17 Tipe Pendaki Yang Perlu Kamu Tahu

Wednesday, April 02, 2014



Di dunia pendakian ini ada banyak orang dengan beragam sifatnya yang bisa diklasifikasikan menjadi jenis-jenis pendaki tertentu. Mau tau apa aja? Cuss, simak langsung tipe-tipe pendaki yang didapat dari survey ACen Nielsen yang terpercaya dan berkelas internasional:

1. Pendaki Nubie 
Pendaki yang satu ini bisa dibilang orang yang belum pernah mendaki tapi niat-banget-pengen-mendaki dan terjun bebas di dunia pendakian. Doi bakalan kerja keras googling sana sini, tanya kanan kiri, demi mendapatkan informasi seputar dunia pendakian dan gunung mana yang akan dia daki pertama kali sesuai dengan kemampuannya. Pendaki nubie bakalan olahraga secara teratur untuk menghadapi pendakian pertamanya. Layak ditiru, pantas dicontoh, dan oke untuk dijadikan panutan.

2. Pendaki Senior
Namanya juga senior, pendaki jenis ini tentunya udah malang melintang di dunia pendakian, selain karena pengalamannya, tentu aja karena umurnya yang biasanya udah sepuh. Maksudnya tuaan dikit. Sebut aja gunung mana di Indonesia yang belum dia jamah, bahkan mungkin gunung di luar Indonesia pernah dia jajaki.

3. Pendaki Sejati
Pendaki jenis ini adalah pendaki yang sifatnya down to earth banget. Dia diem-diem aja anaknya, tapi... pengalamannya di dunia pendakian gak usah ditanya. Prinsip-prinsip pendakian juga dia pegang teguh. Survival skill-nya boleh diadu. Kematangan pikirannya boleh dijelajahi. Event-event pendakian macam 7summit, 20 hari 20 gunung, bersih gunung, elap gunung, marathon di gunung, mungkin pernah dia lakukan. Kontribusinya buat alam jangan ditanya. Jenis pendaki ini adalah pendaki yang top markotop dan selalu menerapkan 7 Hal Baik Yang Bisa Dilakukan di Gunung.

4. Pendaki 5cm
Tipe pendaki ini ditemukan baru-baru aja setelah booming-nya film 5cm. Baru-baru ini makin banyak orang-orang yang maunya dipanggil juple ketimbang nama aslinya, karena merasa sifatnya mirip si Juple. Ada juga yang pengennya dipanggil ian mungkin karena berat badannya sama. Atau Genta? Atau Riani? Atau ah... aku lelah. 

Kebanyakan dari para pendaki 5cm ini, menurut yang gue baca, adalah pendaki yang tiba-tiba muncul di event dengan jumlah pesertanya bisa ratusan bahkan ribuan. Sampe sekarang kadang gue masih gak habis pikir, itu mendaki gunung apa umroh sih. Oiya, tentu aja gunung yang incarannya adalah gunung Semeru. Dan serasa di film, kadang pendaki ini asal mendaki aja tanpa persiapan lengkap, kan di film semuanya serba enteng dan happy ending, cyin. But remember, reality bites. *OHOK*

5. Pendaki Rempong
Pendaki jenis ini punya contoh yang paling dekat, yaitu gue. Tanya sama temen-temen yang udah pernah mendaki bareng gue. Gimana bawelnya gue nanya logistik, ini itu sampai detail. Gimana gue yang mau manjat sehari semalem aja bawaannya kayak mau pindahan rumah. Gimana bawa baju, udah ada serep, masih ada serep lainnya. Gimana.. ah rempong pokoknya!

6. Pendaki Borjuis
Udah jelas dari jenisnya, pendaki ini adalah kalangan orang-orang berduit. Bisa dilihat dari segala-galanya yang bermerk. Sempak versace, tas gunung gucci, sepatu gunung louboutin, jas hujan indomaret, apapun yang jelas bermerk dan mahal. Dengan uangnya, dia bahkan bisa bayar porter buat gendong dia dari bawah sampe puncak sampe balik lagi. Masalahnya, ada gitu porter yang mau?

eh, ini mah bule

7. Pendaki Galau
Ah udah lah ya, gue males jelasin pendaki model begini. Bawaanya mellow melulu pas manjat gunung. Muka sendu, jalan gontai, dikit-dikit curhat, ah ya gitu deh. Pasti kamu pernah ketemu kok pendaki model begini.

