Kaleidoskop 2014: Perjalanan Jalan Pendaki

Wednesday, December 31, 2014



Gue aslinya gak paham banget konsep Kaleidoskop. Karena gue anaknya mainstream, ya udahlah, ikut-ikutan aja. Biar keliatan pinter dikit.

Jadi, what's on 2014 dalam kehidupan gue sungguh sangat bermakna. Banyak sekali perubahan dalam kehidupan gue, baik yang drastis maupun yang biasa biasa aja. Kadang juga penuh dengan kejutan-kejutan. But again, it's life, kalau gitu-gitu aja, ntar diketawain sama chitato, dia bilang kan,, life is never flat.

So, ditemani oleh theme-song backsound gue untuk tulisan ini,, OUTASIGHT- NOW OR NEVER,, here it is, my 2014 journey!


JANUARI 2014



And I can’t believe forever it seems to live out these dreams
When you start to think about taking a chance you can’t give a damn


Tahun ini menjadi salah satu tahun yang merubah segalanya dalam kehidupan gue. Dan tahun ini dimulai dari bulan Januari.

....YAIYALAH.

Di bulan Januari gue aslinya masih enak-enakan traveling around the Java. Iya, masih melanjutkan ke-murtad-an gue sebagai anak gunung sejak tahun 2013. Dari 2013, gue sangat jarang sekali mendaki gunung, menulis tentang gunung, yang ada malah jalan-jalan travelingan ke Malaysia (gratisan),  ke pantai, ke Pulau Jawa, kemana-mana dompet sanggup.

Oiya, di bulan ini status gue juga masih sebagai pengacara-pengangguran kebanyakan acara. Sok sok punya duit traveling kemana-mana, pas pulang, bawaannya pengen nangis liat ATM kosong. Saat itu, gue mengunjungi Gunung Prau dan Sikunir di Dieng, Wonosobo. Gak lupa sama candi-candia yang berserakan di antaranya. Laporannya bisa dibaca di Gunung Prau: Impian Dalam Kabut

Balik lagi ke ATM kosong, karena Tuhan Maha Baik, tau-tau gue dapet panggilan kerja di satu perusahaan yang udah gue lamar sejak beberapa bulan lalu, bahkan sebelum resign dari kantor lama, so.... semenjak pertengahan bulan Januari, gue bukan pengacara lagi!


FEBRUARY 2014



Huh I’m a hopeless romantic fell in love with a simple idea with a little bit luck and a whole lotta work 
I can make everyone of these visions real

Sebagai anak kantoran yang baik hati, rajin bekerja, dan humble [baca: karyawan baru yang belum bisa ambil cuti], maka gue berdiam diri menjadi anak rumahan, yang, berangkat pagi pulang petang penghasilan pasti. Gak ada yang menarik selain kaki gue gatel banget pengen kemana-mana ya Tuhan.....


MARCH 2014



So we don’t care what the people say and we don’t care what they want to do and we don’t care about it anymore we do what we want I ain’t wasting a no more time its now or never I’m about to get mine
It’s now or never I’m about to get mine
It’s now or never

Bulan Maret, menjadi salah satu moment perubahan kehidupan gue yang paling drastis. Yap, gue akhirnya punya Credit Card yang nantinya akan mempermudah hidup gue, sekaligus menyeret gue dalam kehidupan hedonis penuh cicilan yang harus gue bayar tiap bulannya. Syit banget. Tapi enak. Tapi syit. Ah gitu deh, guilty pleasure...

Jangan sedih, selain Credit Card, gue juga finally, memutuskan untuk beli motor. Cicilannya juga mencekik leher. Tapi, berkat punya motor, gue jadi makin aktif olahraga di GBK-Senayan, nonton di GI, muter-muter kemana-mana gak jelas, dan, yes, sendirian. Tengs udah nanya. Eh, gak ditanya ya?

Satu lagi, di bulan Maret, gue ternyata pertama kalinya mendaki Guntur, yang mana, gue nyerah dan minta ampun serta bersumpah serapah gak bakal balik lagi dalam waktu dekat. Tapi bulshit, dua bulan kemudian gue ke sana lagi! Laporannya bisa dibaca di Gunung Guntur: Pendakian 2249 mdpl.


APRIL 2014



We don’t care what the people say and we don’t care what they want to do and we don’t care about it anymore we do what we want I ain’t wasting a no more time its now or never I’m about to get mine
It’s now or never I’m about to get mine
It’s now or never

April! Salah satu bulan favorit gue karena one of my bucket list akhirnya bisa dicoret dengan gembira. Gue mendaki Gunung Merapi! Dimana gue disini akan bertemu salah satu punggawa komunitas Jalan Pendaki di masa depan, bertemu dua sejoli saling cinta tapi gak kesampean, dan hampir mati di lereng gunung. Selengkapnya, bisa ditengok langsung di Merapi (2913 mdpl): Dangerously Beautifull.


