Menggapai Puncak Sejati Raung 2: Gue ngapain di sini?

Monday, October 20, 2014




"Gue gak kebayang, bisa-bisanya tadi kita ada di sini...." komentar gue pas lagi liat-liat lagi hasil foto muncak Raung Sejati di kamera barengan Mas Iman dan Herru di dalam tenda kami yang mepet jurang.

"Masih berasa lho, titit gue beneran kayak mau lepas...."

"....."

"Gue paling serem sih pas baliknya, sampe gak sadar trekking pole gue ilang lagi." sambung Herru.

"Aku juga, deg-degan banget pas di extrim empat tadi." kata Mas Iman.

"Tapi muka lo kayak biasa aja, Mas. Lempeng gitu..." timpal gue, masih sambil liat-liat foto.

"Ya tapi kan di dalem hati, aku juga deg-degan. Untung ada kalian di depan, at least ada motivasinya. Di pikiranku juga yang kebayang, palingan kalo aku mati ya, bakalan ada yang nganterin jasadku ke Kalimantan....," jawab Mas Iman kalem.

"Inget mas, itu kalo lo jatoh ke kanan, masih bisa di evakuasi. Kalo ke kiri? Nama lo doang mas..... .............yang balik ke Kalimantan."

"..........................................................."


Kemudian angin berhembus.

Dan kami bertiga terdiam sambil bergidik ngeri.

Dan tiba-tiba satu per satu memori menapaki Raung, berjejalan lagi.....

***



"Bentar Om! Ini udah di pos 8, gue minum dulu!" teriak gue sambil ngos-ngosan. Anjir, salah banget kayaknya gue ngikutin kakek-kakek super ambisius ini.

"Belum 20 menit, Cen. Minumnya nanti, katanya lo mau berguru sama gue." jawab Om Wahyu kalem.

"..........................."


Gue taro lagi air minum yang bahkan belum sempet keluar dari saku celana gue.

Oiya, jauhh bermeter-meter di depan gue namanya Om Wahyu. Nama panjangnya Wahyu Tamaela. Belakangan gue panggil doi om Ela. 50-an something. Tapi tenaganya kayak kuda. Kecepatan jalannya, sama semangatnya, bahkan gue gak bisa ngalahin. Ambisius banget, makanya gue panggil kakek-kakek ambisius. Usilnya bukan maen, terutama sama gue, etapi aduh gue kayaknya selalu jadi korban bully deh dimana-mana. QZL.

Meskipun doi ngeselinnya khan maen, tapi pengalaman hidupnya berguna banget! Waktu masih muda doi udah join di mapala-mapala gitu. Terus join juga skyger apalah, pokoknya instruktur panjat tebing, dll. Fasih banget urusan panjat memanjat. Udah sampe ke Everest Basecamp segala, ngajak anaknya yang cewek pun. Udah khatam gunung Denali di Alaska. Gitu deh. KZL pokoknya denger cerita si kakek ambisius ini, tapi ilmu yang di share juga sungguh bermanfaat. 

Gue lagi coba ngikutin ritme jalannya doi. Katanya, kalau lo mau kemampuan mendaki gunungnya bertambah, lo musti jalan terus 20 menit tanpa berhenti, sampai detak jantung lo berdetak 2x lipat lebih cepat dari biasanya.

Jantung gue?

"Udah 200x lipet nih om rasanyaaaaaaa! Kaki gue mau lepas!" teriak gue.

"Belum! Baru setengah kali itu! Bentar lagi udah mau Camp 9 nih, gue naikkin ya speednya jadi 2x ini!"

Jadi.... jalan sekenceng itu doi belum apa-apa?

*terjun ke jurang*

Anjir, dimana napas gue udah kempot-kempot, doi malah naikkin speednya. GILINGAN!

Tapi akhirnya, selangkah demi selangkah gue jabanin. Kecepatan juga makin gue tambah. Ternyata bener kata om-om gila itu, napas gue jadi makin teratur. Kaki yang kayaknya mau lepas udah pulih lagi.

"Nah, kita udah sampe Camp 9 nih! Langsung yak! Puncak Bendera udah tinggal 10 menit lagi dari sini..." kata Om Wahyu sambil nerusin jalan. Gue udah gak mau komplen. Irit napas, cyin.

10 menit kemudian.....

PUNCAK BENDERA!





Setelah puas ngambil foto-foto selfie di tengah-tengah sunrise, perlahan tapi pasti rombongan gue mulai menampakkan diri. Fajar, Herru, Harry (iya, Harry si Dajjal Merapi ikutan juga, puas?), Mba Anink, Pak Firman, Amat Lias, Soleh, Mas Iman, Are, Umam, Ridwan, Ardi, dan Mas Dodi. Sayangnya, cuma gue yang dapet sunrise. Yang lainnya cuma boleh berpuas diri karena berhasil sampai Puncak Bendera.

