Gunung Guntur: Pendakian 2249 Mdpl

Friday, March 14, 2014



16 orang:

1 wanita korban LDR.

7 pria galau akan pujaan hati. 3 pria galau akan masa depan. 3 pria hore-hore. 1 pria bermuka seram berhati chikita meidy. 1 pria bersendal merah menyala menyebalkan dan minta digebuk.

Dengan komposisi yang sama sekali gak seimbang dan baru kenal tengah malam di terminal SPBU Tanjung, Garut. Kami bersatu padu untuk menjelajah alam Gunung Guntur yang berketinggian 2249 mdpl. Kalau cuma ngeliat dari angka mdpl-nya sih, pengen benget ngomong ini gunung cemeeeeeeeeeeennn!!! Pemula juga oke mah naik gunung beginian. Tingginya aja masih kalah sama Gunung Papandayan (2665 mdpl) yang paling sering dipanjat pendaki buat kemping doang.

Tapi ya Tuhan....

Pertama kali manjat aja, gue rasa-rasanya pengen langsung bikin tenda tengah jalan. Treknya itu dari awal sampai akhir mempunyai sudut kemiringan yang cuma bisa diselesaikan pake rumus segitiga sama kaki. Apa sama sisi ya? Ih serah deh, gue kalau pinter matematika udah jadi programmer keleus, bukan jadi blogger. 

Kayak yang gue bilang di atas, rombongan pendaki galau yang kebetulan gue ikutin itu terdiri dari satu pria bermuka seram, garang, dan roman-romannya bakal melesat cepat kayak rambo. Namanya Jojo. Pertama kali ketemu doi, gue sih gak mau deket-deket yah. Ngeri tiba-tiba disuruh lari terus ditombak pas lagi tidur. Nyatanya, malah Jojo yang pertama kalinya dari semua pria yang ada bilang:

"Aku mau dong tasku dibawain kayak dia!"

sambil nunjuk-nunjuk Arul. Satu-satunya cewe di rombongan resah itu yang kerjaannya cuma teriak bikin telinga pekak doang. Saat itu gue jadi ragu, apakah rombongan ini ada pria sejatinya?

Ya Tuhan, preman tanjung priuk aja begitu. Apalagi Ahong yang cuma butiran kecil jasjus menyegarkan? Apalagi gue yang cuma bisa ngandelin cinta dan kenangan masa lalu? #lah.

Pokoknya, nyeselnya ampun-ampunan nanjak gunung Guntur. Kalau pun disuruh manjat sono lagi dalam waktu dekat gue ogah. Treknya, gue gambarin aja ya biar bisa ngebayangin:

Pom Bensin Tanjung - Curug Cititit Citiis 1
Pom Bensin ini adalah titik pertama ngumpul. Sebagai rombongan Jakarta yang heboh, tentu aja begitu sampe di sini kami langsung dikerubungi abang-abang truk dan ditawari barang mereka. Duh, kok barang sih. Maksudnya mereka mau anter-anter gitu. Beruntung kami sampainya masih jam dua pagi dan udah janjian sama warga asli Garut, kami bisa terbebas dari kejaran, paksaan, dan siksaan abang-abang supir truk itu.

Paginya, kami langsung diajak ke gang sebelah pom bensin. Rupanya jalur gunungnya dari sono. Jalan kaki sedikit, langsung boleh dapet tebengan truk. Sebenernya nebeng truk itu pilihan hidup dan mati. Jalur yang kayaknya gak cocok buat truk, manjat-berkelok-kanan kiri jurang selain bikin mules, kalo lengah dikit bisa kelempar keluar dan wassalam. Tapi nebeng truk itu cepet sik.


masih ceria

Setelah itu, bahkan ada drama ngedorong-dorong truk yang stuck gak mau jalan kemana-mana, kayak status kejombloan gue... EH! gue gak ikut dorong sih, yang dorong abang-abang truk lainnya, gue sih foto-foto doang. *mengalihkan pembicaraan*

Dari point diturunin sama truk, kami menembus padang ilalang yang setinggi paha orang dewasa, bule tepatnya. Gak jauh dari sana, curug cititis 1 sudah dekat. Hampir sampai, tiba-tiba bang arul (sebutan kami untuk satu-satunya cewe di rombongan), mual-mual dan hampir muntah. Gak, dia gak sedang mengandung, korban LDR gitu. Dia cuma sedang kecapekan dan ini kali pertamanya naik gunung. Wajar kaget. Tapi yang lebih ngagetin lagi adalah, cewe asal Sukabumi itu gak doyan TOLAK ANGIN!!