MEI 2014


It’s time to decide if its worth the fight or letting it slide
And I drew the line at wasting away or waiting to be saved
Yay y’all made my own luck in my head on straight and kicked up the dust
And the money well it don’t mean much I did it for the love and that was enough

Satu dari sekian banyak bucket list gue juga dicoret riang gembira di bulan Mei. Gunung Pangrango adalah gunung impian gue yang terganjal akan ketakutan gue, dan idealisme "musti mendaki bareng sama orang yang udah pernah". Berkat pendakian Pangrango, keberanian gue buat mendaki ke gunung yang belum pernah, bareng-bareng sama orang yang belum pernah, akhirnya terbuka. Sialnya, gue jadi makin sering manjat gaya nekat begini. Kisah komplitnya, ada di Gunung Pangrango: Pantang Menyerah Mencapai 3019 mdpl.


JUNI 2014



The way I dreamed it ain’t the way it played out missed every road that looked to be the safe route.
No directions I made my way out I don’t give a damn what they say no way now.

Salah satu gunung yang unexpected banget, gue datangi di bulan ini adalah Gunung Munara. Gunung imut-imut yang bisa ditempuh dengan sejam jalan kaki maksimal sampe puncak, kalo gak pake foto-foto ini, punya pemandangan ajibnya bukan main. Ah, ini jadi awal mula gue bisa mampir berkali-kali ke gunung ini dalam tahun 2014. Cerita selengkapnya ada di Gunung Munara: One Day Hiking.

Di bulan ini, gue juga resmi mengadopsi Iphone 5c berwarna hijau ngejreng sebagai teman gue naik gunug. Sejak pakai Iphone, gue gak lagi bawa-bawa kamera prosummer kesayangan gue. Cukup klik pake Iphone, hasil foto udah lebih dari memuaskan.

Bulan Juni juga merupakan lahirnya komunitas Jalan Pendaki, dimana sekaligus gue meluncurkan merchandise khas Jalan Pendaki, yaitu printed kaos unyu-unyu yang bisa dipesan disini. Ah, jualan kaos memang menyenangkan, paling nyenengin lagi pas ngeliat ada orang pake kaos Jalan Pendaki di gunung. Balik lagi ke komunitas, lahir di bulan ini, ternyata komunitas Jalan Pendaki bertransformasi menjadi komunitas yang makin solid, makin banyak membernya, makin hijau, dan sialnya, makin galau. Ah, baca aja selengkapnya soal komunitas di Tentang Komunitas Jalan Pendaki.


JULI 2014



We don’t care what the people say and we don’t care what they want to do and we don’t care about it anymore we do what we want I ain’t wasting a no more time its now or never I’m about to get mine
It’s now or never I’m about to get mine It’s now….

Gak ada yang menggembirakan lagi selain karya kita semakin diapresiasi orang dan juga berada dimana-mana. Yap! Mulai bulan Juni ini, gue resmi punya rubrik bulanan di HOG In Action magazine. Free-magz buat komunitas Harley ini memberi gue kesempatan buat menjajal peruntungan tulisan gue di kancah permajalahan. Meskipun masih sekup kecil, siapa tau next-nya gue bisa ngisi halaman destinasi di on-board magazine atau majalah besar mana pun toh? IHIR!


AGUSTUS 2014




We don’t care what the people say and we don’t care what they want to do and we don’t care about it anymore we do what we want I ain’t wasting a no more time its now or never I’m about to get mine
It’s now or never I’m about to get mine
It’s now or never.

Salah satu kebahagiaan gue, sekaligus, penyebab dari segala pegal-pegalnya kaki, pundak yang putus, dan punggung yang semakin bungkuk adalah mendaki 'Rajanya' Gunung Jawa Barat, apa lagi kalau bukan Ciremai. Yang bikin excited adalah dari segala cerita temen gue soal gunung ini, mau horrornya lah, jalurnya lah, segalanya. Tapi, finally, gue bisa mampir sini. Salah satu gunung favorit gue banget lah! Cerita selengkapnya, baca di [Bukan] Cerbung Gunung Ciremai: Meraih 3078 mdpl.

Ah iya, di bulan ini Open Trip Jalan Pendaki juga baru mulai mengembangkan sayapnya. Open Trip Jalan Pendaki adalah salah satu anak usaha gue dimana menyediakan tour ke gunung-gunung. Bulan ini, dimulai Open Trip Jalan Pendaki ke Gunung Papandayan. 


SEPTEMBER 2014



I’m about to get mine mine mine
Its about that time

It's a WRAP! Bisa dibilang bulan ini adalah bulan gue! Dimana umur makin bertambah tua, muka.... udah tua sih dari dulu, makin tua ya udah lah ya...

*dalam hati menangis*
*aku gak mau tua*
*aku mau ganteng*
*Tuhan kabulkan permohonanku*

Ulang tahun, tahun ini, gak sepi dari kado. Gak sesepi tahun-tahun sebelumnya. Selain kado, video-ucapan dari anak komunitas Jalan Pendaki bener-bener membuat gue terenyuh. Asli, gue nangis di kantor gara-gara mereka. Duh, makin cinta!


OKTOBER 2014



We don’t care what the people say and we don’t care what they want to do and we don’t care about it anymore we do what we want I ain’t wasting a no more time its now or never I’m about to get mine
It’s now or never I’m about to get mine
It’s now or never.