8. Pendaki American-Next-Stop-Model-Wannabe
Tipe pendaki kayak begini bisa diliat dari kelakuannya yang begitu ketemu pohon bagusan dikit langsung berpose, ketemu batu dikit langsung gaya, bahkan pas lagi boker kalau perlu juga difoto. Pendaki kaya gini kalau pulang dari manjat biasanya ada lebih dari 1000 foto dirinya sendiri baik di kameranya, maupun di kamera temen-temennya.



9. Pendaki Fotografer
Kalau yang ini kebalikannya dari sebelumnya, kalau dikit-dikit sebelumnya berpose, yang ini dikit-dikit berhenti tiap ada objek bagus yang bisa difoto. Pendaki jenis ini sering tiba-tiba hilang dan tiba-tiba muncul, tapi mudah dikenali karena kamera yang (selalu) menggantung di dadanya. 



10. Pendaki Vandal-Alay
Jujur, agak pedih nulisnya, tapi pendaki jenis ini kayaknya musti diberantas, dan dikasi hukuman sosial kalau kita ketemu. Kenapa? Karena pendaki jenis ini adalah pendaki yang demenannya nyoret-nyoret batu, public space, ngukir pohon, dengan kata-kata "was here was here" atau nama-nama geng (ngaku) pecinta alamnya, atau misalnya "gepeng love markonah" dan semacamnya. Selain ngeselin karena dia punya pacar, lebih ngeselin lagi kenapa musti dipamer-pamerin sik. Betek kan?

Oiya, pendaki kayak gini juga nyabut-nyabutin edelweis dan memanennya seolah doi yang udah nanem. Anyway, biasanya sih yang macem begini gak diakuin sebagai pendaki.

11. Pendaki Religius
Udah jelas dong, kalau pendaki jenis ini bawaannya solat melulu. Ngaji sekalian malah kalau bisa. Tapi pendaki kayak gini yang bikin gue terhenyak dan tersadar, how come dalam kondisi hujan badai pun mereka masih berusaha buat solat, sementara gue udah kekepan di sleeping bag. Aku tertampar sekaligus terharu. Maafkan kemalasan aku, Tuhan~~

12. Pendaki Pria-Punya-Selera
Jenis ini adalah jenis pendaki yang ngerokoknya kuat banget. Udah bukan rahasia lagi kalau mendaki gunung berhubungan dengan pernapasan yang lancar. Harusnya, perokok sih agak berat buat manjat gunung, tapi buat jenis pendaki ini, rokok justru napas tambahannya!

Anyway, hati-hati ya bro, kesehatanmu kuwi lho...

13. Pendaki Porter
Pendaki jenis ini punya kemampuan memanggul barang yang luar biasa. Mungkin pada saat Dr. Burton kesiram cairan yang bikin dia jadi hulk, si pendaki jenis ini kecipratan sedikit. Kemampuan orang ini emejing banget, selain bisa bawa keril segede kulkas, doi juga geraknya cepet bingit meskipun medan lagi nanjak-nanjaknya. Gue pernah ketemu orang kayak gini. Pernah.



14. Pendaki Doraemon
Jenis pendaki yang ini adalah jenis paling unik, langka, dan juga layak untuk dipepet terus. Tau doraemon kan? Yap, hampir semua hal yang (kemungkinan) kamu butuhin ada di jenis pendaki ini. Misalnya, kaki lecet-lecet butuh hansplast--dia punya, butuh gunting kuku--dia bawa, butuh sarung tangan lebih--dia siapin, butuh kehangatan--dia sediain, butuh bahu buat sandaran--dia lakuin, butuh tentengan kondangan--dia mau diajak, butuh tumpuan masa depan--diaa.. tanya sendiri aja deh ya sama orangnya.

