Pertanyaan Paling Sering



Gue menyebut diri gue sendiri sebagai seorang pendaki saat ini. Mau pendaki gadungan kek, pendaki abal-abal kek. Yang penting, yang selama ini gue pahami, orang yang sering, pernah, doyan, gemar, bisa dibilang jadi profesi, dan melakukan kegiatan mendaki gunung = pendaki.

Sama kayak orang yang jualan, senang jualan, kerjaannya jualan = penjual. Gak jauh beda sama orang yang gemar menulis, sering menulis, punya karya tulisan dimana-mana, jadi profesi pula = penulis. Sama juga kayak penyanyi, penari, pedangdut, pelajar, pelakon, penjara, pendulum, dan pe pe lainnya. *ngawur*

Yaudahlah ya, peduli syaitonirojim.

Nah, sebelumnya tentu saja gue pernah menjadi orang awam atau orang yang sama sekali gak ngerti dunia pendakian. Sebenernya sampe sekarang gue gak ngerti-ngerti amat sih. Gemar aja. Tapi, sebagai orang awam yang penasaran sama dunia pendakian pasti pernah punya pertanyaan yang kira-kira sama kayak apa yang ada di dalam otak gue dulu. Apalagi buat yang pengen banget mendaki tapi masih belum kebayang harus gimana.

Apa aja sih?

Yuk kita simak obrolan antara gue (yang belum jadi pendaki) sama gue (yang sekarang bisa dibilang so called pendaki abal-abal)!

Kan di gunung nih, kalo kebelet boker, terus bokernya gimana?
Boker ya jongkok, masa berdiri.

Ngeselin lu! Maksudnya kalau mau boker gimana?
Oh gitu, ya boker boker aja. Cari tempat sepi, cari semak-semak, ngeduk tanah, ngeden, plung, kubur lagi deh.

Kayak kucing gitu?
Persis!

Terus ceboknya gimana?
Ya dilap. Masa pantat lo digesek-gesekin ke batang pohon.

Iyuuwh. Maksudnya, ngelap pake apa? Daon?
Hari gini ada tisu basah, keleuus. Lap pake tisu basah. Eh, tapi gue menemukan metode yang lebih kece lagi, lain kali kalo manjat gunung, coba siapin satu botol aqua yang udah dibolongin tutupnya, dedikasikan buat nyemprot pantat lo sebelum dilap. Dijamin, lo kayak lagi boker di hotel-hotel mewah!

Oiya, jangan sekali-kali lap pake daon. Gatel!

Berarti lo udah pernah cebok pake daon dong? Hehehe
Ssst! Belicik!

Kalau kencing gimana?
Gak ada pertanyaan lain selain seputar selangkangan?

Jawab aja elah!
Ya gitu, sama aja kayak boker. Cari semak-semak, buka celana, cuuuurrrr, lap pake tisu basah. Kelar.

Kenapa sih gak boker atau kencing di sumber air aja? Di gunung biasanya ada kan?
GAK BOLEH! Alasannya simpel, sumber air itu digunakan cuma buat air minum dan air masak, mau digebukin banyak orang kalo nekat boker di sana? Bahkan kalau mau sikat gigi dan nekat mandi juga gak boleh pake odol atau sabun yang berbahan kimia. Mencemari air yang murni.

Oh gitu, tapi kalau airnya diambil trus buat cebok/sikat gigi/mandi di lain lokasi boleh?
Asal bukan di sumber air dan berakibat mencemari sumber air, boleh.

Terus, kalau ntar kecapean gimana? Ada yang gendong gak? Aku lemah...
Mendingan gak usah manjat gunung deh, gebuk nih!

Becanda, sensi amat sih kayak cewe PMS. Terus terus kalau makan gimana? Jangan dijawab pake tangan ya. Tabok nih.
Pake ta... *mingkem*
Makan sih tergantung sama yang manjat. Biasanya sih ada logistik kelompok yang berisi jajanan macem coklat, makanan ringan isi angin doang, roti-rotian, air mineral jangan lupa. Kalau makan berat biasanya sih mie instan.

