Gunung Munara: One Day Hiking



Pernah denger yang namanya Gunung Munara?

Daku belum pernah.

....4 minggu lalu.

Kesibukan yang mendera akibat pekerjaan yang tiada henti, pesenan kaos #JalanPendaki yang meskipun masih pre-launching juga alhamdulillah mengalir terus membuat gue gak punya waktu cukup banyak buat ikutan trip ke Gunung. 

Gue harus dadah-dadah sama temen yang ngajakin ke Sindoro. Musti ngelap air mata pas di ajakin ke Garut. Dan hampir minta dikucilin di pulau terpencil aja pas di ajak ke Lawu.

TUHAN, cobaan ini pedih banget. SAKID, TUHAN! Sakid!

Tapi kemudian gue teringat sama suatu gunung yang bisa dijangkau dari Depok dengan cepat, bisa buat light hiking cuma setengah hari, tapi tetep menantang dan membuat senang.

Setelah berhasil merayu-rayu sambil mengancam akan membuka aib Mas Harry yang muncul di cerita Merapi, akhirnya daku, beserta Nurul, Ayu, Sandy, Aprie dan Mas harry, tancap gas ke Gunung Munara. Bisa dibilang ini ngetrip bareng sebagian geng Jalan Pendaki, pertama kalinya.

***


Gunung Munara atau lebih tepatnya gue bilang sebagai kebon-yang-bertambah-tinggi ini berlokasi di daerah Kampung Sawah, Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Gosipnya, ini gunung punya ketinggian sekitar 800-an mdpl. Tapi di pengukur ketinggian jam tangan Mas Harry, yang dia bilang mahal itu, ketinggian Gunung Munara cuma 300-an mdpl.

Berhubung kami memanfaatkan Mas Harry karena doi ada kendaraan pribadi, bisa nyetir pula, maka kami cuma cekikikan dan tau-tau sampai ke lokasi. Buat kamu yang gak punya temen se-awesome Mas Harry, kamu bisa mengandalkan motor atau angkot kesayanganmu. Pokoknya, tujuan utama adalah mencapai Pasar Parung, nanti, kalau dari arah Depok, kamu musti nyebrang ke kanan ada gang pasar dan masuk saja. Ikuti jalan, sampai lah ke lokasi. Takut nyasar? Tanya sama warga. End.


Karena Gunung Munara itu adalah kebon-yang-bertambah-tinggi, maka peralatan tempur yang wajib dikau bawa adalah lotion anti nyamuk. Terutama buat kamu yang berdarah manis kayak daku. Iya, daku gak cuma darahnya doang yang manis, tapi orangnya juga. *kemudian disemprot baygon*

Karena pendakian ini sifatnya lucu-lucuan, ini bisa dilakukan one-day-very-light-hiking. Artinya, logistik bawa secukupnya aja, toh ada warung di hampir setiap pos yang jualan minuman dan makanan meskipun harganya agak mencekik batang leher anak kosan, tapi, anggaplah kalian berbagi rejeki, jadi gak akan mencekik lagi. Juga, gak usah terlalu rempong bawa baju sampai 15 setel seperti yang biasa gue lakuin setiap manjat gunung, cukup bawa baju yang bisa dipakai foto-foto dengan kecenya, kayak gini, misalnya:



Anyway, itu baju di atas dijual loh. Keren kan? Original Productnya #JalanPendaki tuh! Minat? Pesen aja! ..................#lah #malahjualan 

oke, fokus cen.

Jadi, dari kaki Gunung Munara sampai ke Puncaknya, kita cuma memerlukan waktu 2 jam. Itu udah pake foto-foto loncat-loncatan segala. Oiya, tapi namanya gunung, meskipun macem kebon, mulut tetep harus dijaga yah. Soalnya, kejadian saat itu, gue lupa siapa yang ngomong, sebut saja--gue sensor yah biar gak terlalu vulgar--, sebut saja A*yu atau Har*ry, gue lupa yang mana:

"Wah, jalanannya kayak gini sih, gak mungkin lah kita bisa nyasar." kata oknum yang disebut A*yu atau Harr*y tadi.

Pas di jalan turun, KAMI NYASAR SEJAM AJA DONG. *gebukin tukang rujak*

Tapi, overall, meskipun cuma ratusan mdpl, keindahan Gunung Munara, tiada bandingannya. 



Nah, itu Aprie yang pake kemeja item, giginya dipagerin







Koleksi baju #jalanpendaki, dibeli kakakkkk


Pada akhirnya, gue cuma mau bilang, Gunung Munara ini alternatif tujuan pendakian kalau dirimu gak punya waktu lebih buat mendaki. gak perlu ngecamp, gak perlu nyewa tenda, gak perlu bunuh-bunuhann sama temen soal pembagian logistik, dan kamu akan disuguhi pemandangan yang awesome!

UPDATED:
Karena banyak yang nanya soal Rute Gunung Munara yang udah jelas-jelas gue tulis di atas bahwasanya gue cuma nebeng jadi gak begitu paham jalan, tapi masih nanya juga, berikut gue share:

RUTE: dari situs sebelah, kalau dari Jakarta, Gunung Munara bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam melewati Ciawi menuju Pasar Parung, kemudian dilanjutkan ke arah Ciseeng sampai ke Rumpin. Harga tiket masuk ke Gunung Rumpin saat ini masih sukarela. Tarif parkir motor Rp 5.000 sedangkan mobil Rp 10.000

Kalau dari Bogor, yang jelas sih ke arah Parung dari Taman Yasmin. Kemudian gue puyeng karena gak tau musti ngejelasin dari mana. Tanya warga setempat, okay, plis? Hahahahaa. Tengs.