15. Pendaki Egois
Pendaki kayak gini termasuk tipe pendaki paling ngeselin dan paling dimusuhin sejagad. Bagaimana tidak, kelakukannya yang mau enaknya doang, gak pernah bantuin rombongannya, tau-tau udah ilang entah dimana, dan apapun harus semaunya dia kalau gak dia bakal ngambek, kan minta digebukin banget. Eh, ada gak sih pendaki nyusahin kayak gini? :p

16. Pendaki Kere
Jelas ini kebalikannya dari pendaki borjuis. Biasanya sih, jenis ini muncul karena doi masih sekolah, kuliah, atau emang bener-bener kere. Gak usah diliat dari barang-barangnya yang kebanyakan minjem, tapi liat dari sesedih apa mukanya pas kehabisan duit buat pulang. Tapi, seiring berjalannya waktu, pendaki model begini akan punya uang. Percayalah. Percayalah. *pengalaman pribadi*

17. Pendaki Multitalenta
Pendaki tipe ini punya talenta yang luar biasa. Dia bisa masak dan sering jadi chef andelan rombongannya, bisa bangun tenda, bisa p3k, bisa nyetrika, bisa juga disuruh bersih-bersih, ini sebenernya pendaki apa pembantu sih?

Dia juga bisa nyanyi, bisa main musik, bisa nulis, bisa ngelawak, ganteng, punya bahu buat disenderin. Duh, ini pendaki apa suami idaman sih?

Pokoknya pendaki jenis ini sih gue banget lah! *digebukin*



----

So, termasuk jenis pendaki yang manakah kamu? :p

Ps: boleh milih lebih dari satu. Boleh di mix and match juga sesuai selera.


Disclaimer:
Tulisan ini dibuat se-SUBJEKTIF mungkin berdasarkan pengamatan yang gue lakukan akhir-akhir ini dan juga tambahan dari baca artikel sana-sini, ditambah kata-katanya orang lain, dan juga kelakuan para pendaki yang notabene kebanyakan temen-temen gue (dan gue sendiri), sumber yang gak terpercaya, serta bumbu-bumbu drama yang gak masuk akal lainnya. Jangan sampai salah langkah ya. Apasik.

Thanks for reading, guys!

Inget:
Take nothing but pictures, 
leave nothing but footprints, 
kill nothing but time.



Happy mountaineering!

You Might Also Like

91 komentar

  1. Replies
    1. hidup subjektif :D
      saiya juga pernah nulis jenis pendaki, kopas dr temen ding

      Delete
  2. Gue masuk pendaki mana ya cen?
    nubie? tapi gue malas gugling dan malas olah raga hahahah...
    model? hehehe rehat bentar poto rehat bentar poto kagak nyampek2 haha...

    Ah gue masih dua gunung doang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh milih lebih dari satu kok. Hahaha

      Delete
  3. Hmmmm.. Akik jenis pendaki apa ya? Angot-angotan kali yess.. Klo lg di gunung suka sebel sndiri liat treknya. Tp klo udh di rumah, kangen! Isshh.. Labil!! -__-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah itu mah semuanya kayak gitu keleuuusss...

      Delete
  4. Pendaki Pria-Punya-Selera cocok tuh kayaknya sama ane :D
    jalannya dikit ngerokoknya banyak

    http://bheqcotadventure.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaaa, hati-hati bro, kesehatanmu itu lho

      Delete
  5. lah, katanya di judul 17 tipe pendaki, kok cuma 15?
    2 lagi tipe yang gak bisa di jelasin dengan kata-kata ya bro?
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketinggalan bro, baca lagi gih. hahahhha

      Delete
  6. aku tipe yang mana ya kak?? paling ngeselin itu ketemu pendaki newbie yang bener-bener newbie, udah gitu sekelompok teamnya pada newbie semua. sb ga bawa, tenda ga bawa, logistik mepet dan yang dikejar cuman marathon muncak. dan ngeselin lagi udah ngerti drop masih aja keras kepala mentang-mentang udah muncak... hahaha... *numpang curcol ya kak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaaaaa semalem curcolnya kurang yeh? :p

      Delete
  7. Hahahaha..gaya tulisannya top markotop
    Makin bervariasi dan beragam ya jenis2 pendaki sekarang ini

    ReplyDelete
  8. Gue kayaknya bukan pendaki deh :'(.
    Peluk aku om peluk aku.

    ReplyDelete
  9. Klw q yang no 16 mas, n tp lebih ke no 17!

    ReplyDelete
  10. Klw q yang no 16 mas, n tp lebih ke no 17!

    ReplyDelete
  11. Yang paling terakhir kayanya ga ada deh cen... itu mah elunya aja yang narsis & emang kaya ijah... wkkwwkwkwkkw.. btw, nice post bro..

