Book Review: The DestinASEAN

Saturday, October 19, 2013



Mau tau ceritanya Adis Takdos yang menurutnya ganteng banget itu lagi dicemburui 'orang ketiga' pas keliling Angkor Wat bareng pacarnya, gak? Famous banget, yes, si Adis sampe bisa jadi rebutan gituh.

Atau mau tau kelakuannya Ariev Rahman bersama mama gaul tercintanya ber-mamacation di Hat Yai, Thailand, sampai musti ngedorong-dorong motor sewaan di tanjakan demi ketemu sama Golden Mermaid Statue?

Hmm... gimana kalau ceritanya Roy Saputra ketemu 'rumah' di Makati, Filipina, setelah seharian berkutat sama sempak kertasnya dan 'terpaksa' ngembat segala apa yang ada di kamar hotelnya demi bisa ngembaliin nominal rupiah yang doi keluarin buat bayar hotel?

Atau ini aja, cerita dari Adam Poskitt di Myanmar yang bikin nangis sendu karena dikit-dikit gue harus buka kamus Indonesia-Inggris biar ngerti maksudnya. Ditambah dari sang istri tercinta, Susan Poskitt yang bertutur tentang Laos dan ngebuat gue serasa lagi ada di sana saking jelas, detail, dan apiknya. Gimana?

Apa yang ini aja, cerita dari kakak petualang cantik, Marischka Prudence, yang girang banget ketemu bangke pesawat di dalem laut Morotai? Seru banget lho itu!

Kisah seru Mbok Venus di Cu Chi Tunnels yang bikin gue ikutan merinding karena kebayang banget kalo gue adalah seorang claustrophobia, pasti gue bakal mati engap! Itu aja? Mau? 

Atau cerita dari Oryza Irwanto yang komplit tentang Brunei Darussalam dan bikin gue jadi tau kalau pemerintahan Brunei itu ternyata masih kesultanan absolut..... ngggg.... itu guenya aja sih yang kebangetan bego.

Eh eh, kalau cerita dari Puty Karina di Singapura yang dengan alus nyelipin curcol tentang harapannya sama gebetan pas dateng ke Singapur demi ketemu Band Favoritnya aja lah. Manis banget loh ceritanya! Gimana?

Cerita liburan seru dari tante Eka ke Malaysia bersama suami kesayangan yang-kok-gue-males-banget-ngebayangin-mesranya-mereka-soalnya-gue-sirik, ditambah juga kisah serunya mas Dendi yang berulang kali meyakinkan dirinya sendiri kalau doi bakal dijual jadi sexy dancer sama om-om kenalan barunya di Malaysia, oke juga lho itu. Apa itu aja?

Semuanya aja deh ya!

Soalnya, paket komplit dari 11 orang berlatar belakang, jenis kelamin, umur, kelakuan, dan gaya penulisan yang sangat berbeda ngublek jadi satu dalam buku apik yang menurut gue epic ini di The DestinASEAN terbitan dari B-First.

Jujur-jujuran aja, dari cover yang menurut gue bernuansa adem dan kalem ini udah cukup menarik perhatian gue buat membelinya. Belum lagi hampir semua penulisnya udah pernah gue sambangi blognya, bahkan udah gue miliki beberapa buku lainnya. Bikin makin penasaran pengen tau isi dari The DestinASEAN.

21 cerita dari 11 penulis yang kayaknya udah sering banget traveling ke sana sini, terutama negara-negara ASEAN ini layak banget buat dibaca semuanya. SEMUANYA. Jangan di skip. Meskipun The DestinASEAN  bukan kayak Lonely Planet atau buku-buku travel yang sifatnya guidance tapi di dalam buku setebal 246 halaman ini gue menemukan banyak informasi menarik dari negara-negara ASEAN itu yang dibalut dengan rangkaian kata-kata khas dari masing-masing penulisnya.

You know, kamu bakalan ngerasa terhibur sama tulisannya Adis Takdos yang seperti biasa, penuh kenarsisan dan juga gamblang. Tapi, ada kejutan yang bikin gue merasa 'wah' sama tulisan dia di The DestinASEAN ini. Apa itu? Sudut pandang yang dia ambil. Surprise banget! Mau tau? Baca sendiri.

Bakalan terhibur banget juga sama tulisannya Ariev Rahman, Roy Saputra, dan Dendi Riandi. Ketiga orang ini di setiap tulisannya pasti bikin nyengir karena polahnya tergambar jelas dari tulisannya. Segar dan juga berkarakter. Tapi, jangan sedih, di ending-ending, mereka biasanya menyisipkan pesan moral yang.... agak nampar. Baik tersirat maupun tersurat. Baca deh!