Duh congkaknya gue.

Medan selanjutnya adalah medan yang kayak pernah gue liat di google. Katanya sih nama jalurnya Shirot Al-Mustaqim. Saking tipisnya jalur yang musti ditapaki, jadi anggepannya sama kayak jalur menuju akherat yang setipis rambut dibelah tujuh.

Katanya gitu. Udah ah, serem. 

Satu per satu mulai jalan menapaki jalur Shirot Al-Mustaqim. Tapi perasaan gue berkata lain, jalur ini kaayaknya kok gampang banget, karena gue masih bisa foto-foto. Masih bisa lumayan petakilan. Masih bisa teriak ke Herru dann Harry buat minta difotoin.



"Siapa nih selanjutnya? Cepetan, biar gak kesiangan nanti sampe di Puncak 17!"

Medan selanjutnya adalah manjat pake tali. Yap! Buat menggapai puncak sejati gunung Raung, emang udah terkenal musti pake tali temali dan peralatan standar panjat memanjat tebing. Ada harness, webbing, carabiner, prusik, dll, dkk yang gue masih awam sama sekali soal itu.

KLIK. 

Carabiner dan prusik udah nyantol di tali yang musti gue jadikan pegangann buat manjat. Cukup dengan menarik tali, melangkahkan kaki di tebing dengan gagah berani, dan meraih tangan Mas Dodi, guide yang siap membantu kami, akhirnya gue sampai juga di lokasi ketinggian menuju Puncak 17.

"Lho, ini kok carabinermu belum dikunci? Kalo tadi jatoh, mati kamu....." kata Mas Dodi santai sambil nglepasin carabiner dan prusik dari tali panjat tadi.

"..................................................."

*saling pandang*

"................................................."

*mangap*


"AH GILA YANG BENER AJAAAAAAAAA!!!!!!"




Bersambung ke Episode Raung 3.

You Might Also Like

30 komentar

  1. Babang warbiyasaaaa. Jalur shirot Al-Mustaqim dibilang GAMPANG BANGET! *prokprok*

    ReplyDelete
  2. Next, kita setenda lagi yakkkkk. Supaya masuk di cerita lagi. Hehe.
    Sekalian masukin Harry juga di tenda, biar ngeksis di youtubenya dia.

    Si Ardi, kita relokasi aja, bikinkan tenda sendiri, supaya bisa nikmatin sendiri produk busuknya dia, hahaaa *pelukardi

    @imanrabinata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mas! Ntar gue kentutin lagi hahaahahah

      Delete
  3. Wuihhhhhh :matabelo

    Hebat bang acen udah bisa sampe puncak sejati 👏👏👏👏 ajak ajak dong

    Gilaaaa yaaa bisa sampe bikin titit ser seran gitu, amazing 😲😲😲

    ReplyDelete
  4. Hahaha, kakek kakek ambisius

    Bagus blog lu cen

    ReplyDelete
  5. selama postingan raung, keknya kamu wajib diunfollow de cen T___T

    ReplyDelete
  6. Wow hebat sekali mas Acen...pasti anda sangat profesional sekali untuk technical climbing menuju puncak sejati, bisa ajari saya mas untuk hiking dan climbing? okthxbye

    ReplyDelete
  7. astaga, itu yang namanya om wahyunya minumnya pertamax+dengkulnya dibore-up kali ya? ngebayanginnya aja pegel :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue ngalaamin nyet. Ngalamin! 😱😱😱😱

      Delete
  8. woo keren-keren ngiler pengen nyoba juga, tapi gatau rasanya kalo pas udah disana, mas acen aja gemeteran apalagi kek saya ya._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalah saya ini cuma butiran jasjus nak...

      Delete
  9. foto yang megang bendera keren, bang :)

    ReplyDelete
  10. fotonya babang acen sllu bisa bikin iri, dan cerita petualang sllu bisa menjadi sebuah hiburan dan referensi buat teman yang suka mendaki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you pujiannyaaaa.. Ya ampun, jadi gede kepala nih!

      Delete
  11. biasanya orang yang pinter ngelawak dalam tulisan kepribadiannya manis dan pendiam. wkwkkwwk

    ReplyDelete
  12. waaah raung, tetangga sebelah. ngilerrr

    ReplyDelete
  13. woww, keren gunungnya wkwkwk, gayanya juga sih boleh lah,
    then visit "www.blazestyle.blogspot.com" disana juga ada artikel yang cukup menarik yahh, walaupun bhs inggris sih ,, hehehehh

    ReplyDelete
  14. Link menuju part 3-nya sepertinya keliru om :) . But, nice journey overall :)

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.