    Terimakasih,

    Best Regards,
    Broklyn Gagah ( <-- lah ini kaya signature nya email yah.. wkekekekek :P )

    ReplyDelete
  12. duh, udah jarang ndaki nih :( jadi lupa semua :(

    ReplyDelete
  13. Engngngngnggak mau ngaku2 deh, ntar salah. Nanjak bareng aja yuks, ntar saling nilai deh kita. Haasseeekkk.. *modus lama gak nanjak XD

    ReplyDelete
  14. pendaki ganteng kok gak dimasukin? IH.. ngeselin deh gak ada pendaki kriteria kayak gw di sini :)

    ReplyDelete
  15. wahh aku malah baru tahu ternyata pendaki gunung juga ada tipe2 nya B)

    ReplyDelete
  16. Haha keren bingit. Kecuali item 10, setiap baca per kategori selalu bayangin, eh kayaknya si itu deh orangnya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti bang iman udah sering manjat nih~~ :O

      Delete
  17. Gw yg mna ya...bingung nih mkir sehrian gk nemu2 yg cocok. Kunjugi jga y coretan gw
    http://pendaki-petualangan.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. jhahhhh..... kayanya saya masuk yg rempong sama doraemon deh mas wkwkwkwk

    ReplyDelete
  19. aku..aku...
    ah.. mix n match cucok bow..
    eh lagian.. emg aku pendaki..?? mendaki hatinya aja deh..
    *ini.apa*
    piss sep :p

    ReplyDelete
  20. pendaki galau :d, ada tuh... ditinggal semalem di luar tenda langsung duduk terdiam eh ternyata lagi nulis puisi... terus curhat... nangis... eh minta dipeluk #MODUS

    ReplyDelete
  21. Banyak juga ternyata yah.
    Setelah mikir-mikir saya termasuk di
    Pendaki nubie dan pendaki penikmat foto landscape (gak berani bilang pendaki photographer)

    Saya nambahin yah,
    #pendaki metroseksual
    #pendaki cuek abis

    Salam lestari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih banyak bingiiitt tapi mager nulisnya hahahaaa

      Delete
  22. pendaki kelas menengah kok gak ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya sih masih ada banyak, tapi kebanyakan kok ya males nulisnya hahahahaha

      Delete
  23. wakakaaka keren jyga tulisannya,,
    kayanya gw yang nomer 17 deh hahaha #dilempartreekpoll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, situ mau coba nyaingin saya? #eaaaaa

      Delete
  24. Sepertinya aku pendaki rempong.. hahaha

    ReplyDelete
  25. nice share...penting buat para pendaki pemula.

    ReplyDelete
  26. satu lagi:
    Pendaki Serbu: pendaki gunung jenis ini mendaki seperti menyerbu markas lawan, Cepat, cekatan, tepat sasaran, tidak pernah meleset. mendaki gunung udah kayak perang, lengkap dengan rencana jalur mana yg akan diserang, tahu kondisi medan dan posisi musuh, persedian logistik dan amunisi,
    Biasanya pendaki jenis ini dapat menaklukan 2-3 gunung atau lebih, dalam waktu yg singkat, biasanya pendaki jenis ini adalah tentara, polisi, Tim SAR, atau atlet

    ReplyDelete
  27. satu lagi:
    Pendaki Rastavara, pendaki jenis ini biasanya berambut gimbal, gondrong atau punk, kalau mendaki gk turun2, bisa sampai berminggu-minggu di gunung, kayak gk punya rumah, hidupnya loncat dari gunung k gunung, entah pendaki ini makan apa, biasanyaa pendaki ini minta makanan k rumah-rumah yg ada d kaki gunung, atau ngambil sayuran penduduk setempat, atau blagak mampir k rumah penduduk setempat sambil membaur

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. wait. pendaki doraemon? tentengan kondangan? AAAAHAHAHAHAHAK. gila lu cen. ngakak asli.

    ReplyDelete
  30. bro acen kalo gue naik gunung selalu-hampir-pasti-barengan-sama COWOK, ini masuknya pendaki apa ya?

    ReplyDelete
  31. kocak bgd hahaha...
    kalo aku masih nubie... =]

    ReplyDelete
  32. bang acen tulisan lo selalu bikin gw ngakak #aseli deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orangnya kagak nih? Tulisannya doang nih? Gitu nih?