Buat yang gak males masak dan niat banget mau pesta di gunung ya bisa bawa spageti, bisa bawa sop-sopan, bisa bawa chicken nugget, spicy wing, ina itu, sesuai selera. Tapi ati-ati jangan bawa ikan asin di gunung tertentu. Menurut cerita temen gue, doi pernah didatengin macan gara-gara masak ikan asin!

HAH? MACAN?
Iya, namanya juga hutan, gunung, tempat yang belum terjamah. Wajar kali masih banyak binatang liar.

HIH! Berarti gak aman dong? Ular gimana ular? Aku takut banget sama ular... :(
Gue juga takut ular, hih geli! Tapi ya, sepengalaman gue manjat beberapa gunung sih, alhamdulillah belum pernah ketemu sama ular dan amit-amit jangan sampe ketemu! *ketok ketok meja kayu*

Yang bilang naik gunung aman itu siapa? Lagian, gak ada tempat yang benar-benar aman di dunia ini kok. Semuanya relatif dan berdasarkan atas pembawaan diri lo sendiri. Asal gak neko-neko, biasanya aman-aman aja.

Oiya, naik gunung tuh harus bawa apa aja? Rempong gak?
Pasti rempong. Liburan kemana pun juga rempong. Apalagi naik gunung yang nantinya bakalan stay di hutan. Bawaan pribadi ya biasanya meliputi jaket tebel, baju ganti, alat mandi, alat bersolek diri, sleeping bag, sendal/sepatu gunung, tas gunung, obat-obatan pribadi, tisu kering, tisu basah, matras, makanan pribadi, alat makan, air minum, hape, kamera, slayer, senter gunung, jas hujan, aksesoris pribadi.

Kalau barang bawaan kelompok biasanya ya tenda, alat masak, alat makan, obat-obatan kelompok, fly sheet, kompor, gas, trangia, dll dkk.

Jadi mendingan gue pake sepatu apa sendal gunung?
Hmm... tergantung orangnya lagi sih. Dan juga tergantung kondisi gunung. Ada temen gue yang manjat pake sendal jepit biasa aja. Ada bahkan yang nyeker, eh, kalau temen gue itu sih emang kuncen gunung keknya. Tapi sepatu atau sendal gunung, kalau dari segi safety ya sepatu gunung banget. Bahkan beberapa gunung ada yang peraturannya keras banget, bahwa lo HARUS pake sepatu.

Tapi buat gue, sepatu gunung biasanya gue pake pas ketemu medan pasir kayak Gunung Semeru, Gunung Rinjani. Kalau gunung yang sekiranya pake sendal gunung oke aja, ya gak masyalah. Seringnya gue pake sendal gunung soalnya sepatu gunung gue kebesaran dan berat bener. Ntar deh bakal pake sepatu gunung terus kalau dah beli sepatu baru. *alasan* *jangan ditiru*

Peralatan naik gunung itu mahal-mahal ya? Gue kudu beli semua? Aku miskin kak~~
Aku juga. :( #curcol

Peralatan manjat emang mahal-mahal, tapi gak semuanya musti dibeli. Bisa pinjem sama temen lo yang dermawan, atau juga bisa sewa. Banyak kok sekarang peralatan manjat yang disewakan kayak tenda, matras, sleeping bag, bahkan ada yang nyewain carrier atau ransel gunung segala.

Kalau yang cere-cere semacam jaket dan sebagainya, bisa lah beli sendiri. Modal dikit aja.

