Menggapai Puncak Sejati Raung 3: Nyali Yang Berceceran

Sunday, November 02, 2014

Photo credit: Herru Hermawan Susanto


Menggapai Puncak Sejati Raung Episode Sebelumnya:

"Lho, ini kok carabinermu belum dikunci? Kalo tadi jatoh, mati kamu....." kata Mas Dodi santai sambil nglepasin carabiner dan prusik dari tali panjat tadi.

"..................................................."

*saling pandang*

"................................................."

*mangap*


"AH GILA YANG BENER AJAAAAAAAAA!!!!!!"

***

Kalau mau main salah-salahan, bisa aja gue nyalah-nyalahin Leader pendakian ini, si Fajar, karena lupa ngunciin carabiner gue. Kan gue gak tau kalau gue musti ngunci sendiri, diingatkan pun tidak. But again, jadi pelajaran buat gue kalau once kita udah pasang carabiner, itu menjadi tanggung jawab kita untuk memastikannya terkunci. Nyawa taruhannya. CAMKAN ITU NAK!

Habis main panjat-panjat tali tadi, ternyata masih ada panjatan tali berikutnya. Oh, katanya, tebing yang bakalan dipanjat ini akan membawa gue ke Puncak 17. Jangan sedih, gunung Raung emang punya banyak Puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan terakhir Puncak Raung Sejati. Anyway, dari jalur lain, juga masih ada satu puncaknya lagi, tapi gue lupa namanya puncak apa.

carabiner, ascender, figure eight, dan kawan-kawannya

Pas ngeliat temen-temen gue satu per satu manjat itu tebing sih keliatannya gampang dan mengasyikkan. Pas giliran gue manjat, awalnya mengasyikkan, lama-lama mengerikan. terutama begitu sampai di Puncak 17. Rasanya kayak..... Boleh pulang aja gak?




"Itu tuh yang namanya Jembatan Shirot Al Mustaqim...." 

"Innalillahi........."

"Harus banget lewat sana tuh?"

Kan. Bener kan dugaan gue pas ngelewatin jalur abis Puncak Bendera. Ternyata itu bukan jalur "rambut dibagi tujuh" yang sebenernya. Jalur yang sebenernya kini terbentang luas di depan muka gue. Nyali yang ada pada diri gue perlahan menguap entah kemana. Jalurnya itu kayak.... cuma setapakan kaki. Kayak jalan setapak buat satu orang tapi di ketinggian lebih dari 2000 meter dan kanan kirinya jurang. Oiya, tentu saja ditambah dengan kerikil-kerikil gemes yang misalnya nih, misalnya, kita kepleset, misalnya...... au ah, ngilu ngomongnya!

Mau lanjut, perut gue mules. Kagak lanjut nanggung udah sampai sini. Ah kepalang basah, gue jajal aja jalan setapak demi setapak!

Photo credit: Herru Hermawan Susanto

Pedih kan ngeliat jalurnya?

Melewati jalur Shirot Al Mustaqim ini membuat semua hal yang ada pada diri gue luntur, kecuali detak jantung yang makin memburu. Mulai dari kelelakian, kesadaran, kerjaan, kecongkakan, kesombongan, apalagi kerjaan, luntur semua, lupa banget. Selain jalan super pelan dan nyebut segala yang bisa disebut, gue selalu merepet....

"gue ngapain di sini? gue ngapain nganter nyawa sendiri? gue ngapain...." sambil pengen nangis tapi saking ngerinya, air mata gue pun takut buat keluar.

"WOY MAS! PELAN-PELAN DONG! BATUNYA RUNTUH MAS!" teriak mas-mas rombongan lain yang rupanya lewat jalur di bawah gue. 

"YA DIPIKIR DEH MASNYA, JALUR BEGINI JALAN SEPELAN APA JUGA BATUNYA RONTOK! LAGIAN NGAPA MUSTI LEWAT BAWAH SIH???!!"

Tenang, itu cuma pikiran gue doang yang pengen nyinyir dan bales teriakan mas-mas tadi. Kalau jalurnya gak bikin dengkul gue lemes, berantem gemes sama doi juga gue jabanin deh.



Pepatah Jawa mengatakan, alon alon asal kelakon. Persis kayak yang gue alamin saat ini, perlahan tapi pasti, pelan-pelan, dengan segala umpatan, makian, cacian, teriakan, ngesotan, sampai merangkak-rangkak gue jalanin jalur Shirot Al Mustaqim yang mengerikan itu sampai ke ujungnya. Lega? Tentu belum, ujung jalur tadi terkenal dengan sebutan ekstrim 4. Lagi-lagi musti pake tali dan segala jenis peralatannya. Nyali? Udah gue gadein di pegadaian!

"Main jauh-jauhan lempar batu yuk! Ke kanan apa ke kiri nih? Kalau jatoh ke kanan mati sih, tapi bisa di evakuasi, kalau ke kiri gak bisa...." kata Mas Dodi super iseng dan makin iseng ngeliat muka gue makin pucet kayak tai cicak pas bagian putihnya.

"Mas, lo jangan main-main mas. Jahat lo...." rengek gue.

Sejurus kemudian Mas Dodi berdiri, ngambil ancang-ancang, terus menghentakkan badannya buat ngelempar batu sejauh-jauhnya. Reaksi gue?

"MAS! BABIK LOO!!!!" Sambil megangin dada gue biar jantung gue gak mencelat keluar. Sementara Mas Dodi cuma ketawa-ketawa hepi ngeliat gue ketakutan.

