Serunya Pelatihan Leadership Ala Militer

Wednesday, August 27, 2014



Beberapa Minggu lalu, selama 4 hari gue ikutan Leadership Camp dan Solo Camp 2014 atau yang bisa disingkat dengan #LCSC2014 yang diselenggarakan oleh Koperasi Siswa Bangsa (KSB) inisiasi dari salah satu Putera Sampoerna Foundation, perusahaan yang bergerak di Bisnis Social dan Pendidikan.

Kok namanya sama kayak Sampoerna rokok?

Iya, yang namanya Sampoerna emang identik dengan rokok, tapi setelah Beliau menjual semua sahamnya ke Phillips Morris Internasional, jadilah Putera Sampoerna Foundation gak ada sangkut pautnya acan sama rokok. Memang, rokok Sampoerna masih eksis dimana-mana, tapi itu cuma karena kebijakan perusahaan masing-masing aja soal itu.

So, kini Sampoerna tidak sama dengan rokok.

Nah, waktu itu, gue diajak sebagai salah satu perwakilan blogger buat menyaksikan dan merasakan secara langsung pelatihan anggota KSB yang notabene merupakan penerima student assistance yang kini sudah berkuliah baik di Universitas ternama di Indonesia maupun di Amerika Serikat.

Tujuan utamanya jelas, menciptakan calon pemimpin masa depan yang kece, tahan banting, dan disiplin agar bisa jadi andalan bangsa untuk memimpin masa depan Indonesia. Tsaahhh.



Dari awal dateng ke PusdikAjen Lembang, para peserta udah dibentak-bentak ala militer.

...tak terkecuali gue. AKKKKK!!

Tapi, sebenernya itu ditujukan biar mental kita kuat aja kakak.


Selain segala sesuatunya dimarahin dan dibatasin mulai dari bangun tidur, makan, mandi, pupup, ternyata ada hal baik di dalamnya.

Kami diajari menjadi lebih disiplin dalam banyak hal, melakukan efisiensi waktu, menguatkan mental, dan juga menguatkan fisik.

Fisik?

Yaiyalah. Dari pagi sampai malem acaranya itu full banget. Padet abess kakak. Mulai dari latian fisik, acara seperti lempar pisau, mountaineering, rekam jejak, macem-macem bener-bener melelahkan. Tapi... seru parah!

Oiya, belum lagi di hari terakhir, di puncak acara ada yang namanya Caraka Malam (jurit malem tapi kepagian, ya abisnya jurit masa jam 7 malem), lalu ada Bon Fire Ritual (kalau dalam bahasa kita, api unggun). Dua-duanya bikin merinding. Yang satu merinding karena banyak 'yang iya iya' di hutan. Yang satunya lagi merinding karena.....

......lagu Spread Your Wing yang dinyanyiin sama anggota KSB yang kebanyakan dulunya adalah siswa-siswa Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI), bener-bener bikin gue ngerasa gimana gitu. Kena banget deh liriknya.



Tapi bukan cuma fisik sih yang dapet 'asupan', otak juga dapet 'asupan' yang tepat terutama mengenai program-program yang telah diinisiasi oleh Sampoerna. Acara #LCSC 2014 dari KSB ini menunjukkan bahwa Putera Sampoerna Foundation gak cuma ngasih student assitance, namun juga memberikan nilai lebih kepada para penerimanya. Pelatihan dan seminar yang diberikan tadi, paling tidak dapat memperkuat DNA dari Putera Sampoerna (Leadership, Entrepreneur Spirit, Social Awareness & Responsibility) yang bakalan berguna dan bisa menjadi bekal selama mereka menempuh kehidupan dan menjadi pemimpin masa depan. Perlu kamu tahu, dari 2002 sampai sekarang, Putera Sampoerna Foundation udah ngasih  student assistance ke belasan ribu anak didik yang kurang mampu. Ada sih salah satunya temen gue yang dapet.

Jujur, dulu kalau gue tau ada beasiswa macem ginian, gue pasti daftar! Mana bisa disekolahin sampe ke Amrik lagi. Ah sirik lah.


Leadership Camp and Solo Camp 2014 dari Koperasi Siswa Bangsa, Putera Sampoerna Foundation ini pokoknya adalah salah satu acara favorit gue yang gak akan pernah gue lupakan. Selain nilai-nilai yang berhasil ditanamkan ke gue, pengetahuan gue tentang bisnis social seperti Putera Sampoerna Foundation ini juga nambah.

Oiya, gue juga lebih banyak tau soal TNI!

Paling kecenya, gue dapet seperangkat lengkap seragam PDL yang bisa gue pake buat naik gunung!

...GRATIS!

HORE!





You Might Also Like

3 komentar

  1. kedepannya bisa keles jalan pendaki kopdar ditempat militer,,, materinya bisa survival atau hal lain yang berguna dalam pendakian, pematerinya bapak-bapak TNI yg keceh itu hihi

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.