Menggapai Puncak Sejati Raung Finale: Harus Berakhir Kayak Gini

Friday, November 21, 2014

sibuk sendiri-sendiri

Di pagi hari yang gak cuma-sejuk-tapi-dingin-banget ini, geng setenda gue kompakan bangun pagi dan duduk ngejogrog sambil ngelamun. Saking kecapeannya nyinyir soal kekurangan air yang bakal kami alami buat turun ke basecamp nanti, bikin gue, Ardi, Herru, dan mas Iman milih tidur cepet aja.

BRUT. BRAK. BRAK.

Tiba-tiba suara jahanam dari pantat Ardi menyeruak keluar dan merusak indahnya suasana pagi. Gak bisa dipungkiri, bau-bauan khas mepet tai di pagi hari mulai menusuk-nusuk hidung.

“BANGSAT ARDI!!!!!” teriak gue sambil buru-buru buka pintu tenda.

“ANJIR BAU BANGET…..,” teriak Herru sambil nutup hidup.

“ARDI! ARDI! ARDI!!!” teriak Mas Iman gedebukan karena dia dipeluk erat sama Ardi pas berusaha kabur ke luar tenda.

“ARDI AKU MATI ARDI TOLONG!!!!” teriak mas Iman lagi.

Gue, Herru, dan Ardi cekikikan sambil tutup hidung.

“Selalu deh, warga sipil yang jadi korban!” dengus mas Iman begitu sukses keluar dari tenda.

Ngakak lagi.

“Tai banget emang itu pantatnya si Ardi, masa kentut bisa diatur gitu, hahahaha…..” gue melanjutkan.

“Kamu juga sama aja, Ardi mending ada suaranya, kamu gak ada suaranya tapi baunya kayak belerang busuk!” kata mas Iman sambil misuh-misuh.

“Tapi emang kampret sih pantatnya si Ardi, kayak kemaren yang di request sama Om Wahyu pas lagi turun puncak, dia bisa langsung kentut….” Sambung Herru sambil ngakak.

Dan kami semua ikut ngakak sambil mengenang kembali memori turun dari Puncak Sejati Raung.

****



Seperti yang ada di pikiran kami semua, menggapai Puncak Sejati Gunung Raung bukan berarti bisa pesta pora dan sorak sorai bergembira. Karena kengerian yang sejati juga menanti, yaitu….. PULANGNYA GIMANA?!

Okay, kalau di gunung lain mungkin pulang bisa lebih cekikikan. Kadang bisa sambil lari, kadang bisa nggelinding, bahkan kadang bisa sambil toyor-toyoran sama temen. Tapi mengingat Gunung Raung masih punya Puncak Tusuk Gigi, jalur batu, jalur ekstrim 4, Jembatan Shirot Al-Mustaqim, Puncak 17, jalur ekstrim 1, dan Puncak Bendera, maka….. perjalanan turun gunung menuju Camp 7, tidak seseru biasanya.

Selain tenaga tentunya udah banyak berkurang, nyali udah awur-awuran entah kemana, dengkul ilang, cadangann air minum buat turun juga tinggal segitu-gitunya.

Pelajaran yang gue dapat waktu lagi turun dari puncak, terutama setelah Puncak Tusuk Gigi, adalah: JANGAN TURUN TERBURU-BURU DAN RAME-RAME. Kita lagi gak dikejar satpol PP. Kenapa? Seperti yang udah pernah gue bilang sebelumnya kalau jalur batu menuju puncak Tusuk Gigi, meskipun kelihatannya tangguh, aslinya rapuh. Kayak hati gue banget lah. Okay, lanjut, batu-batu rapuh tadi bener-bener berbahaya, terutama buat orang yang udah jalan berada jauh di depan kita. Karena tracknya sekarang jadi turunan, otomatis batu rapuh yang gak sengaja keinjek bakalan rontok-jatuh-gelinding ke arah orang di depan kita.

Gue udah menyaksikan sendiri gimana si Ardi jadi korban. Semua bermula ketika negara api menye.... duh basi banget. Semua terjadi pas si Ardi dan mas Dodi udah jalan duluan di depan, dan disusul gue di belakang mereka. Jadi posisinya kayak mas Dodi, Ardi, dan gue berada di anak tangga yang berbeda. Kemudian muncul Mba Anink atau mas Iman gitu di belakang gue, dan tanpa di sadari sebuah batu kelempar ke arah Ardi.