Oiya, di gunung itu serem gak? Suka ada hantunya gak?
Nah ini, yang kayak gini ini nih yang bahaya. Namanya gunung ya pasti serem dan banyak hantunya. Gunung kan istilahnya rumah mereka, kita istilahnya 'main' ke rumah mereka. Jadi, ada baiknya ya ditepis pemikiran yang jelek-jelek gitu. Jalan aja dulu, manjat dulu, positif aja. Biasanya yang ketemu sama hal-hal mistis gitu ya kalo lagi gak apes, ya biasanya emang mereka 'bisa' (ngeliat).

HIH Seerem! Yang ini aja deh, bisa cari jodoh gak?
YA LO PIKIR MENDAKI GUNUNG ITU BIRO JODOH, BRO???!!

Tapi bisa aja sih kalau niat. Dimana ada kemauan di sana ada jalan. Eaaaaa.

Heehehe, okay itu aja dulu. Thanks. Bhay!
Bhay!



Sekiranya itulah yang paling sering ditanyain ke para pendaki (khususnya ke gue) sebelum manjat yang pertama. Mungkin ada yang bisa nambahin. Atau kalau mau nanya apa, feel free to ask me. Kalau bisa jawab, ya gue jawab, kalau gak bisa jawab, ntar gue call a friend atau ask audience

Ciao!

Happy Mountaineering!

51 comments:

  1. Nanya donk... penting nih... itu foto pas lagi boker ya? Nggak nyempung keleuss kan? Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ala-ala boker gitu deh. Hahah. Gak nyemplung keleuuss kok. :p

      Delete
  2. Halo mas acen, saya kepengen banget mendaki ke rinjani..tapi sampe sekarang clueless bgt, karena salah satu persyaratannya ndak boleh asma. sementara saya ada asma..biarpun ndak akut...hahaha...punya info ndak buat paket mendaki ke sana? soalnya saya lihat paketnya pada lumayan muaaahaalll... sesekali mampir donk ke rumah saya http://www.cofeeanddream.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi nafa!
      Hmm.. kalau ada riwayat penyakit gitu emang agak berat. Mendingan kamu coba naik yg ringan dulu kayak papandayan. Atau gede. Jangan lupa bawa oxygen juga.

      Siap! Mampir rumahnya segera! :D

      Delete
  3. Tiap aku camping di mana gitu kalau boker ceboknya pake tisu basah. Kok sama sih kita Cen? *kirain kan Acen gak boker, makanannya diserap semua sama tubuh* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tuhan. Aku kan backpacker beser. Bahkan boker lebih dari sekali. Syedih~~~ hahahah

      Delete
  4. Btw, gue udah baca cerita lu dong Cen di buku Ancala. Keren \o/ plus serem... Hahaha. Banyak banget ya barang yang dibawa pas mendaki. Beh.. Tapi pas udah nyampe puncak, kayaknya serasa terbayar lunas ya hahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pin!!! Doain buku kedua gw kelar. Huhu. Gitu emang, rempong bener manjat gunung, pas nyampe puncak... kayak menang indonesian idol gue! XD

      Delete
  5. Nanya dong, di puncak ada yang jual bakso ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Special buat bolang yang cakep, kalo muncak sama gue, gue bakal jual bakso khusus buat loh! Seporsi isi 5 biji = 50rb rupiah. Gimana?? Minat??

      Delete
  6. rempong juga ya bawaanya cukup banyak, dikirain biasa aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik gunung kak naik gunung. Bukan kondangan kak. Naik gunung kak...

      Delete
    2. yaiya naik gunung ya masa ke kondangan (._.")

      Delete
  7. masih mending kak acens, kalo cewek ada tambahan pertanyaan, lah kalau pas mens piye? sek manjat ta? =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahahaa. Kalau ikut aku gak ikutan.