Setelah mengumpulkan keberanian yang tersisa, gue menjalani juga jalur ekstrim 4. Dimana gue musti turun sambil loncat-loncatan pake tali. Gak seserem bayangan gue sih, tapi tetep waspada, kali aja figure eight yang gue pake mencelat terus gue jatoh ke jurang kan wassalam.

Medan berikutnya setelah ekstrim 4 adalah bebatuan terjal yang bermuara di Puncak Tusuk Gigi, keliatannya sih deket, tapi.... ENGAPNYA KHAN MAEN!



Dari sini, nyali yang tadi berceceran entah kemana mulai muncul satu per satu. Tapi tenaga, mulai terkuras habis. Dengkul juga udah minta ampun. Jalur kayak gini memang paling membutuhkan endurance yang tinggi, karena terus menerus nanjak tanpa ampun. Belum lagi batu-batu yang ada tidak sekokoh kelihatannya. Kadang, kalau gak hati-hati, batu-batu ini bisa longsor lepas gitu aja. 

"Puncak tusuk gigi udah deket ya, Om?"

"Lha ini Puncak Tusuk Gigi. Bentar lagi Puncak Sejati, 5 menitan lah."

Tenaga gue yang udah memudar entah kemana, sekonyong-konyong muncul lagi. PUNCAK RAUNG SEJATI UDAH MULAI DEKAT, BRO!

Yak, selangkah demi selangkah gue lalui, pelan-pelan aja, soalnya bakalan gak surprise kalau buru-buru. Sedikit lagi gue sampai. Sedikit lagi.....

"CEN, RAUNG SEJATI CENNN!!!!"






"Gue merasa biasa aja udah sampai Puncak Sejati Raung..."

"Gue juga. Gue ngebayangin baliknya gimana....."

Kemudian, hati ini mencelos lagi.

***

Bersambung ke Episode Terakhir.

You Might Also Like

39 komentar

  1. Nah loh baliknya gimana ntu bang? Ngahahaha #TertawaDiAtasPenderitaanOrangLain eh eh tapi tapi ko gue malah sakit perut sama merinding ye bang liat jalur ke puncak sejati ceyem amat bang -__-

    ReplyDelete
  2. padahal hanya foto

    siratal mustakimnya bikin lutut mendadak ngilu o__O

    ReplyDelete
  3. "kapan nyusul" kalimaaat yg gtw kenapa bikiiin nyessss hati,,, hadoooh -_- .. btw, bang acen ,puncak raung nambah ya tingginya.. klo gak salah kan 3.332 mdpl .. kok jadi 3.344 mdpl...?? *kepo*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Au tuh gue aja sampe salahhh kan nulisnyaaaa

      Delete
  4. keren banget ka..
    liat fto-fto rada soak.
    :D
    tp malah bkin makin pengen k sana..
    doakan uni smoga bsa ksana ka..
    hehehe...

    ReplyDelete
  5. temen ngajakin tgl 22 nov ke raung,dr kmrn galau.kira2 mau bawa nyawa cadangan apa ga,hehehhe sumpeh masih keder sebenarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mental dlu kencengin, kalo blm, mendingan jangan. Seriusan ka~

      Delete
  6. gue ngebacanya aja sampai keringat dingin serem amat jalurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, apa lagi kaki lo yang demen getar getar itu hahahaa

      Delete
  7. mauukkk nyusul :')

    tapi harus bikin surat wasiat dulu agaknya.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi lo, gampang kena angin...

      ...angin masa lalu

      Delete
  8. Sumpah baru punya waktu buat baca ini bang.. n jd berasa gue udh pernah naik raung bareng elo sambil ngakak setan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaadh! Baru punya waktu buat baca! Emang ayu itu ibu negara? :((

      Delete
  9. Sumpah baru punya waktu buat baca ini bang.. n jd berasa gue udh pernah naik raung bareng elo sambil ngakak setan..

    ReplyDelete
  10. hahahaha... koplak. Bang cen kalo lo mati di Raung gue bakalan nyelawat ke rumah lo bang wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaga anon mulutnya.... *ketok ketok meja kayu

      Delete
  11. Baca ini ngakak abiss,, pas liat fotonya langsung napakin kaki, mastiin gw ga ada di ketinggian..ngiluu.

    ReplyDelete
  12. ceritanya asik dibaca...
    bikin tertarik..
    dan bikin penasaran tentang estimasi waktu, biaya, perijinan, jumlah minimal pendaki, dan syarat2 yang berlaku. kalo misalnya tanpa tali2 gitu bisa kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa tali bisa....

      ....bisa gila sih. Paling parahnya bisa mati doang.

      Delete
  13. bang, mau tanya pas lagi ngelewatin jalur Shirot Al Mustaqim itu pake tali pengamannya gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaannya, nyantelinnya dimana?

      ...gak dek

      Delete
  14. bandit!! aku udah jiper duluan ngeliat jalannya :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi aku yang udah ngalamin, badjingan.

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Permisi permisi..
    Numpang mantau perjalanannya ya. Kereen :D

    Sepertinya saya kenal mas heru dan om firman deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, salam kenal. Tau om heru sama om firman dimana om?

      Delete
    2. Aduh bang. Gue mah cewe. Ckckcc :|

      Pernah naek bareng , aku add FB mu bang. Confirm ya. Hhe

      Delete
  17. Damn... Nabung nyali dulu lah ini mah, secara bukan anak gunung 😂 btw keren blog nya!

    ReplyDelete
  18. Nice story..luar binasa kisahnya. Selesai baca, liat tayangan sirotol mustakhim di YouTube ampuunn dah,.hanya orang hebat bernyali yg mampu melakukan nya ..salutt

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.