"Batu! Batu!!!" teriak gue.

"Aduh!"

Walau sempat menghindar, rupanya punggung Ardi kena batu. Meskipun kecil, tapi kayaknya cukup bikin Ardi kapok, soalnya habis itu dia terus-terusan teriakkin orang di atas biar gak keburu-buru dan gantian turun satu per satu.


Capeknya lewat jalur batu beginian itu dobel-dobel deh, serius. Terutama di dengkul, beuh, getar-getar mah udah jadi makanan wajib tiap mijak batu. Tapi yah, namanya juga sebuah perjalanan, mau sesusah apapun pasti akan ada akhirnya, asal dijalanin dengan baik dan benar, endingnya bisa sesuai yang kita harapkan.

Meskipun sebenernya, ending setelah jalur batu adalah jalur ekstrim 4 yang bener-bener bikin pusing dan mual. Mirip-mirip lah kayak lagi fase kehamilan semester awal. Eh, gue belum pernah hamil sik. Ya gitu deh.

Karena cuma gue dan Ardi yang nyampe duluan, jadi ya gak ada pilihan lain antara gue atau dia duluan yang naik. Biasanya dibantu Mas Dody, tapi doi masih jauh di belakang. Oiya, ada si om-om ambisius itu juga ding, tapi dia yang bahkan udah ada di jembatan Shirot Al-Mustaqim lagi. Ngeliat doi manjat-manjat sendiri begitu entengnya ngebuat gue sama Ardi punya nyali lebih. Tentunya Ardi duluan yang maju. Gue?

Lagi berdoa semoga gak kaget, terus latah dan malah nyemplung ke jurang.

Gue bersyukur pas lagi mulai naik, tiba-tiba ada kabut tebal muncul dari bawah jurang dan menyelimutinya, jadi jurang yang menganga kayak luka hati yang dalam, gak keliatan lagi. Begitu di tengah-tengah.....

Kabutnya ilang.

Tuhan. Iseng. Banget. Deh. Sumpah. KZL. ZBL.



Jembatan Shirot Al-Mustaqim emang bedebah.

Berapa kali dilewatin pun kayaknya bakal tetep bikin sport jantung sekaligus titit mengecil maksimal. Udah ratusan kali, keleus, teriakan dan ucapan-ucapan keagamaan yang keluar dari mulut gue, kalo dibikin album religi kayaknya bakal laku keras.

"Nanti kita lewat jalur muterin Puncak 17, ada webbingnya kok, tenang aja...,"

Menurut gue, kata-kata Mas Doddy tadi itu kayak tai. Dibuang lega. Gak dibuang bikin sakit perut.

Bikin lega karena akhirnya gak musti manjat-manjat serem ke Puncak 17 lagi, gak kebayang deh gimana musti manjat jalur segitu-gitunya yang penuh  kerikil, kepleset dikit, babay. Bikin sakit perut karena.... jalan memutari jalur Puncak 17, artinya muterin tebing yang... udah pasti berhadapan langsung sama jurang.

Naik gunung kok ya gini-gini amat, ya Tuhan....

KLIK.

Carabiner plus tali prusik udah nempel di webbing merah meriah ceria yang siap mengantarkan gue ke ujung Puncak 17 dan membawa gue pulang ke tenda di Camp 7.... atau membawa gue pulang ke Ilahi, semisal gue terbang kebawa angin.

"Cen! Lama banget lo! Ntar sampai di tengah-tengah lo musti lepas carabinernya,, soalnya itu mentok batas, abis di lepas pasang lagi setelah batasnya. Bisa kan? Cepet!" teriak Om Wahyu gak sabar nungguin gue yang jalan selangkah demi selangkah sambil narik-narik prusik.

"YA TUHAAN... OM! GUE UDAH NGEGADEIN NYAWA SENDIRI GINI MASIH LO SURUH CEPET-CEPET YA TUHAN....... tai lu." teriak gue gak kalah kenceng. Tapi pas bagian tainya gak kenceng. Bisa jalan aja, gue udah bersyukur lho, bener.

Asli, jalan melipir tebing itu gak enak.

"Musti banget dicopot ini carabinernya, om? Ya Alloh... Ya Alloh....." gue makin religius. Nama Alloh gue panggil-pangil mulu sambil nglepasin carabiner dan tali prusik dari webbing.