Helllaaaww mbaa??? Agnes Monica bisa go internasyenel kan gegara nyemilin tolak angin, keleus!!

Saran: kalau kamu baru mulai mendaki gunung, olahraga dulu kayak di artikel ini, dan minum tolak angin. Ingat! Orang pintar minum tolak angin! Ingat! *ngarep di endorse tolak angin*


Curug Citiis 1 - Curug Citiis 3.
Curug Citiis ini ala-ala air terjun. Tapi cuma air terjun pendek aja gitu. Lumayan sih bisa menghilangkan dahaga baik di jiwa yang hampa maupun raga yang tersiksa. Perjalanan dari Curug Citiis 1 sampai Curug Cititis 3 itu gak menarik. Cuma dikit-dikit berhenti karena kecapekan dan medan yang terjal. Tapi pemandangannya?

Gue aja sampe selalu update path, twitter, dan instagram saking kecenya!
*oiya, masih ada sinyal bahkan sampe di puncak satu!*





Curug Cititis 3 - Curug Citiis Puncak 1

Persiapkan dirimu buat pendakian paling kayak tai, paling bikin bokong seksi, paling bikin paha ngembang, betis gede, dan napas senen-kemis. Oiya, bahkan bikin preman tanjung priuk jadi anggota manis manja grup. Curug Citiis 3 adalah sumber air terakhir, yang berarti hidup semakin berat karena musti ngambil air sebanyak-banyaknya biar tetap bertahan hidup selama di puncak.

Diawali dengan padang ilalang yang mengingatkan kita akan video klip yang isinya cewe-cewe lagi belai-belai ilalang sambil larian-larian sok unyu, dan kemudian dikejar cowonya lalu diangkat dan mereka cekikikan bahagia seakan dunia milik berdua. IH KOK NGESELIN SIH!!! #lah

Dari padang ilalang, kita mulai dihadapkan dengan tanjakan istimewa yang gak akan berakhir sampai di Puncak 1. Tanjakan ini bukan sekedar tanjakan. Tanjakan ini dipenuhi dengan kerikil-kerikil unyu yang pastinya ditujukan biar kita makin susah manjat. Gue yakin banget ada konspirasi zionis dibalik ini semua untuk mencoreng citra para pendaki. Halah.

Well, liat aja sendiri deh ya kayak mana TKPnya..


sudah lelah bang?

narsis di atas batu, sis

wajah-wajah mesum

preman tanjung priuk mulai gila

kakigram

Puncak 1 - Puncak 3
Kalau naik gunung, gak afdhol rasanya kalau gak sampai puncak.*
Jadi, biarpun Gunung Guntur akhirnya gue akuin medannya itu lebih nggilani daripada gunung Cikuray yang juga udah bikin ngos-ngosan kayak di cerita Ngos-ngosan Berjamaah Edisi Cikuray, tapi tetep, gue, i mean kami, musti mencapai puncak mengingat kondisi masih lumayan prima, medan juga gak memungkinkan bangun tenda di tengah jalan, dan roman-romannya bakalan turun ujan gede.

Pas sampai Puncak Satu, rasanya legaaaaaa banget. Eh, begitu turun dikit buat nyari tempat ngecamp, malahan liat semacam ada puncak lainnya. Jadi itu tempat camp ala-ala lembah diantara Puncak 1 dan Puncak 2. Kampret. Malah katanya puncaknya bahkan sampe 4. Dobel Kampret. Betis gue udah gede nyet!

Beruntung, sakit hati gue segera terobati mengingat sunset yang keliatan dari puncak 1. Selamat ngiler!





Malam harinya di camp, kami mengalami malam yang penuh drama gak bisa-boker-karena-lapak-penuh-tai orang-dimana-mana dan menyebabkan perang kentut serta mau keluar aja males karena serem. Iya, serem. Gak usah dibahas. Jadilah kami tidur aja dan berharap ketemu sunrise yang emejingnya ngalah-ngalahin sunset. Kenyataannya.... kabut dimana-mana. HUFT. Tapi tetep nembus aja sik sampe puncak 3. Ngahahaha.

Ps: Gak wajib loh ya sampai puncak 3, kebanyakan orang manjat mentok di sampai puncak 2, yang ada prasasti GPSnya.




