7 Hal Baik Yang Bisa Dilakukan Di Gunung

Friday, March 07, 2014




Ada banyak hal baik yang bisa dilakukan di gunung selain punya otak mesum buat ngembatin bunga edelweiss, jadi alay yang nulis "was here, was here" atau nama geng pecinta alamnya di bebatuan maupun pepohonan. Ndak baik nak. Ndak bagus. Ntar dimarahi Tuhan. Halah.

1. Hunting Foto

Ini adalah salah satu hal baik dan boleh dibilang wajib dilakukan ketika mendaki gunung. Selain pemandangan gunung yang memang spektakuler, kamu jadi punya oleh-oleh buat dibawa pulang tanpa perlu metik-metik bunga edelweiss, coret-coret batu, ukir-ukir pohon, yang jelas-jelas dilarang. Juga, pasti bisa jadi bahan pamer buat temen-temen kan?

Eh itu gak baik ding.



2. Kayang di Surya Kencana (atau Alun-Alun gunung lainnya)

Hal baik yang kedua ini lumayan ekstrim dan memerlukan keahlian khusus. Tapi disebut hal baik karena dengan kegiatan ini, artinya kamu masih punya waktu buat berolahraga dan juga melenturkan lagi tubuh yang pegel-pegel.

Kalau gak bisa kayang, hal baik ini boleh diganti sama salto, tigersprong, loncat katak, cobra-yoga-position, maupun gelindingan.


Selamat mencoba!

3. Menyapa (tenda) Tetangga

Yang ketiga adalah hal paling baik, menyenangkan, dan menguntungkan loh. Baik karena kita kan sesama manusia harus saling silaturahmi. Menguntungkan karena, sambil nyapa, sekalian aja tebar pesona, buat yang jomblo, kali aja dapet jodoh. Buat yang udah berpasangan, kali aja jadi bisa mikir dua kali. Anu, maksudnya, bisa jadi saudara. Kita semua bersaudara kaaan~~~


Oiya, menguntungkan, karena, kali aja bisa dapet limpahan makanan. Biasanya sih gitu. 

Ngahahaha.

4. Mengumpulkan Sampah

Perbuatan baik ini sungguh sangat terpuji. Gak usah muluk-muluk ngambilin sampah orang, cukup mungutin sampah sendiri yang sekiranya terselip (atau sengaja diselipin) sendiri di celana, jaket, maupun tas. Kumpulin jadi satu di plastik sampah. Minta juga temen-temennya melakukan hal yang sama, kumpulin di plastik khusus sampah tadi. Jadi pas pulang nanti, bisa dibawa-bawa balik lebih gampang dan terkontrol.



5. Bikin Selokan

Duh, kira-kira 'selokan' itu bahasa baku gak yah? Tau selokan kan? Itu loh, got, atau aliran air. Buat kamu yang gak bisa diem, kamu bisa bikin selokan di sekitar tenda. Jadi ketika turun hujan, tenda gak akan ngambang karena banjir.

Tapi, jangan bikin selokan yang segede di Komplekmu keleus. 


6. Bikin jemuran

Satu dari sekian hal baik dan terpuji yang bisa kamu lakukan kala mendaki gunung adalah bikin jemuran. 

Jemuran yang simple aja keleus. Bisa pake tali rafia yang diiket-iket di pohon, bisa pake tali-talian yang ada sepaket sama tenda, bisa juga pake tali temali anak pramuka (kalo bawa).

Tapi ingat!

JANGAN COBA-COBA bikin jemuran pake tali beha temen, apalagi pake tali pocong perawan. JANGAN, plis.

7. Memberi Tangan

Maksudnya bukan tangan kamu dipotong-potong terus dikasih ke orang. Tapi, sejatinya adalah memberikan bantuan sama pendaki lain. Apapun yang bisa dibantu. Bisa jadi motovasi, dorongan moral, dorongan spiritual, maupun bener-bener didorong. Gue kasih sedikit story ya:

Ada seorang pendaki cewe yang mendaki bersama-sama grup pendaki pria. Si pendaki cewe ini resah gelisah basah karena para pendaki cowonya kece-kece. Harapannya sih, bisa lah dibawa pulang satu biji buat tentengan kondangan.

Alkisah, ntah si pendaki cewe ini beneran ngedrop atau emang cuma kecentilan dan pura-pura gak berdaya, akhirnya, doi bisa murung dan berjalan di belakang terus dan bermalas-malasan.

Sampai suatu waktu, satu dari pendaki pria yang kece itu tersadar dan perlahan memberikan tangannya untuk jadi sandaran si cewe. Dibantunya lah si pendaki cewe itu secara moril maupun spirituil. Ditarik pas gak sanggup manjat, dibikin ketawa pas mulai lelah, dibagi cokelat pas mulai lapar.
Sampai pada akhirnya si pendaki cewe ini berhasil sampai puncak dan ujung-ujungnya mereka berdua..... JADIAN!
So sweet sekaligus ngeselin banget ya cerita ini?! *jomblo sirik*
See, hal baik yang berujung pada kebaikan lainnya kan?

Moral of the story: Lumayan lah, si pendaki cewe gak kecentilan lagi karena dapetin si pendaki cowo kece. Sementara si pendaki cowo juga boleh dapet tentengan kondangan baru!

Nah, itu dia tadi 7 Hal Baik Yang Bisa Dilakukan di Gunung ala Jalan Pendaki!

Ngeselin? Gapapa, namanya juga usaha. Sekian dan terima tentengan kondangan.

Selamat mencoba!

Happy mountaineering!

Stay safe and happy! :D

You Might Also Like

25 komentar

  1. hunting foto itu pasti, gak boleh dilewatkan dong, sebelum bepergian pastikan batre kamera terisi penuh.. btw itu ceritanya ngena banget, jadi kesindir wkwkwk. salam kenal dan ijin follow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. uh muuph. Ngahahahhaaa. Salam kenal jugaaak! :3

      Delete
  2. memberi tangan.. tsahh banget itu.. :3

    ReplyDelete
  3. Hunting foto emang wajib banget malah emang prosedurnya harus gitu *ngomong apasih gue?:p* yap selain bisa membuat kenangan-kenangan kan nyalurin hobi juga, but makasih loh infonya haha

    ReplyDelete
  4. eh ada juga lho yg modus .. ceweknya pura2 sesek napas minta dikasih napas buatan... ga mempan pas turun pura keseleo dan ngesot pake bokong... eh gegara bokong akhirnya ada yg tergoda... dan jebakan batman berhasil...

    Peringatab buat cowok ganteng (kaya gue), hati2 cewek suka modus

    ReplyDelete
    Replies
    1. HZAHahaahahahahah sialan. Malah narsis di blog orang. :p

      Delete
  5. Replies
    1. BNgahahahahahha, makasih mas udah mampir! :D

      Delete
  6. Mas Acen .. Mas ... mas ... ( mencoba kecentilan tokoh cewek di blog ini ) hahahha

    ReplyDelete
  7. emmm paling cocok untuk poto2 dah,,, tp bahasa tulisannya keren agak2 rempong gimana hahaha #salut lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi yang bener itu keren apa rempong? :p

      Delete
  8. terakhirnya kouuucaaaakkk!!! apa-apaan tuh!! *ga boleh sirik yg jomblo*

    ReplyDelete
  9. Yang kayang itu bang acen greget banget,,,

    visit blog gue bang fauzyhusnimubarok.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. asyemm so sweet banget yg bikin cerita poin 7., "jones gigit keril nih"

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.