WUSH!

"YA ALLOH ANGINNYA YA ALLOH!!"

Gue buru-buru nyantelin webbing lagi. Kali aja angin kedua bisa bener-bener nerbangin gue ke pangkuan Ilahi. Asli gue belum siap.

Takut matic!

"Lama banget lu..." nyinyir Om Wahyu seketika gue sampe. Pengen banget gue gebukin sih, tapi takut kalah.

Juga langsung disambut pelukan hangat Ardi. Gue terharu. Tapi sejurus kemudian disusul sama kentutnya yang bau belerang dicampur air bekas rendeman cucian 3 minggu. Batal sedih gue, batal nangis, gak jadi terharu. Cuih!

Gak lama setelah gue sampai, lalu disusul oleh Harry, Heru, Mas Iman, satu per satu personel lengkap dan ngumpul lagi dengan hikmat di jalur Puncak 17 dan langsung melanjutkan perjalanan ke ekstrim 1. Sambil nunggu tali buat turun dipasang Mas Doddy, Ardi menunjukkan kemampuann kentutnya yang bisa di request.

Di sisian lain ada Harry yang tiba-tiba lagi pecicilan banget, joget-jogetan lah di atas tebing, ngecengin gue lah, foto-foto lah, rese banget lah. Sampai....

"HARRY!!!!"

Semua orang teriak. Ardi nutup pantatnya. Gue histeris. Herru hampir loncat. Mba Anink kesel. Mas Iman balik ke Kalimantan, Om Wahyu cari bini baru, Fajar sama Are melongo, mas Dody impoten, Amat pingsan, Soleh tetep bermuka datar, dan Harry jatoh duduk. Mukanya langsung pucet banget sepucet pinggiran nesting, dia langsung diem seketika gak berani petakilan lagi.

Yoi, doi baru aja jatoh kepleset gelindingan dan hampir jatuh ke jurang. Kalau sampai dia beneran jatoh......


.........VIDEO CIAMIK GUE YANG ADA DI KAMERANYA GIMANA???

hiks :'(((

***



"Jar, kita jalan duluan ya!"

Om Wahyu, gue, Mas Iman, dan Herru menyadari betapa kekurangan air pas perjalanan turun bakal jadi gak menguntungkan buat siapapun. Jadi sebelum hari makin siang, kami jalan turun duluan. Gak ada yang spesial dari perjalanan turun selain, jarak yang ditempuh jadi cuma 4 jam, dan sampai ke Pos 1 dipenuhi dengan keluhan-keluhan soal kekurangan air, dehidrasi parah yang udah sampe tahap pipis-berwarna kuning-dan-panas.

Baik Herru maupun Mas Iman sampe nyangka batang pohon adalah atap rumah di Pos 1. Halusinasinya parah sih. Yang paling kocak, ternyata gue juga mengalami halusinasi yang sama, gue dengan entengnya malah nyuruh Mas Iman lari pas kami udah sampai di Kebon Kopi keparat jahanam bedebah karena panjang bener gak abis-abis. Pas dia lari sampe lelah, gue baru sadar itu batang pohon, bukan rumah.

Habis itu Mas Iman ngambek gak mau diajak ngobrol lagi. HAHAHAHA.

Kekurangan air ternyata membuktikan, bahwa, bisa bikin kita lebih sengsara ketimbang kekurangan makanan.

Tapi yang paling the best, Harry, sih. Iya, lagi-lagi Harry.

Saking kehausannya, begitu dia sampai di Pos 1, diantara banyak mata memandangnya, dan meneriakkan namanya karena berhasil sampai juga, dia ngapain coba?

Harry teriak sambil lari, agak-agak mau nangis dikit, ngelempar trekking polenya, ngelempar topinya, ngelempar sarung tangannya, ngelempar kerilnya, dan teriak:

"AIIIIIRRRRRRRRRR!!!!!!!"

Drama banget, njir!

.......sayangnya gak ada yang ngerekam!

AHELAH!

END.

***













Tonton video Menggapai Puncak Sejati Raung di sini:


video credit: Harry Kurniawan
*hanya bisa ditonton melalui pc/laptop/desktop


Disclaimer:

Thanks buat semua pihak baik yang disebutkan maupun tidak, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan, namanya juga manusia, tempatnya salah dan lupa, karena kesempurnaan milik Alloh dan kekurangan adalah milik Bunda Dorce (dia bilang gitu lho, di Dorce Show, sumpah!).

