanan. Pengen nendang. Hahaha

      Delete
  8. ngakak gue bacanya...gue jg ada dieven mo umroh itu hahahhahaha
    salam kenal, salam lestari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan juga? Yang mana??? *ya masa bakal ketemu juga*

      Delete
  9. wah seru nih kisahnya! ditunggu kelanjutannya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eheheheheheh *baru baca komen mas badai yang ini*

      Delete
  10. Baru tau kalo Medina Kamil itu sempet hilang. Aku merasa hina, Mas.


    Btw, mau dong dibawain carriernya itu. Pliiiis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu memang hina nak. Dibawain tasnya? Cih.

      Delete
  11. Embat aja dslr-nya bro...lmyn tuh :)

    ReplyDelete
  12. Enaknya si adi di plorotin celananya..gw penasaran mau liat dalemnya..trs ceburin ke RAKUM sambil di iketin air mineral yg dia bawa biar ga bisa ke daratan lagi...haaa di tunggu part 2 nya mas bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaaa sadisssssss.... Tapi good suggestion tuh! :3

      Delete
  13. Enaknya si adi di plorotin celananya..gw penasaran mau liat dalemnya..trs ceburin ke RAKUM sambil di iketin air mineral yg dia bawa biar ga bisa ke daratan lagi...haaa di tunggu part 2 nya mas bro..

    ReplyDelete
  14. Ngahahahaha kebayang muke lu yg judes itu...hail the bitches! Yeaaaaaaaaah....!

    ReplyDelete
  15. itu nama geng gak ada yg lebih macho dikit ape :)))

    ah gue kira bakal ada ddrama pas ketemu si adi taunya gak.

    ReplyDelete
  16. ha.. ha... knp ga sekalian bawa galon ha...
    kesel banget,, gondok tapi seru juga tuh kayanya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gondok pake banget! Udah baca yang kedua belum?? :3

      Delete
    2. Kang, izin naroh link blog njenengan ke blogroll saya :)

      Delete
  17. Nasih pemula yg ga dapat informasi memadai dan malas pula cari pengetahuan tentang pendakian.

    ReplyDelete
  18. Walah, pendakian massal, 5 cm, taun baruan, kalau tidak bertanggung jawab, semeru bisa rusak :(

    Salam kenal, Rifqy Faiza Rahman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, kang! Makasih udah mampir! :D

      Delete
  19. Keren webnya Cen, gw suka gaya cerita lo... bikin pringas-pringis sendiri... :D kapan-kapan maen ke bivak gw ya, ntar gw sodorin kopi sachet ama mi yg dicelor aer panas dibungkusnya diiket karet gelang :)
    my bivak

    ReplyDelete
  20. hahahahahahaha
    kmn aje gw selama ini, baru tau ada web sekeren ini....
    berawal nyari tmn daki gunung nyasar ksini...
    salam kenal, sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, jadi terbang kan gue. Hahhaahah. Makasih loh! Marilah manjat barenggg! :D

      Delete
    2. awas terbang kelangit ke 7 naik paus akrobatik haha...
      ayo mas, asli lg nyari tmn manjat nih. tapi itu mas acen manjat gunturnya blm tamat klo blm liat puncak guntur penuh ilalang warna ungu, blm dapet sunrise juga dri puncak guntur pula jdi hrs diulang hihi...
      #ngarep manjat guntur aje yg deket

      Delete
    3. Ditraktir sih boleh sihhh... :p

      Delete
  21. HAHAAAAAAAAA... *ups ketawanya kegedean* ... asliii ngakaakkk... gtw musti ngomong apaaan... cuma bisa ketawa ngakaaakkkkk.... *ups maap loh bukan ngetawain penderitaanmu...* .. :D

    bang acen kebetulaaan akoooh juga naek pas acara pendakian massal ituhh... tpi bukan salah satu rombongan dr pendakian massal ituh... jangan2 kitaaa ketemu... jangan2 bang aceeen ada di salah satuu potoku disana.. #lah o,O"

    ReplyDelete
  22. Gini ya, gw bukan pendaki expert, tapi at least paham manajemen pendakian, dan walaupun gw belom ke semeru, gw rasa gaperlu lah bawa ampe 6 botol air 1,5 L, kan sarap 6 x 1,5kg = 9,5kg . setau gw di semeru air ga susah-susah amat deh.

    kalo gw jadi lo cen, tu air gw buat mandi depan dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thats! The point!

      Ah andai gue dapet ide itu kemarin... Udah gw laksanakan tuh mandi pake air depan muka dia :((

      Delete
  23. Hahahaha...gue suka gaya bertutur writernya. Asyik banget loe bahasanya.

    ReplyDelete
  24. Gilaaaak n kocaaaak... telaat baca n telat ngekomen... maklum baru kenal

    ReplyDelete
  25. Itu dia nggak salah bawa air banyak banget ke Semeru? Semeru... yang ada kolem Ranu Kumbolo segede lapangan bola, yang kalo dia mau minum sampai mabok juga airnya nggak bakalan abis. Kayanya dia bukan anak google deh yang biasanya searching dulu sebelum pergi ke suatu tempat, hehehe

    ReplyDelete
  26. Hahahahaha duhh ngakak bangetlah sama cerita si adi ini...
    6 botol aqua lagii, 😂😂
    Kalo baca ceritanya sihh ngakak banget, tapi kalo ketemu sama orang yg kayak gini pasti makan ati, banyak2 ngelus dada 😃

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.