#JalanPendaki #CeritaKita: Ayu Story

Friday, June 13, 2014

Malam gaes! 

Seperti yang udah gue janjikan, setiap Jumat jam 19.00 bakalan ada satu cerita yang muncul dari kamu-kamu semua, 3 orang pemenang #JalanPendaki #CeritaKita! Kisah mereka daku edit seperlunya, tapi tidak mengurangi atau menambah esensi cerita.

Langsung aja, ini dia, cerita dari AYU DIYAH!

***


Antara Gede dengan kita

26 April 2014 malam, kita berlima berangkat dari Pondok Cabe. Jam 23.00 sih enaknya buat pelukan sama guling, sekarang malah berubah buat bersahabat sama jalanan. Brrr.... nusuk men dinginnya, nusuknya berasa kayak patah hati dulu. 

Kok bisa ? Iya, kita nembus angin malem nya pakek kuda besi.

|>> Pulang kampus, pegang gadget klik multi pesan chat. Dua hari sebelum jalan.

“Bang ayok jalan” send ke bang Anton, Desmon, dan Uki. 
“Kita mao hiking ke cibereum, yuk ikutan..jangan lupa ajak si bolang." kata Bang Uki. 
“Kapan ? sekalian ajah ke puncak Gede...heheh”  samber Ayu 
“Bisa diliat nanti,weekend ini kita berangkat, nanti ayu abang yang jemput” jawab Bang Desmon
"Siiiiippp... Ayu bilang ka Bolang dulu."
Sebelom belok ke arah Cibodas, dari arah Jakarta ada alfa terakhir sebelah kiri, gak tau kenapa setiap ke TNGP kita selalu melipir buat minum teh panas di minimarket yang unyu itu. 

Sampe di warung suatu akang, jam 02.00 pagi. Kami ngelurusin kaki, badan, lalu melancarkan serangan sama yang punya warung buat ngisi perut.

"Teh mau ini, teh mau itu..." *sambil nunjuk barengan ke layar kaca*

"Udah gih pada makan , istirahat sebentar, yang mau tidur ayam tidur deh, Jam 03.00 kita start“ kata bang Anton.


***
Sepanjang jalan kearah pos, kami iseng liatin pendaki lain yang masih pada tidur. Ada yang tumpuk-tumpukan, ada yang sambil duduk di topang keril tapi ngorok nya kenceng banget, ada juga yang bobok di bahu pacar nya. Ikhh... sotoy, siapa tau cuma supirnya! Jangan ngiri. *hibur diri

Sampe di pos hal pertama yang pengen dilakuin pasti lapor.

Bang Anton keluar tanpa hasil karena penjanganya bilang jam 06.00 tiket Cibereum baru dibuka.

Baru ada sepuluh menit kita nunggu, ada rombongan pendaki yang lewat pos, 

“punten a....punten teh....” Laaaaahh mereka langsung naek kaga pake lapor! 

Lima menit kemudian ada lagi rombongan yang ketemu kita pas di alfa tadi pagi. 

“eh si teteh, duluan teh....duluan a.....” kita makin melongo.

Tiba-tiba si aa masuk ke dalem pos kita tungguin ampe keluar lagi.

"A punten, ituh tadi udah ada 2 rombongan yang naik, kok bisa? kita mao beli tiket Cibereum tapi masih tutup."

“Cibereum jam segini ? bilang ajah pengen tektok, iya kan?”

Senyum-senyum manis dan muka manja penuh arti merekah di muka kita.

“Yaudah, kalo mao jalan sekarang sok jalan ajah, nanti pas sampe bawah lagi jangan lupa beli tiketnya”

Tanpa pikir panjang, kami langsung melesat.


***
Jalan ga berasa tiba-tiba sampe ajah di jembatan rawa, sambil ngobrol terus bilang,
“kalo kayak gini caranya ga berasa men, ga kayak waktu kita ke Guntur kemaren”

“Kak ga boleh sombong,jangan takabur”

“Ehhh...kan udah sampe sini ajah, cepet ya? Dulu waktu pertama kesini lama....” lagi-lagi mereka gumam.

Singkat cerita, Ayu mulai kewalahan sama jalan nya, terus teriak manggil yang depan. 