Semoga terhibur!

You Might Also Like

50 komentar

  1. Aaaaggghhh makin pengin ae.

    Ngeri ya liatjalan gitu tapi tetep aku pengin titik

    ReplyDelete
  2. Mantep akh! Sejati banget dah Raung. Tapi mikir 7 kali dulu kalo diajak kesitu mah. Belom siap nganter nyawaa hahaa :/

    ReplyDelete
  3. Keren! Mau! Seru! Keren! Mau! Seru! Tapi kapan ya? Bersyukur kalian rapopo... :)) btw.. Ini ulasan penuh kata tai yak -___-"

    ReplyDelete
  4. ...Kita ga lagi dikejar Satpol PP.

    Emmmhh...punya pengalaman dikejar Satpol PP cen?


    @imanrabinata

    ReplyDelete
    Replies
    1. SSSSTTTTT!! Bicik kamu mas! Kentutin nih!

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Meraung lagi kayanya seru tuh om acen, top bgt lah

    ReplyDelete
  7. bikin sport jantung sekaligus titit mengecil maksimal <-- sekarang tititnya bisa ngembang lagi ga bang? buhahaha

    ReplyDelete
  8. Bikin makin ngiler sama ngeleper neh bang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha sejenis makanan Bang,
      enggak ding ngeleper itu perpaduan antara takut dan gemeter

      Delete
  9. Baca ini pagi2 sukses bikin gw ngeri.. ceritanya aja begini apa lagi aslinya..
    Langsung ah berangkat.. *lha katanya ngeri? hahahaha

    Tapi asli tetep ngakak dBagian Belerang Busuk bang.. :D

    ReplyDelete
  10. ga ada tombol like sekaligus share di google plus ta ini cen?

    ReplyDelete
  11. Aneh kentut ko bisa d request.. Itu manusia apa bukan..

    ReplyDelete
  12. hahaha bacanya ya ngeri tapi ngakak jg ngebayangin tim lo disana bang, ngebayangin lo nyebut2 nama Allah trs, tapi alhamdulillah kalian selamat semua sampe rumah masing2

    ReplyDelete
  13. Ga sabar nunggu album religiusnya keluar. Pasti gue beli!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innalillahi.... Gak usah diseriusin keleus

      Delete
  14. bng acen........................, awak sama kamu, #ehh bukan sama blog kamu hihihihi
    tulisannya keren :D

    ReplyDelete
  15. View nya kereeennn Cen... tapi kok tinggi amat ya? Kalo aku mendaki Raung mungkin bakal meraung kecapekan hahaha....

    ReplyDelete
  16. mantap bang, keep sharing info2 dan cerita perjalanannya

    ReplyDelete
  17. emejing, mantab perjalanannya

    ReplyDelete
  18. Mohon pembayaran invoice untuk video shooting dan editing sebesar Rp 17.850.000 cepat diselesaikan

    ReplyDelete
  19. Suka bacanya. Gunungnya sih extreme, tapi bisa jadi selucu ini.
    Semoga bisa terus main drama-drama-an di seluruh gunung Indonesia ya.
    Amin...

    ReplyDelete
  20. keren banget foto pendakiannya :* .. ngeri tapi keren abiss.. gunung raung wow banget :*

    ReplyDelete
  21. semoga ada daya untuk menuju kesana mas...

    kereeeeeeen

    --

    https://bukanrastaman.wordpress.com/

    ReplyDelete
  22. Bang baca neh tulisan .. Bikin penasaran jalurnya raung .. Tapi kok lutut gue uda ngilu duluan yak ...

    ReplyDelete
  23. Cuma baca dan liat penampakan tebing sama jembatan shirat AL-mustaqimnya ,,, bkin jantung berdebar,, megap-megap hampir henti napas,,, tapi kereennnn,, semua bisa dilalui,,

    ReplyDelete
  24. Rumahku yang di lereng gunung raung aja belom ada keberanian buat naek kesana, salut deh buat kamu dan teamnya.
    Kalo bisa minta transfer nyalinya mas biar aku tahun depan bisa ke puncak sejatinya raung.
    Hahahaa

    ReplyDelete
  25. keren semua tulisan di blog ini bikin w ketawa sampe nangis darah
    hahaha

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.