Gunung Batu Jonggol: One Day Hiking Emesh

Tuesday, January 13, 2015



"Bang, gunung batu kan deket rumah gue. Lagi ngehits tuh!" kata Tople, temen se-per-obat nyamukan di Pendakian Argopuro kemaren. Ah, ceritanya Tople di Argopuro, baru akan muncul di episode akhir-akhir sih. Hm. Yasudlah, anggap aja udah kenal lah ya.

"Yang bener, Ple? Kata anak-anak Jalan Pendaki, Gunung Batu lagi ngehits juga tuh! Sabi lah, Ple, ke sana!"

"Yoi bang, cuma 30 menit aja dari rumah. Jadiin lah, bang, gue tunggu di Cibogo City!"

"Ci.... bo.... go........ City......."

***

Sabtu kemaren,

Tanggal 9 January 2015. Di sela-sela gue lagi nulis buku kedua gue. Iya, alhamdulillah yah, project buku kedua gue akhirnya bergerak lagi. Doakan segera terbit di bulan-bulan ini yah. Duh, deg-degan. Lah. Lanjut cerita, akhirnya gue memberanikan diri buat mengunjungi Cibogo City. Daerah yang belum pernah kebayang sebelumnya. Kata si Tople, bahkan kita bisa dapet sunrise yang maknyus di sana. Masa iya sih di Bekasi masih ada sunrise yang instagram-able?

Oiya, lupa ngasih tau. Buat yang belum tau dimana Cibogo City, jangan sedih, gue juga baru tau, kalau Cibogo adalah satu daerah yang masuk ke Kabupaten Bekasi. Tapi lokasinya berbatasan sama Jonggol, Cariu, Bogor. Gitu deh.

Tenang, menuju ke Cibogo gak perlu pakai roket. Cukup pakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, bawa surat-surat lengkap, serta jiwa yang kuat dalam menghadapi kawanan Optimus Prime di perjalanan nanti.

Cibogo City gue tempuh cuma dalam waktu 1,5jam aja dari kosan gue di Depok via Juanda lurus terus sampe  Cibubur lurus terus sampe Cileungsi lurus terus sampe perumahan Grand Nusa Cibubur lanjut terus sampai perumahan Citra Indah, Jonggol. Kemudian...... gue nyasar sampai Cariu. Fak.

Kata Tople, "bang, nanti kalau ada perempatan abis Citra Indah, belok kiri,"

Ternyata yang dimaksud perempatan adalah pertigaan. Gue.... pengen menombak Tople saat itu juga.

***



"Bang, nanti lo bakalan liat di jalan, pemandangannya wuihhh..... Masih ijo semua!"

Dan itu bukan isapan jempol semata. Sepanjang perjalanan dari Cibogo menuju Gunung Batu, gak ada hal yang gak bisa bikin gue ternganga. Coba, cuma berjarak dikit dari Jakarta, lo bakal nemuin areal persawahan yang masih luaaaaaaaaassss banget! Macem sabana. Terus terus, jalanan masih sepiiiii banget! Itu siang-siang sambil nyetir Roxxane, gue udah teteriakan heboh ngeliat pemandangan tadi. Coba gue gak buru-buru, udah gue foto deh!

"Bang, nih, perhatiin deh jalanannya. Kalau masih di hotmix gini, artinya, kita masih di wilayah Bekasi. Tapi ntar kalau udah aspal, kita berartii udah di wilayah Bogor..."

"Lha bisa gitu.... Hahahahahah...."

"Dih, gak percaya....."

Lima menit kemudian, gue bener-bener ketemu perbatasan antara jalanan hotmix dan jalanan aspal. Syit. Bekasi sama Bogor beneran sebelahan!

***



"Ah yakin lo, Ple dimari? Gak keliatan gitu jalurnya!"

Gue menyangsikan jalur pendakian Gunung Batu yang dipilih Tople. Katanya, ada dua Gunung Batu, yaitu Gunung Batu Satu dan Gunung Batu Dua..... gue agak nyesel juga jelasinnya, soalnya cuma beda di angka. Cih. Jadi, katanya, Gunung Batu Dua inilah yang lagi ngehits dan ramai di perbincangkan, Sementara Gunung Batu Satu, yang jarang didaki tapi konturnya kok ya kayak Gunung Batu yang ngehits itu. Ah, gak jelas deh pokoknya.

Oke lanjut, setelah memaksakan Roxxane mendaki jalur sempit dann berantakan menuju pintu masuk pendakian Gunung Batu Satu, yang kayaknya bukan Gunung Batu yang kami tuju, gue makin gak yakin pas ketemunya cuma jalur ladang gak jelas, terus ada pohon duren, terus ada monyet, ah pokoknya gue yakin bukan jalurnya.