“Ka Bolang bang Uki jelly siapa yang bawa? Ayu lemes inih tadi makan di warung gak banyak”. 
“Sama yu, gue juga." Sambut bang Anton

Persediaan Jelly yang cuma satu bungkus abis di lahap berlima yang mulai kelaparan dan butuh tenaga.
Langkah kaki bang Desmon mulai terseok-seok, ketinggalan terus di belakang. Kita berempat mulai curiga.

“lu ngapah mon?” sentak bang Uki
“Ngantuk nya gua gak ketahanan dari kemaren belom tidur...” 
"sama.."
"sama.."
"sama.." para lelaki seraya berkata.

“Gimana? Mao di terusin apa nggak misi nya? Kita ga ada logistik, tadi kan lupa beli nasi, kalian juga pada ngantuk."

“Kita istirahat dulu buat tidur sebentar, lagian masih pagi, kita rombongan pertama yang sampe disini," semua setuju sama bang Anton.


***
Perjalanan mulai di terusin, tapi kendala sama demo cacing-cacing di perut. Tujuan sekarang udah beda dikit, mao bawa kaki ke atas pake misi silahturahmi sama si akang yang jual nasi kuning.

“Ayo semangat nasi kuning udah nungguin kita diatas !” seru ka Bolang.

Dia yang gak pernah keliatan muka capek, dia yang selalu menghibur sepanjang perjalanan pake tingkah lakunya yang bener-bener gilak. Dia yang selalu sulut semangat kita disaat mulai putus asa gegara lapar sama ngantuk.

Setiba nya kita di kandang batu. Tengok kiri – kanan ga ada yang jualan. Maklum yang dicari pertama pasti tukang nasi.

Sambil nerusin jalan ka Bolang mulai buat ulah: 
“uhuk...lapar..makan emih...enak bangett...apalagi,,kalo dibagi..uhuk,, lapar..." Nada dan dakwah keluar dari mulutnya. Harapan si biar yang denger di sekitar mao berbagi,tapi apah daya, seiring kita berlalu pendaki laen yang ngecamp di kandang batu gak ada yang peka... hahha

“Ayok..nasi kuning nunggu di kandang badak”. 

Ka Bolang teriak lagi nyemangatin kita. Biar perut lapar tapi tetep cengar-cengir ceria dihibur manusia unik macem dia. Untuk kesekian kalinya kita istirahat. 

Tetiba ka Bolang bilang, “Alhamdullillah rejeki anak sholeh”

Bang Anton mungutin buah jambu yang jatoh dari pohonnya, pas banget ada 5 buah buat kita ber lima. Mulut komat-kamit gak berenti bersyukur.

“Ini itu hadiah Allah buat kita tadi kan kita udah bersihin sampah yang disana."

“Ka Bolang itu kan buah yang bisa dimakan, coba ajah dulu di lidah” tunjuk ayu ke buah yang warnanya kuning-kuning menggoda tapi gak ngambang.

Iya....ayu lebih nyambung sama ka Bolang tentang beginian. Waktu sekolah smk dulu ayu ama ka Bolang satu organisasi pramuka. Ga berasa kita udah 5 tahun temenan dan berpetualang bareng.......tsahhh.

“Wahh iya nihh”... ka Bolang nyodorin buah nya. “ini cobain ngilangin lapar ama ngantuk."

Buah yang nggak tau apalah namanya bener-bener ngebantu kita semangat. Taste nya lebih dari nano-nano yang ramai rasanya. Sepanjang jalan buah nya melimpah. Petik, makan, jalan......petik, makan, jalan....


***
Kali ini ayu yang mimpin perjalanan.
“Pot, sekarang jam 11.00 kalo jam 02.00 kaga sampe diatas juga, kita puter balik”

Panggil bang Anton pada Ayu. (Ipot = panggilan ayu dari smk kebawa ampe sekarang)

“Iya bang, Insaallah djuhur lewat dikit kita sampe." Oiyaa...semua pasti setuju, kalo di gunung pendaki itu tukang PHP. 

“Semangat a 20 menit lagi, semangat teh puncak udah keliatan.” Manis banget ya rasanya, tapi pait kalo di telen.