Gak kalah menarik juga tulisan dari Susan Poskitt. Juara deh pokoknya detailnya ceritain tentang sejarah Laos. Tapi gak ngebosenin kayak pelajaran Sejarah. Suer. Yang gak kalah juara ya tulisannya sang suami, Adam Poskitt, full English! Jago banget bahasa Inggrisnya *ya iyalah, bule*, bikin minder pokoknya.

Ada kejutan juga dari Puty Karina selain curcolnya di awal cerita, doi juga macem bersajak gitu di ceritanya yang kedua tentang Ayutthaya. Wanita memang luar biasa, yes? Hahaha. Jangan sedih, wanita luar biasa lainnya ya, tante Eka. Gue gak paham lagi itu sebenernya doi lagi cerita jalan-jalan atau lagi jadi model video clip 'Kemesraan Ini' bareng suaminya. Yang nyantel di otak gue cuma mereka lagi jawil-jawilan di pantai. Huft. *mode jomblo sirik*

Masih soal wanita luar biasa, kalau yang satu ini yang paling keren. Udah cantik, doyannya nyelem-nyelem laut, terus nyelem hatiku kapan ka? #eaaaa. Kak Marischka Prudence ini lah yang dari semua ceritanya di The DestinASEAN menceritakan tentang Indonesia. Morotai dan Jailolo. Mau tau dong keseruannya? Baca!

Kalau Mbok Venus ini orang yang paling ringan bercerita. Ceplas ceplos, itu kayaknya kata-kata yang paling pas buat ngegambarin tulisan Mbok Venus di The DestinASEAN ini. Doi cerita kayak lagi ngajak ngobrol. Kayak gue lagi adep-adepan sama doi dan cekikikan bareng. Asik banget!

Terakhir, adalah tulisan dari Oryza Irwanto. Komen dari gue, tulisan doi itu bisa dibilang yang paling bersifat guidance. Bawa tulisannya Oryza ke Brunei, dijamin gak bakal nyasar.

After all, buku The DestinASEAN pas banget buat dibaca di waktu senggang, di jalan, di waktu minum teh, atau di kala lagi ngebet-ngebetnya pengen keliling ASEAN. Sok-sokan kalau mau ngasih rating, buku The DestinASEAN ini gue kasih 4 bintang. 

Kok cuma empat? 

Karena 4 bintang artinya udah sangat bagus, meskipun tidak sempurna. Karena sempurna hanya milik Tuhan, dan kekurangan milik bunda Dorce. #lah

Okay. Segitu aja (sok-sokan) review buku dari Babang Acen. Sampai jumpa di review lainnya!

Salam muah-muah.


*Disclaimer:

Review buku ini murni review. Bukan jualan atau pesanan pihak mana pun. Kalau terkesan kayak jualan, karena emang gue suka banget sama bukunya. Bukankah sesuatu yang kita sukai akan kita bela habis-habisan? Kthxbye.



You Might Also Like

14 komentar

  1. Gw juga udah beli bukunya meskipun belum dibaca semua, tapi cerita yang bikin ngakak itu "Menemukan rumah di makati" by.Roy saputra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, sempaknya juara banget. Hahaha. Tapi Tulisan Adis, Ariev, Dendi, sama Mbok Venus juga bikin ngakak kok. Hahaha

      Delete
  2. udah tamat baca bukunya dari hari kapan kak. hehe. entah. kok aku ngerasa so so aja ya. kecuali yang cerita mbak eka aja yang bikin iri. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau y mbak eka aku malah kesel, soalnya mesra banget *jomblo akut*, sisanya keren sih mbak, Aku suka karena sering terkejut aja sama ceritanya, selan informatif banget ya. Hihii

      Delete
  3. kayaknya buku ini harus dibeli.
    cari waktu ke grahamedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren padahal ada kuis gratisnya di twitternya mas roy. hahahah. Tapi musti beli. di gramediaaaaaaaa.

      Delete
  4. Terus kapan Ancala dikirim ke gue muahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabal kak, buku promosi belum datang. Diriku juga lagi kena labil ekonomi. Jadi agak ribet. #kalem

      Delete
  5. wuuu...ini review bagus amat...mau dong kak nulis sama ente...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun dimampiri sama salah satu penulisnya! Ya ampun! Ya ampun! Ya ampun! *sungkem*

      Delete
  6. mending baca blognya mereka aja deh, hehe...
    besok ada rencana ke Togamas, mau coba nyari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya iyalah gue pembaca setia blog mereka kok hahha. tapi buku ini bagus bingit loh!

      Delete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.