"Ayolah bang, udah sampai sini. Bet bet bet aja udah! Cepet kok! Paling setengah jam!" paksa Tople.



Kalau dirimu perhatikan, coba, bagian mananya yang bisa dipanjat dalam waktu setengah jam? Jalurnya aja gak jelas gitu kan? Pantas dong gue merasa ragu. Mana udah sore banget.

"Kayaknya, jalurnya itu yang tadi belokan ke kanan dulu deh, bukan yang ini..." kata Bange, temen serombongannya Tople di Argopuro juga, yang selalu diintilin Pipit, calon istrinya. Iya, tengs, gak usah diingetin soal kejombloan gue. 

"Nah, bener tuh, yuk makin sore nih!"

Setelah beranjak dari sana menuju jalur yang sekiranya benar, Roxxane makin kerja keras. Mesinnya makin menggerung pas ketemu tanjakkan tinggi dan berbatu. Kasian banget lah si Roxxane. Maafin bapak, nak. Asli, kayak beneran lagi mengulang pendakian Argopuro, tapi ngojek. 

.....gue tukang ojeknya.

***



"Beneran ini gunungnya! WOHOOOOOOOOOOO!!!"

Kemudian gue, Tople, Bange, Pipit, teteriakan sambil lari-lari unyu mendaki puncak Gunung Batu. Ah, ini gunung, asli, meskipun sifatnya lucu-lucuan kayak Gunung Munara, yaitu gunung yang bisa diselesaikan cuma dalam waktu beberapa jam, ah gak sampe sejam ding, cuma setengah jam sampai puncak, tapi bisa banget bikin engap plus.... KECE BANGET PEMANDANGANNYAAAAA SUMPAHHHHHHHHHH ANGINNYA SEGAR KACAU AKK PENGEN BALIK LAGI SEGERA!






NB:

Gunung Batu Jonggol lokasinya udah masuk Cariu, Bogor. Sepenglihatan gue, agak susah kalau musti ngangkot-ngangkot. Gue saranin bawa kendaraan sendiri aja, kayak motor, mobil, pikap, helikopter. Lalu, di puncaknya, ada serangga kecil-kecil emets, tapi kalo gigit sakitnya khan maen. Eh, bukan cuma agak ding, tapi banyak banget jumlah binatang sialan ini. Terus, gosipnya, kalau cuaca lagi bagus banget kayak pas kemarin gue datengin, ini gunung paling bagus sunrisenya, kalau mau dapat sunrise, disarankan ngecamp. Berangkatnya dari sore aja. Oiya, BINTANG MALEMNYA AJIB LAH KHAN MAEN!

Tapi gue pribadi sih gak ngecamp, cuma main pas maghrib-maghrib doang. Mengingat tempat campnya gak menarik dan gak ada air. Oiya, buat yang mau tektok, jangan lupa juga bawa air minum dan jajanan yang banyak. Di jalur Gunung Batu, gak ada warung yang jualan makanan. Cuma ada satu-satunya warung, itu pun biasanya dipakai buat penitipan motor.

Pada akhirnya, seperti apa yang gue sampaikann di postingan gunung Munara, gue cuma mau bilang, Gunung Batu ini alternatif tujuan pendakian kalau dirimu gak punya waktu lebih buat mendaki. gak perlu ngecamp, gak perlu nyewa tenda, gak perlu bunuh-bunuhann sama temen soal pembagian logistik, dan kamu akan disuguhi pemandangan yang SUPER awesome!

Sekian dan terima cinta. #lah




UPDATED:
Jadi ceritanya kemarin, tanggal 3 May 2015, hari Minggu, gue baru banget menyambangi lagi Gunung Batu bersama seorang teman demi nyari spot buat foto kaos JLNPNDKI. Mau tau apa? Gunung Batu berubah total sekarang!

Waktu pertama dateng, gue bilang cuma ada satu warung, itu pun jaraknya jauh dari pos awal pendakian. Sekarang? Warung dimana-mana, bertebaran! Parkiran juga dimana-mana. Di satu sisi, gue merasa senang karena bisa jadi mata pencaharian warga sekitar, di sisi lain.... gue...... *menghela napas

Kondisi jalur pendakian juga sekarang beda banget. Dulu rasanya gue engap kayak mau matik. Sekarang, kok kayaknya jalurnya semakin pendek. Terlebih semakin banyak semak-semak dipangkas, jadinya keliatan lebih gundul. Tapi bagusnya, tali pengaman ada dimana-mana, so lebih safety. Ada dua bendera juga di puncak gunung batu. Makin banyak yang ngecamp juga.