Turun Gunung!
Tanpa ragu-ragu, gunung Guntur gue nobatkan sekarang sebagai gunung yang lebih susah dari Cikuray padahal lebih pendek mdplnya. Gue gak ngerti lagi yah sama Garut, gunung paling dingin yang gue rasain ya di Garut [Papandayan], gunung yang medannya, menurut gue, paling extrim padahal cuma 2249 mdpl ya di Garut.

Gue bilang Guntur lebih susah dari Cikuray itu karena kalau Cikuray, manjat mungkin gak jauh beda, tapi turunnya itu. Di Cikuray manjat 8 jam, turun bisa cuma 2 jam. Bisa lari, bisa gelindingan. Di Guntur? Jangankan lari, gelesoran ngikutin kerikil aja masih nyiksa minta ampun. Di Semeru masih bisa lari-lari sambil godain cewe lewat. Di Guntur, mau lari-larian pas turun ya antara kepala berdarah atau tangan terbelah. Minimal split lah. Gue yang gelesoran pake pantat aja celana robek.

Saran: kalau bisa bawa sarung tangan yang agak tebel biar tangan gak luka-luka. Dan pake sepatu. Pake sendal nyiksa, nyet! *pengalaman*






Whatever, susahnya manjat Gunung Guntur itu bikin gumoh, tapi suatu saat gue pasti akan melalukannya lagi. Suatu saat loh ya, sekarang mah masih kapok!!

Thanks for reading, guys!

Inget:
Take nothing but pictures, 
leave nothing but footprints, 
kill nothing but time.


Happy mountaineering!

You Might Also Like

100 komentar

  1. guntur tuh greget, kalo ga guling2 berarti sakti >.<

    ReplyDelete
  2. "IH KOK NGESELIN???!!!" emaaanggg.. ish! racunnya berhasil kakak, berhasil bikin ngiler..... *elap ilernya* kapan kesana lagi??? ayoklaahh jadi ranger dadakan, bantulah kami yg fakir pengalaman di guntur :'(

    eh tapik, seriusan ada 4 puncak dan harus dilewati smuanya biar bisa turun pulang??? Ohemjiiiiiiiiiihhhh... elus-elus lutut!!! -________-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sih, bisa cuma puncak satu lalu balik lagi. hahaha sifatnya gak wajib kok. Muehehee

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. itu gunung php banget bang.. dari bawah keliatan deket..pas dijalanin ga sampe sampe hahaha kaya nyari calon pendamping hidup yang keliatan deket, tapi belom jodoh juga *lah ketularan bang acen :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingiiitt eamng ngeselin itu php hahahahaa

      Delete
  5. Hahaha..kocak banget penulisannyaa..jangan galau2 donk...=))


    www.littlenomadid.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Keren bang.... tetep Happy mountaineering ya

    ReplyDelete
  7. Kocak banget Bang. haha...
    Kalo boleh saran, ada bbrp kata yg mesti di sensor kek nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak enak ah pake sensor sensor, udah macem film bokep aja dipakein sensor :p

      Delete
  8. Ciee yang naek gunung lagi nih yee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak gunung balik gunung namanya de. haha

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Citiis masbro. Btw, masih ada puncak 4 atau dikenal puncak masigit. Yuk khatamin.

    *nangis belum buat catpernya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hih, kemarenan keknya udah mentok deh ben~ oiya, abisan ingetnya titit melulu :(

      Delete
  11. ane juga pernah denger tentang gunung ini, waktu turun dari gunung gede. ngederin aja dah ciut, tapi pengen. pengen ngerasakan sensasinya,.. hehehhee

    salam dari ujung timur bagian selatan,.. salam lestari

    ReplyDelete
  12. keren dong kaka ceritanya :D sumpah ngakak aku bacanya hahaha aku akhir april kesana, minta tips dan pesan pesan nya dong :D aku masih pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manteb ceritanyeh , ada nyess nyess nye ahahha

      Appril akhir sama kesana nih , boleh donk minta cp supir yang hebat itu ,,*maksudnya truknya yang hebad xixixi

      2349A4D4 thanks

      Delete
    2. Buat mba Nia Agustina: pesan-pesannya, jangan menyerah~ jangan menyerah~ *kemudian nyanyi

      buat mas dengans: anu, si truk ini cuma nemu aja gitu di jalan. numpang gitu sih, istilah kerennya. ;p

      Delete
  13. Haha.. ini gue namain jalur PHP gan. daki terus, pas liat ada pohon gue kira ada dataran rendah eh gak taunya masih daki lagi asem dah :D cuma sayang waktu jantung gue gak kuat, malah udah mau pingsan badan kedinginan, bawaan mau tidur. Gue mikir ada yang nunggu dirumah, udah janji pulang dengan selamat. akhirnya gue selamat temen gue repot2 bolak balik keatas kebawah untuk bawaain tas gue, ngecamp deh di batu gede 12 jam jalan terus karena nyasar. perjuangan banget dengan sahabat gue (waktu itu daki cuma berdua). Gak nyesel dan gak kapok, yang di inget terus sahabat yg terus semangatin dengan setianya doi temenin gue.

