Gunung Pangrango: Pantang Menyerah Mencapai 3019 Mdpl

Tuesday, May 27, 2014




DEG.

DEG DEG.

"Mampus! Mam...PUS!! MAMPUS!!! Beneran ada om poci lagi nungguin di depan, kan!", batin gue.

5 orang temen gue agak jauh di depan gue, akan segera melewati om poci-hantu khas Indonesia-yang dibalut kain putih bak lemper-tapi paling menyeramkan, terutama buat gue. 2 orang lainnya ada di belakang gak terlalu jauh dari gue, tapi tetep aja, gue di tengah-tengah mereka. Sendirian. SENDIRIAN.

Kalau om poci tiba-tiba melakukan lompatan galaxi dan tau-tau ada di depan muka gue.....

***

Misi gue tahun 2014 ini adalah mendaki gunung yang belum pernah gue daki di tahun-tahun sebelumnya, makanya, meskipun berkesan "ngoyo" banget, abis pendakian Merapi kemaren, temen gue ada yang ngajakin mendaki Gunung Pangrango, karena belum pernah dan super penasaran, gue langsung embat tawaran itu tanpa mikir dua kali.

Rombongan yang ditawarkan sama temen gue adalah orang-orang yang belum pernah sekali pun manjat gunung, tapi, hampir semuanya atletis, i mean, katanya mereka hobby olahraga. Adalah Satrio, Mike, Lewis, Lamhot, Frizky, Nanggala, dan Rifdal. Hampir semuanya, calon dokter yang bentar lagi praktek. Kecuali gue, dokter cinta. Eaaa. 

Cewe-cewe, ada yang mau gebet?



***

"Rencana berubah ya, guys. Jadi target kita adalah Pos Kandang Batu dalam waktu 5 jam, kita bikin tenda di sana, istirahat, paginya kita lanjut lagi sampai Mandalawangi. Ini cuma target, lebih atau kurangnya, kita sesuaiin aja sama kecepatan jalan ya."

Gue. Merasa. Keren. Banget. 

Kayak yang di film-film. Padahal aslinya mah deg-degan parah. Cuma gegara gue yang agak lebih tua dikit aja, jadi mau gak mau musti bertanggungjawab. Dikit lho ya. EHEM. DIKIT.

Sekitar jam 10 malam, setelah hujan berhenti, berdoa semoga gak hujan lagi, rombongan kecil kami mulai bergerak dari pos Cibodas menuju pos Kandang Batu. Rasanya awesome banget bisa manjat malam hari lagi di Cibodas. Kayaknya udah lama banget gitu gue gak menginjakkan kaki ke gunung seribu umat di Taman Nasional Gede-Pangrango.

Gue excited banget mendaki Gunung Pangrango dengan berbagai alasan:
1. Belum pernah. Secara gue udah belasan kali manjat Gunung Gede, tapi belum sekali pun manjat Pangrango.
2. Penasaran. Siapa sih yang gak tau kalau Mandalawangi itu tempat favoritnya Soe Hok Gie? Gue, jadi pengen liat Mandalawangi dan merasakan apa yang pernah dirasakan Soe Hok Gie.
3. Kerjaan lagi banyak. Jadi gue harus segera kabur ke gunung. Eaaa.

***

Harapan, cita-cita, dan impian untuk segera menggapai Kandang Batu dan bobo dengan elegan segera saja sirna malam sudah semakin larut. Gue, yang kemampuan 'merasakan' dimensi lainnya kadang nimbul kadang ilang ini, tiba-tiba ngerasa bakal 'diliatin' sesuatu.

Bener aja, pas pandangan gue lagi agak meleng ke arah sebuah pohon di deket jalanan terjal, gue ngeliat sesosok... Pocong. Lagi senderan di pohon sambil ngeliatin kami.

DEG.

DEG DEG.

DEG DEG DEG DEG.

"Mampus! Mam...PUS!! MAMPUS!!! Beneran ada om poci lagi nungguin di depan, kan!", batin gue.

5 orang temen gue agak jauh di depan gue, akan segera melewati om poci-hantu khas Indonesia-yang dibalut kain putih bak lemper-tapi paling menyeramkan, terutama buat gue. 2 orang lainnya ada di belakang gak terlalu jauh dari gue, tapi tetep aja, gue di tengah-tengah mereka. Sendirian. SENDIRIAN.