The MOST THRILLING moments of my life ada di bulan ini. Oktober. Yes, gue mengunjungi gunung yang katanya,, kalau lo udah mengunjunginya, lo bisa dibilang pendaki sejati. Karea, puncak gunung ini disebut dengan Puncak Sejati. Nama gunungnya, gunung Raung. Ketinggiannya, biasa aja. Elevasinya, biasa aja. Tapi medan tempuhnya.... LUAR BIASAAAAAA!!! Gue sampai bikin cerita berseri buat perjalanan gue ke gunung ini. Spesial banget lah! Baca lagi seri gunung Raung dari: Menggapai Puncak Sejati Raung: Di Surabaya.

Most Thrilling Moment kedua adalah gue menjadi pembicara di KOPDAR I JALAN PENDAKI. Yap, Kopdar kali ini adalah Kopdar Komunitas Jalan Pendaki yang diadain secara gede-gedean dengan cukup profesional, dimana gue jadi pembicara, lalu anak Japen dari ujung utara sampe ujung selatan banyak yang datang. Meskipun gue kalo ngomong di blog lancarnya khan maen, ngomong di dunia nyata gak semudah itu. Oiya, jadi momen paling membanggakan juga karena abis Kopdar, kami juga melakukan penggalangan dana buat Sinabung, besoknya, jalan-jalan ke LEUWI HEJO!


NOVEMBER 2014




We don’t care what the people say and we don’t care what they want to do and we don’t care about it anymore we do what we want I ain’t wasting a no more time its now or never I’m about to get mine
It’s now or never I’m about to get mine
It’s now or never.

Ada bulan-bulan bahagia, tentu aja ada bulan penuh kegalauan. Yap, semenjak pertambahan tahun, selain soal asmara yang selalu dirahasiakan, quarter life crisis juga menggerogoti pikiran gue. Di bulan ini, kegalauan gue memuncak dan mengakibatkan gue jadi nekat ambil jalan pintas. Yaitu, jalan-jalan ke Gunung Lawu sendirian via Candi Cetho. Kisah kegalauan gue selengkapnya, silahkan baca di Gunung Lawu: Menyembuhkan Hati di Ketinggian 3265 mdpl.

Ah, meskipun suasananya masih galau, tapi gue gembira. Pasalnya, di bulan ini ada kemping Ceria Pertama bersama Komunitas Jalan Pendaki. Sayangnya, gue masih belum bikin cerita buat kempcer ini. Hiks, Maafkan daku. 

Tapi intinya sih, gue SANGAT SANGAT BAHAGIA waktu kemping bersama mereka. Kayak.... bapak ketemu anak-anaknya. Duh, jadi kangen bokap.


DECEMBER 2014


Whoaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
It’s now or never
Whoaaaaaaaaaaaaaaaaaa
It’s now or never.

DESEMBEEEEERRR!!!

Di penghujung tahun ini sangat menyenangkan! Gue ada satu trip penghabisan tahun yang gak akan lekang dimakan waktu. Trip yang mengubah pandangan gue akan banyak hal. Trip yang super panjang. Trip yang membuat gue sms nyokap gue sesentimentil: kalo kenapa-kenapa, ikhlasin ya bu. Anjir, merinding lagi gue.

Yap, trip ini adalah trip ke Gunung Argopuro!

Karena masih baru banget, cerita seri pertama Argopuro, bakal gue posting di January 2015. Sebagai postingan pembuka tahun.

***

Ah, gak kerasa beberapa jam lagi, tahun 2014 akan segera berakhir dan berganti menjadi tahun 2015. Segala resolusi-resolusi yang belum pernah tercapai di tahun 2014, seperti mendaki Gunung Kerinci, semoga bisa gue realisasikan di tahun 2015. dan lainnya. Oh, 2014 awesome banget buat gue!

And...

I love how 2014 gives me such huge opportunities to fill some of my bucket list. May 2015 gives me more.

I love you, guys.

Thanks for reading, and.....


HAPPY NEW YEAR 2015!!!!!

You Might Also Like

7 komentar

  1. Kapaan yah gw punya niat dan jadwal padat tiap bulan kayak lo bang..
    Kayaknya gw harus jadi org yg lebih nekat!!

    ReplyDelete
  2. keduaxxxxxxxxxxxx.........

    keren pas di merapi sama raung

    ReplyDelete
  3. berasa kyak melototin fesbuk deh.. aaaargh Argopuro adalah gunung yg kudu gw skip ditahun ini, FAAAK..

    ReplyDelete
  4. Oktober 2014 ngebawa gue ke semeru dan omelan bonyok yang (tetep) gak ngizinin anak bontotnya manjat2 gunung.
    Dan akhirnya gue mutusin beli keril kemarin. Semoga gue bisa isi keril gue dengan cerita2 kayak lo dan pendaki2 lain bang :)

    ReplyDelete
  5. Acen keren!

    Happy new year from Cibogo :)

    ReplyDelete
  6. Keyeeen tiap bulan punya cerita. Aq apalah...kpan muncak bareng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halaaaaahhhhh abang kan traveling mulu jugaaaaaa

      Delete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.