    ReplyDelete
  14. setfer rutfur bitfir ngitfir tes ses ses ses ses ses ses !!!!!

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Makasih yah udah ngakak baca jalanpendaki :')

      Delete
  16. Wahh..ga nyangka..bener nih kata si abang satu ini, dari ketinggian sih kedengeran cemen ya..lha pas denger trackingny butuh perjuangan ekstra..

    tetep semangat #JanganJadiPendakiGalauTerus
    hehehe

    ReplyDelete
  17. ini...target yang pengen di jelajahi. karena biar apdol main ke gunung di daerah garut. *eh buset, emang gunung tempat mainan* :-D Papandayan dan Cikuray kan sudah. jadi pengen aja gitu.:-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari naek bareng
      #nyari tmn ke guntur

      Delete
    2. Yuk yuk! Tapi palingan taun depan hahaha

      Delete
  18. Wah, ternyata GUntur susah ya. Kirain cemen :O

    ReplyDelete
  19. Sukaaaa tulisannya....dan jadi bikin penasaran nyobain tarck guntur....thx ya info kondisinya dicerita ini..tulisannya seru banget :))

    ReplyDelete
  20. ahahahaha..... seru-seru...
    bikin kangen guntur....
    salam kenal
    ayo gan naek lg, kemarau sudah datang,
    ilalang di guntur sudah bewarna ungu....

    ReplyDelete
  21. keren dah tulisannya bikin ngakak, ahahhaa
    jd pngen ke guntur biarpun keliatannya capek banget, hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bareng nyo,,, kebetulan ane org garut :P

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. wadoohhhhh....
      ayo dah ane traktir makan,,, kebetulan di deket SPBU tanjung ada toko besi terkenal.... dijamin kenyang dah....
      ayo klo ke garut ane jamu semampu ane hihi
      klo manjat gunung laen ajak-ajak ye
      please penuhi dahaga petualanganku hahahaha

      Delete
  22. Aku nubie, bulan depan mo kesana... doakan aku yah (-.-)/IworryI
    Baca tulisan babang Acen seru....salam kenal! :D

    ReplyDelete
  23. Ne gunung kecil galak banggget yak...jd pengen...

    ReplyDelete
  24. Minggu depan/Akhir Mei gw bela belain cuti......tiba2 kangen gn Guntur pdhal lom pernah deket (lihat dr jauh ajhaa hahaha)

    ReplyDelete
  25. Postingannya berhasil bikin gigi gw kering....
    Salam kenal bang acen 😄
    Saya dkk ada rencana naek" ke puncak guntur di tgl 6-8 juni nanti... doakan kami berhasil ampe puncak 4... yoshhhh.... semangkaaa.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Semoga sampai puncak!! Butuh kaos seragam gak? Ada banyak kaos kece dari #JalanPendaki loh :p

      Delete
  26. Mantap Bang Tulisannya, bisa ada gambaran bet kesana, rencananya ane ama temen2 penikmat alam mau kesana 7-8 juni ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Semoga sampai puncak!! Butuh kaos seragam gak? Ada banyak kaos kece dari #JalanPendaki loh :p

      Delete
  27. yoloh aceeeen!!! ini gunung treknya antara masuk rumah sakit atau kuburan. apalagi gw lewatnya sisi kiri, bukan sisi kanan dekat sumber air. full pasir and kerikil tgl 6-7 june kemaren gw kesana sama temen. ini gunung banyak uniknya, untuk pertama kalinya gw tidur di tenda ga pake SB, secara panas banget dalem tenda. gw ngecamp di puncak 1, itu tanahnya berasep makanya bikin hawa dalem tenda panas. eh turunnya serodotaaannnnnn full ampe sumber aer. mana gersang gilaaakkk!!! hadeuuh. gw juga ga mau lagi dah naek guntur. cukup sekali aja, tapi gw ga nyesel koq. ga bakal gw lupain pengalaman naek gunung unik ini. diatas kebayar banget viewnya, apalagi ilalang ungu itu, unyu2 bingits. cerah pula ga berkabut. ga kalah indah sama oro oro ombo di semeru.heheh. ayo yang lain kudu coba. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget banget banget!!! Tapi dah pengen nanjak lagi sik hahhaha