      *ngambek*

      Delete
  33. tolng tambahin, Pendaki Gadget ( tas'ny isinya hampir smua gadget )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya! Ada tuh temen gue yang begitu hahahhaa

      Delete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. hahaha jadi inget temen... mungkin dia termasuk Pendaki American-Next-Stop-Model-Wannabe.. ketemu tanjakan dikit minta poto ( biar keliataaan keren ).. setiap pos minta di poto di plang nya.. hahaa :D

    ReplyDelete
  36. pendaki penipu = pendaki yg setiap ditanya temennya "tinggal berapa belokan lagi?" (tanya serius+capek seriburius), dijawab "dua belokan lagi", dan yang nanya dengan bego'nya percaya. setelah dihitung dengan serius udah 2 belokan lebih " og blm sampe? katanya dua belokan?!!!", kan belokannya kanan sama kiri.... *pengalaman pribadi diboongin saat naik gunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keknya sih hampir semuanya begitu hahahhahha

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Gue masih nubi, Cen

    *lap ingus*
    *ingus gajah*

    ReplyDelete
  39. haha! seru banget tulisannya. gue ampe ngakak ngakak bacanya.

    gue pernah nemu gay di gunung haha badan sih laki abis tapi ngondek bingit.

    pokoknya tipikal yang anti kotor. semua harus hygine. even sepatunya gak boleh kotor haha ada lagi, makannya juga dijaga. cuma sayur sayuran dan buah buahan. makannya gitu aja atau di rebus. (biar sehat dan jaga berat badan katanya).

    terus akrab banget sama cewe (gue), pipis dan poop juga bareng sama gue haha!

    ada lagi, gue nemu pendaki arogan. temennya gemuk bingit sampe ga kuat nanjak krn kakinya juga sakit eh malah dipaksa paksa. diomel omelin. galak banget lagi. dia keluarin statement : "lo mau jalan, atau gue tinggal disini"

    anyway! nice article!

    Desy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cem ketemu sahabat yes? Hahahhaha

      Makasihh udah baca! :D

      Delete
  40. kereeen...jadi sering baca tulisan acen ni...gara2 koment di grup yg muat tulisan acen tampa izin, kereeen bingit, ringan, lucu tapi berisi.....jadi pengen nanjak bareng suatu saat. ni jadwal abang, 9 november k semeru, awal desember k gn gede, september oktober rinjani...nah ini yg asik april 2015 rinjani-tambora
    green c-earth

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ebuset.... dirimu rentjana nanjak banyak juga yah.. SIRIK!

      Delete
  41. Kalau yg vandal itu amat menyebalkan sik, apalagi tragedi pencoretan kemarin di gunung Fuji

    Sungguh memilukan !!

    ReplyDelete
  42. Nggak pernah ketemu yang aneh sih bang.
    Tapi di kereta malam menuju Malang, bangku gue sebelahan sama populasi cowok putih mulus yang hobi dandan. Untungnya mereka ke Bromo bukan ke Semeru (ya nggak mungkin juga sih). Dan gitu deh, cobaan menuju Semeru berawal disana. Berbelas jam men :)

    ReplyDelete
  43. walah banyak banget yak tipe-nya..
    sampe bingung milihnya.. bikin sendiri ajalah klw diizinin..
    pendaki keder, suka bingung mw kemana, banyak rencana, ujung-ujungnya gajadi jalan. :)

    ReplyDelete
  44. Satu lg nii, tipe pendaki yg mungkin jam terbang'y udh gokil abis . .
    Soal'y ane temuin barang bukti'y hampir d semua gunung yg prnh ane daki . .
    Mungkin dy tipe playboy yg habis manis sampah d buang (cokli2 sm kulit permen)
    Atau mungkin doi peternak lebah (ngumpanin lebah pake madu sachet)
    Bisa jg ada vacum d perut'y yg kudu minum penangkal angin tanpa hiraukan bungkus'y . .
    Entah makhluk macam apa ini . .
    Klo d sebut Pendaki jorok cocok gak yaa ??

    ReplyDelete
  45. Hahaha, lagi nyari info pendakian malah nyasar kesini. Tapi oke juga :D. Perkenalkan, saya persilangan antara pendaki rempong dan pendaki kere. Berat kan :') udh kere rempong lagi... Mending susah dluan dari pda susah belakangan. Biar happy ending.

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.