Tepi puncak udah keliatan, setelah tertatih, terjatuh, dan tak bisa bangkit lagi *nyanyi

Bener-bener seakan penuh magnet, kaki langsung melipir ke tukang jual disitu.

“Asiikkk.. ketemu nasi juga”. Gak peduli deh sama berapa harganya. 

Waktu buka bungkusan semangat luar biasa. Pas dipegang nasi nya udah kering,kaku-kaku bin ampar amparan. Susah pulak di telen nya. Mao gak mao kudu abis demi cacing-cacing yang murka, juga  demi tenaga yang masih ke sisa. Efek cuaca pasti tuh, si nasi masuk angin.



***
Rasa lelah, hari makin gelap, belom lagi muter otak kalo ditanya di pos laporan nya gimana.
Di tambah sama dengkul bang Desmon yang katanya berasa kopong, nyeri kalo di buat jalan.
Semua itu buat langkah kita makin pelan, Anehnya gak sampe-sampe.

“ ujungnya kemanah ?” “ ini kemana ujung nya ?” “kenapa gak sampe ujungnya ?”  berkali-kali bang Anton ngeluh.

Setiap liat kelap kelip di depan pasti duga kalo itu pos awal pendakian. Tapi lagi-lagi headlamp para pendaki yang lagi istirahat.

Sekian lama ngerasain panjangnya perjalanan, keliatan juga pos dan orang-orang sekitar.

Yeeaaaahhh... go home !


***
Pesen yang mao disampein :
1. Jangan pernah sekali-kali naik ataupun hiking tanpa logistik apapun alasan nya.
Contohnya lupa beli nasi di warung.
2. Isi perut yang banyak, Jaga stamina dan kondisi tubuh, udah tau mao naek, jangan pake acara gak tidur sebelumnya. Nahan ngantuk itu nyiksa, apalagi nahan cinta ke kamu. *lahh ?
3. Jangan remehin apapun sekecil apapun. Yang tadinya di anggap cepet, tapi pulang nya malah berasa gak sampe-sampe. Percaya itu !
4. Nggak usah gengsi ! kalo lapar ya bilang lapar. Minta makanan terang-terangan. Hari gini masih ajah pake kode.  Ayu udah nyoba tapi 3 kali yang di pinta jawabnya seragam. Logistik gak di tas mereka. Kalo yang begini sih belom rejeki. Yahhaaa
5. Jangan nyoba buat naik gak resmi. Buang jauh-jauh pikiran kayak gitu. Kalo kita nya kenapa-kenapa siapa yang mau ngurusin ? terima resiko sendiri ! . jangan ikutin jejak kita yah, kita gak keren.
6. Alam bisa menjadi kawan, alam pun berpotensi menjadi lawan

****

Semoga terhibur!

Take nothing but pictures.
Leave nothing but footprints.
Kill nothing but time.

Happy mountaineering!







You Might Also Like

11 komentar

  1. oke deh ayuuuuu.....
    untuk pesen poin ke 2 : jangan di tahan, lepaskan saja padakuhhhhhhhh hoho

    ReplyDelete
  2. seru ka ayu ceritanya.. canggih niat cibereum malah lanjut muncak :))

    ReplyDelete
  3. Sadis nih Timnya.. hahaha..
    Satu lagi mbak Ayu, jangan lupa ijin orang tua yaa..
    Jangan lupa bagi teh hangatnya.. hihihi..

    ReplyDelete
  4. foto ke-4 ekspresinya...cetar bingits dah :D

    ReplyDelete
  5. Ini sih nekat namanya, tapi karena udah latihan naik gunung guntur yg menyiksa, jadinya gampang aja ya tektok puncak gede. Next trip tektok puncak jaya wijaya ya

    ReplyDelete
  6. Aduh daku baru buka beginian.. Buat kalian semua yang komen .. Aku lope lope .. Eh iya, yg nyuruh tektok jayawijaya boleh, tapi bayarin ampe pulang lagi

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. keren mbak
    kuat tektok ke puncak
    cobain ah

    ReplyDelete
  9. take nothing but picture...
    leave nothing but footprint..
    kill nothing but time
    kayak kata-kata di stiker cemoro sewu-lawu..
    kocak, bacaan yang asik,... yahh, kalo bisa sih di buku_kan aja.. biar bisa dibaca oleh khalayak ramai..

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.