Seperti biasa,

Take nothing but pictures.
Leave nothing but footprints.
Kill nothing but time.

Happy mountaineering!

55 comments:

  1. baru tau neh,kapan2 mau kesana juga ah.makasih infonya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macamaaaa, bagus loh mbak viewnya. Suer!

      Delete
  2. alternative manjat dibulan puasa untuk yg kangen sama gunung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul! Abis itu kalo pas manjat aus, bisa minum juga kan... :p

      Delete
  3. Sama...aku juga baru pernah dengar....eh, bagi kaosnya donk..hehe

    ReplyDelete
  4. Waaah Bang Acen dkk.. emang owsom..

    ReplyDelete
  5. mbak mbak mas mas mau beli kaosnya gmna cranya ya...hihihi

    ReplyDelete
  6. Rumpin? Ada Gunung toh di sana? Gue selalu lewat Rumpin kalo ke Bogor naek motor, kok gak engeh yak kalo di situ ada gunung.

    Boleh nih kapan-kapan Trail Run di sana. Thanks infonya, Bang Cen :D

    ReplyDelete
  7. Kalo dari stasiun bogor naik apa aja?

    ReplyDelete
  8. Bang ada contact nomer hape orang yg di gunung munara?, yg jaga atau warga.. soalnya baru hari sabtu kmren saya naek ksna dan stnk teman hilang.. kyknya ktinggalan disana atau jatuh ketika mendaki..
    Tks bang.. ditunggu jawabannya
    Septian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya gak septian. Maaf banget. Gue ke sana berkali-kali ya langsung nyelonong gitu ajaa.... :((

      Delete
  9. info donk angkutan umum kesana dari jakarta/depok ? kira2 aksesnya susah ga?
    gw mau kesana berdua sama temen gw.

    anyway..kaos "bukan pendaki 5 cm" nya boleh tuuuhh *nyengir* hehehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak susah sih, cuma eke gak tau.

      pesen lahh kaosnyaaaaaa

      Delete
  10. Ada tempat buat kemping-kemping lucu nggak nggak bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok. Tapi agak panas sih.... Banyak semut pulak

      Delete
  11. Insya Allah sabtu ini mau kesana. Mau tau rasanya mendaki gunung.
    Tadi nya mau bawa perlengkapan yang banyak, tapi kayak nya gak perlu bawa banyak banyak yah..
    Ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah banyak2 keleus, namanya jg gunung emesh

      Delete
  12. japen nya jelas kan yak ? baru mau kesana nih , soalnya banyak gunung yg pada tutup

    ReplyDelete
  13. Buat yg gak pake mobil pribadi bisa di jelasin gak kendaraan umum nya apa aja ? Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya tanya orang mulai dari pasar parung ya hahhaah

      Delete
  14. baju yg "bukan pendaki 5 cm" barahaan itu..???

    ReplyDelete
  15. Kalo naik mobil pribadi parkirnya dimana ya? Arah Depok ke sana berapa jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arah depok paling sejam, ada parkirannya kok

      Delete
  16. Naiiiisss inpoo agan kasep.. Kalo tempat buat penitipan motor ada kan gan? Oia jalur pendakiannya jelas kan? Hehehe.. :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasep~

      Ada dong, jelas banget. Banyak warung pulak kok~

      Delete
    2. Pokok nya parkiran mobil aman yaa...?? Hehe .. mklum musim nya begal.. :-D

      Delete
  17. ajakin saya donk om kalau mau muncak lagi. hehehhe

    ReplyDelete
  18. gw belum pernah yang namanya mendaki paling jauh paling ke curug doang, tapi gw pengen banget nih ketempat ini , kudu dan wajib nih .hehhe

    ReplyDelete
  19. Kok keren.... apanya yang keren ? bajunya JLNPNDKI nya ~ #salahfokus... tapi asli itu keren banget, gue mau kesanaaaa *liatdompet oke cukup.. cukup sekian *langsungtidur

    ReplyDelete
  20. Itu kaos'a berpaaan mau dong pesen. Ngiler bgt liat'aliat'a minta pin bb'a dahdah bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lengkap infonya di: http://www.jalanpendaki.com/p/merchandise-store.html

      Delete
  21. Tar anee nanjak nihh bree..hahaha temen aneee mauu ngejar ala ala sunrise gutuu..hahhaa

    ReplyDelete
  22. Kok baru sadar. Difoto atas itu ada 3x moment, atau kesana bawa 3 baju ganti?
    Yaileee ke gunung emesh juga tetep fashionable :p

    ReplyDelete
  23. Makaciw gan infonyaaaa. Cukup bikin cekikan jg bacanya haha

    ReplyDelete
  24. oh ternyata banyak gunung emesh yang bisa didaki sehari tanpa nge-camp ya kak. cocok lah buat babu korporat yang sibuk kayak aku ini :D *kemudian ditabok pake telenan*

    ReplyDelete
  25. Rumah ane lumayan deket, tapi baru kali ini ane tau .. halaaaahhhhh

    ReplyDelete
  26. Salah satu gunung tujuan, ga terlalu tinggi katanya, pesonanya tiada habisnya.
    Macam foto di atas lah. :D

    ReplyDelete

Komen dong encang, encing, nyak, babe, mas, mba, gan, bro, sist, pak, bu. Sekian dan terima saweran berupa alat mendaki gunung dibayar tunai. Sah? Sah....