      *melipir perlahan*

      Delete
  8. diatas ada sepel ga ka? mau beli es warna-warninya... :D

    salam kenaaaallll acen...
    mampir blogwalking dimarih yeeeee.. http://ejiebelula.wordpress.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha. Biasanya ada yg khilaf sih jualan es di atas :p

      Delete
  9. paling galau kalo di gunung trus mau BAB, susah buat cebok nya dan ini bikin gw males ke gunung #Ngelessss

    ReplyDelete
  10. seruu yaa mendaki gunung itu
    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong seru banget!! Salam kenal!! Thanks udah main2 :D

      Delete
  11. Kak mau nanya dong kalau digunung nelpon 14045 dan 14022 dianterin gak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kamu yg jadi petugas anternya mungkin dianterin. Ngahahhaha

      Delete
  12. Kalo naik gunung kecapekan, ada yang gendong nggak? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti kamu kan yang gendong akooeehh?? :p

      Delete
  13. kalo di gunung tiba2 lupa ingatan piye?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nyanyi lumpuhkan lah ingatanku... Mungkin bakal ada yang nyaut... Mungkin

      Delete
  14. nganu, kak..
    kalo mendaki sendirian itu direkomendasikan ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sama sekali kak. Saya rekomen kakak nonton 127 hours. Kecuali kaka galau sekali dan mgkn emang gak suka bergaul sm manusia mgkn layak dicoba. Tapi gak garansi balik selamet ya kaaak :p

      Delete
    2. Tidak sama sekali kak. Saya rekomen kakak nonton 127 hours. Kecuali kaka galau sekali dan mgkn emang gak suka bergaul sm manusia mgkn layak dicoba. Tapi gak garansi balik selamet ya kaaak :p

      Delete
  15. Salam rimba lur,..
    pengen baca bukunya njenengan,..pripun caranya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam rimba!!!

      Boleh ke gramed terdekat kak cari Penunggu Puncak Ancala atau kirim email ke atrsusanto@gmail.com buat mesen langsung sm akuuh

      Delete
  16. kalo aku paling kesel dengan pertanyaan "jauh ga ? capek ga?"

    diluar jawab sambil senyum, "iya :)"
    tapi dlem ati "taik, goblok lu yee, yaiyalah jauh dan bikin capek keleus !"

    ahahahaha

    ReplyDelete
  17. Bang, kalo pas mendaki gak bisa mandi dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas mendakinya gak, tapi kalo nemu sumber air, boleh aja. Asal ndak pake sabun dan mandinya jauh-jauh ya hahha

      Delete
  18. kak, puncak masih jauh yaa? jngan kasih PHP yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kok, udah deket....

      ...5 jam kemudian.

      Delete
  19. Cerita kamu bikin saya senyum sendiri. Pertanyaan apa yah, !!!
    Cita-cita terbesar kamu, mendaki gunung apa?? *jangan bilang gunung kembar* serius nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, gunung himalaya sama gunung di canaria de tenerife, spain. Sama gunung kerinci mpe sekarang belum kesampaian :((

      Delete
  20. hahahh

    nice story brother

    :P tapi 1 hal yg paling lucu itu yaaa
    melihat poto kamu di akhir cerita
    hhhahaa
    bikin ngakakkkkk..kak..!

    thx
    salam traveler
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. The best yeh haahahahh
      Thanks udah mampir ka veraaa!

      Delete
  21. ya tuhan gak kuat cerita lo ngakak semua hahaha
    semua gw bisa kesampean ya jadi pendaki walopun belom pernah mendaki sama sekali akakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnnn.. ikutan open trip jalanpendaki aja bisa keleusss

      Delete
  22. kak,pendaki pasti boker ya?? gda yg ga??? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum? Kamu gak boker emangnya di kehidupan kamu?

      Delete
    2. walaikumsalam. cencii amat kak. mkst nya, ada ga tmn2 kak cen yg bisa nahan boker.kan cuma sehari 2 hari tuh. :D

      Delete

Komen dong encang, encing, nyak, babe, mas, mba, gan, bro, sist, pak, bu. Sekian dan terima saweran berupa alat mendaki gunung dibayar tunai. Sah? Sah....