Kalau om poci tiba-tiba melakukan lompatan galaxi dan tau-tau ada di depan muka gue..... Pasti gue teriak kenceng! Gimana wibawa gue di depan anak-anak ini??? AAAAAAAAA. *masih mikirin gengsi*

Gak mau kecolongan, dan, gak mau sendirian, gue langsung bergerak secepet-cepetnya nyamperin temen-temen gue yang udah pada di depan sambil minggir-minggir dan nunduk. Sambil melintasi jalur dan melewatinya, gue pura-pura gak ngeliat si om poci, kalau sampe doi tau gue bisa ngeliat doi... ah udahlah, gak usah dibahas. Mendingan bobo aja yuk.



"MIKE!"

"Kenapa, Cen?"

"Ke sini! Udah sini! Jalan bareng-bareng aja. Gak usah ke sana-sana!"

"Ngapa sih?" jawab Mike sambil lalu dan terus jalan.

"Gak usah banyak tanya! Ke sini cepetan!"

Semenjak gue papasan sama om poci yang tiba-tiba muncul dari balik pohon macem aktor di film India, mata gue jadi lebih awas untuk mempersiapkan jantung gue biar gak deg-degan lagi kalau-kalau temen-temennya doi bermunculan satu per satu. 

Dan bener aja, mendekati Pos Air Panas, ada tanah lapang luas yang seharusnya bisa buat bikin 3 tenda, tapi, gak ada yang bikin tenda di sana. Tempat itu udah terkenal angker dari dulu. Waktu gue menyadari kalau akan sampai ke tempat itu, gue jalan perlahan, memastikan ada apa gak temennya om poci. Begitu gue liat ada cewe lagi berdiri di tengah jalan, gue mundur pelan-pelan. Dan teriak-teriak ke Mike yang malah maju jalan sendirian.

"Udah deket air panas, mulai sekarang kita musti jalan bebarengan, jangan kepisah, jangan jauh-jauh, dan harus tungguin temennya satu per satu. Jagain, bantuin, nyebrang air panas itu susah dan licin. Inget, bebarengan!"

***



"Cen, masih jauh gak sih? anjir gue dah gak kuat banget. Harusnya tadi kita makan siang dulu ya..."

Masa-masa om poci, mba k, dan teman-temannya yang kemarin malam mengguncang gue (dan rombongan) udah jadi angin lalu. Musuh sebenarnya siang ini adalah JALUR PENDAKIAN KE MANDALAWANGI. Iya, gue capslock, karena.... jalurnya innalillahi banget. Boro-boro inget sama om poci, masih bisa napas aja alhamdulillah.

Kamu. Bakal. Amazed. Sama. Jalurnya.

Hutan asli. Banyak pohon tumbang. Track vertikal. Dan kami semua bawa keril minimal 60L.

Tapi, semua kebayar pas udah ngeliat ini:















Jadi, nikmat Tuhan yang mana lagi yang kau dustakan?

Eaaa..



Take nothing but pictures.
Leave nothing but footprints.
Kill nothing but time.

Happy mountaineering!

You Might Also Like

47 komentar

  1. love the story. keep writing Mas Acen! :)) *jadi inget tahun lalu gak jadi ke Pangrango gegara musim ujan, gegara batal gue musti bayar setengah dari kontribusinya (ga mau rugi)* tapi bener angker, ya diceritain temen aku, ada cewek di dalam rombongan yang sikap berubah aneh. minta kopi. tapi minta kopi segelas lagi buat "sesosok" yang gak nyata, tapi katanya buat temannya. hiiiii... tapi penasaran ahk, someday ke Pangrango :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Maya for always supporting me! :')

      Delete
    2. you're welcome Mas Acen :') Someday I want to hiking with you, can I?

      Delete
    3. Can lah. Join aja grup jalan pendaki di facebook. Bakalan ada ajak2 jalan2 bareggg

      Delete
  2. Bang.. juni entar kan gw mau ke pangrango bang beduaan doang.. lo maahhh bikin gw mikir ribuan kali ketemu om poc sama mba key -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, kalo gak sensitip mah gak akan ketemu kok. Santaiiii

      Delete
  3. Wuiiihhh..om Poci taman bermainnya di Pangrango jg ya? Jd jiper Juni mau kesana. Oiya reaksi om poci pas ktmu abang mukanya iteman apa bersemu merah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dikata saling jatuh cinta apa bersemu merah.. -____-"

      Delete
  4. sambil dengerin dan nyanyiin puisinya gie ndak?? aku irih aku irih!!!