      Delete
  28. abang lewat tempat pertambangan pasir dulu ga bang? kalo lewat, musti daftar dulu di basecampnya ga bang? mohon info, rencana mau naik pas libur sekolah. kemaren baru survei aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayaknya lewat. Tapi keknya gak daftar2. Apa krna gue pake tour yaah

      Delete
  29. Ada rencana mau naek niih tanggal 21 besok...ada cp basecampnya ndaak..?
    😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau deh kalo cp basecampnyaaa :(

      Delete
  30. Ku kira diriku saja yang merasakan pahitnya pendakian MT.Guntur ternyata banyak orang yang merasakan hal yang sama denganku. hahahahaaaa *tos dulu ah* Tjakeppppppp (y)

    ReplyDelete
  31. abis baca ini blog malah jd sakit perut gue haha bahasanya gahol sangat, tp thanks bang bro udah share pengalamannya :D semoga gue bs muncak di gunung guntur, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap! Thank you! Senang bisa menghibur! Hahahhaa

      Delete
  32. 16 Dan 17 pengibaran bendera merah putih di puncak gunung guntur ada yg minat bareng2 aja

    ReplyDelete
  33. Klou ada ni pin saya 7D38E5CA
    Di tunggu

    ReplyDelete
  34. Klou ada ni pin saya 7D38E5CA
    Di tunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you tawarannya Ganjar, mungkin ada yang mau?

      Delete
  35. thanks for your experience.... it's awsome,,,

    ReplyDelete
  36. Kebetulan 2 minggu lg mw kesana nih..
    Bacanya jd ngeri" sedap heheh
    Btw,lbh gila guntur atw bukit pnyesalan rinjani yah?

    ReplyDelete
  37. ngakak liat tulisan ente.. hahaha sama gan... gw juga seluncur di guntur... itu trek emang gilaxxxx... hahaha...

    ReplyDelete
  38. Ane minggu dpn ni 25 oktber mw ksno,ad yg bsa dajk breng (gbung) gk?ksi sran donk bwt pmula heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.. pasti gue udah telat banget balesnya

      Delete
  39. emang gunung guntur unik abis...nge camp di puncak 3 rame nggak bang...kmren aq sih di puncak puncak 2 rame ..tapi uniknya gunung nya anget & ada sinyal lg & track nya nganggenin salam kenal

    ReplyDelete
  40. maaf mau tanya kalo ke guntur dari bandung naik mobil apa aja ya? thx

    ReplyDelete
  41. Hhahaha bener, gw udah ngrasain ke guntur bukan main treknya. Udah ga ke itung brapa kali gw kejengkang, ngglundung, ngesot daaan 9 jam pendakian (karena banyak bawa cewek yg pertama naek gunung dan sejak itu beberapa dari mereka kapok buat naek gunung lagi ) :D

    ReplyDelete
  42. wohh kayanya jalurnya seru.. jadi pengen nyicip :o

    ReplyDelete
  43. ngakak banget bacanya. tapi seru. jadi pengen ke sana. masih nubie. baru nyicipin papandayan aja. thx artikelnya. bagus baget.

    ReplyDelete
  44. yaiyalah tangan sama kaki baret. orang lu cuman pake sandal bukan sepatu gunung yang seharusnya. persiapan lu kurang sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan dah ditulis pake saran, gimana sih ente baca gak

      Delete
  45. wuiiihhh,,,, keren banget . bisa di jadiin referensi buat gua..

    ReplyDelete
  46. ijin mampir sambil ngakak mas :D

    ReplyDelete
  47. ayo naik lagi gan...
    tanggal 2&3 april 2016

    ReplyDelete
  48. mei jhe gan naik nya. yuukkkk..
    # salam lestari salam gunung guntur

    ReplyDelete
  49. mei jhe gan naik nya. yuukkkk..
    # salam lestari salam gunung guntur

    ReplyDelete
  50. budget dari jakarta ke guntur kira2 berapa om?

    ReplyDelete
  51. Bang Arul senyumnya manis ya

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.