    ReplyDelete
  5. Ini lewat jalur mana sih? Kok ada pos-posnya segala? Perasaan dulu waktu naik Pangrango via Geger Bentang, gak ada nemu pos, malah nemu bayi nangis :|

    ReplyDelete
  6. Jadi, nikmat Tuhan yang mana lagi yang kau dustakan?

    Ciyeeee.. yang hafal surah Ar-Rahman :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye... yang agak lebih tua dikit. Dikit lho ya. EHEM. DIKIT.
      Hahaha :D
      Tulang emang gak bisa bohong kali, Oom :D

      Delete
  7. Ngomong2, soe hok gie siapa ya? :/

    ReplyDelete
  8. emang paling bisa lo bang bikin gw envy.. !! >,< *bukan envy ketemu sama om poci dkk nya loh*

    ReplyDelete
  9. Lahh ini salah timing banget baca postingan ala meme malem-malem begini... jadi kebayang om poci ini mirip siapa... mirip olgi atau mirip dorci? >.<

    ReplyDelete
  10. Woghhh om Poci ewwww hahaha. Alhamdulillah selama mendaki gak pernah ketemu yang aneh2, kalaupun kata temen yang barengan banyak liat sesuatu, untuk gak dikasih liat ke mata gue. Jangan sampe deh :))

    ReplyDelete
  11. Itulah yang membuat saya benci sama hantu, bisanya nakutin orang saja.
    Itulah curangnya mereka, mentang2 bisa ngilang jadi seenak udelnya ngagetin orang.
    Kalau mereka memang jantan.. sebelum datang tuh sms dulu kek, kirim surat tantangan dulu kek, jadi kita tidak kaget! Dasar hantu licik! Woy hantu, kalo lo emang kesatria dan kalau berani jangan ngagetin, janjian dulu!
    (thanks post nya bro, akhirnya gw bisa ngeluarin kebencian gw ama hantu.hahaha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ye keleus... hahahahaha. Thanks bro udah mampir! :3

      Delete
  12. Replies
    1. Matik, ada jenis makhluk halus lainnya nyambangin blog!

      Delete
  13. wih keren bang acen tulisan - tulisannya gokil gokil juga -B)

    ReplyDelete
  14. Emang beda ya kalo yang naik gunung itu rombongan dokter-dokter. Elo jadi kecipratan kerennya dikit, Cen. Dikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helaw,

      Gue juga dokter keleus.

      ...dokter kecil.

      Delete
  15. Udah bejuta kali baca postingan yg inii..
    Babang acen! Cerita buatanmu.. numero uno~
    Kaya kopi.. make me happy.. #eaaakk =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahahha ngapa musti yang ini? Yang lain kan ada :(((

      Delete
  16. Ini cerita horor atau cerita jorok sih?

    ReplyDelete
  17. Haha keren bang ceritanya untung allhamdulillah waktu kemaren gue lewat kandang batu gak ada apa2 bang.. tapi gue jadi parno karna besok gue mao ksana lagi.. haha pokoknya gue ngefans banget deh sama bang acen :D sukses trus bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya udah ngefans sm aku yang hina ini :')

      Delete
  18. entah kenapa kalo baca ini pas bagian om poci nya langsung di skip .. menghindari sugesti aneh aneh nanti mau naik pangrango december .. hahaha..

    ReplyDelete
  19. Ajak akoh kesini bang, ajak akoh kesiniii

    ReplyDelete
  20. bang acen ane pernah ke gunung gede pangrango tapi bukan buat mendaki cuman taunya pengen ke curug doang . Apa Sama trek untuk mendaki Sama ke curug . Seinget Saya Foto Foto pohon tumbang ITU pernah ane lewatin om . Tapi belom pernah liat bunga endelwis . Trek untuk mendaki ke puncak pangrango Sama ke curug beda gak om

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. bang acen kau dikasi makan apa sih bang sma emakmu? kenapeu lah kau pandai nian mendongeng... bawa adek ke negeri dongeng itu bang, bawaa... EAAAAA :D

    ReplyDelete
  23. Eeeaakk, fotonya cakep yaq, bikin lupa ama om poci & mba K, untungnya mereka g ganas, kalau ganas, entahlah ya, apa yg akan terjadi.

    ReplyDelete
  24. Hihi seremm bgt padahal w mau belajar bobo di hutan
    Kalo om mau naik lagi ikut dong

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.