Ngomong-ngomong soal safety, beberapa setelah pulang dari Gunung Batu, ternyata ada seorang pendaki yang dikabarkan jatuh dan meninggal dunia. Banyak sekali yang gak nyangka, gunung gemes kayak gini makan korban, lagi-lagi, meskipun gunung gemes, ingatlah akan keselamatan kita, gunakan gear yang layak. Liat kanan kiri. Jangan pecicilan. Intinya, kita naik gunung untuk turun lagi dan sampai rumah dengan selamat, kan?

Oiya, sama-sama doain kawan pendaki kita yang meninggal tadi yuk, agar dapat diterima di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. :')

dipesan kakak kaosnyaaaaa




UPDATED:
Karena banyak yang nanya soal Rute Gunung Batu Jonggol yang udah jelas-jelas gue tulis di atas bahwasanya gue cuma nebeng jadi gak begitu paham jalan, mana jalurnya beda sama jalur biasanya, tapi masih nanya juga, berikut gue share:

RUTE: 
NYONTEK BANGET dari BLOG INI (klik untuk baca tulisan lengkapnya).

  1. Jika dari arah Cibinong, Cibubur, Bantargebang maka ambil arah ke Cileungsi.
  2. Setelah berada di Flyover Cileungsi, maka anda harus mengarah ke Jonggol melalui tempat wisata MEKARSARI dan Peum. Citra Indah.
  3. Ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan pertigaan yang ada tugu BOGOR BERIMAN dan disana ada penunjuk arah ambil ke araha Cariu/Cianjur. atau belok kiri di pertigaan tersebut.
  4. Setelah kurang lebih 5 Km  ada pertigaan lagi namanya pertigaan Mengker . Letaknya dikanan jalan dan berdampingan dengan Minimarket alfamart dan Sekolahan.
  5. Segera anda belok kanan dan telusuri jalan tersebut tanpa harus belok-belok sejauh kurang lebih 20 km.. 
  6. Sampai akhirnya, anda akan melihat gunung batu tersebut pertanda akan segera sampai.
  7. Jika sudah dekat, maka fokukan penglihatan anda ke penunjuk jalan, namanya " Jalan Gunung Batu" letaknya dikanan jalan.
  8. Maka sampailah kita di kaki Gunung Batu ditandai adanya warung jajanan. persis di bawah gunung batu.
  9. Titipakan kendaraan anda ke pemilik warung tersebut, Insya Allah aman.. dan jika ingin mengambilnya berilah tips sepantasnya karena tidak dipatok tarif.
  10. TAMBAHAN Jika anda bingung dan ragu akan rute kesana, jangan sungkan untuk tanya ke penduduk sekitar. Insya Allah, tidak akan disesatkan.



Seperti biasa,

Take nothing but pictures.
Leave nothing but footprints.
Kill nothing but time.

Happy mountaineering!

You Might Also Like

93 komentar

  1. Udah bang, udah cukup, baru jadi wacana minggu lalu sama tmn gue, eh lo udah kesana aja.. curang bet lo bang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah maaf ngeduluin.. bukan maksud abang dik...

      Delete
  2. waaah gunung batu menarik banget nih...
    pembaca baru nih ane, ajak2 dong kalo ada yg deket2 ga makan waktu lama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hab, lau lupa banget ya sama gue?? :((

      Delete
    2. hahahaha tenang cen, gw inget lah sama lau :D
      cuma mw berkesan orang baru aja di sini hehehe...

      kapan ini jalan bareng lagi??
      gw masih sering jln2 sama yg caving goa kemaren :D

      Delete
  3. Keceh bang, keceh!!!
    Ini gue ke Munara aja belom jadi, elo udah ketempat lain lagi.
    Semoga temen-temen gue punya kesadaran untuk ngajak gue ke gunung lagi, Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang bang, kayaknya Sabtu itu tanggal 10 bang bukan 9.
      Kalau jones itu emang suka lupa tanggal/hari ya bang? *kabur ke pondok salada*

      Delete
  4. Waw luar biasa mas acen S.Rng, S.Argp

    ReplyDelete
  5. Cibogo city..haha
    Jd keren yaa di tulis mah..

    Mantapp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih kayaknya ada penghuni cibogo city nihhh

      Delete
  6. baru tau ada beginian di ujung bekasi :)) ini sering dipake orang buat ngecamp ga sih kak?

    ReplyDelete
  7. Thankyou tulisannya bang~ td plg kondangan dr Jonggol mampir ke Gn Batu. Masih pake batik dan heels. Niatnya cuma mau liat jalur kesana aja. Eh pas nyampe, yaelaahh segitu doang. Xixi.

    Muncaklah dgn sunset kece td sore~ uwuwuwu bahaagiaaaa. Krn Gunung2 mdpl 2000lebih lg pd bobok. Knp gak kesini ajaa~ yaakaannn.

    Mbak shufi : bisa kok mbaa td ada 3 rombongan pd bawa tenda. Cuman lbh safe tenda agak kebawah di deket pohon nangka. Krn di atas anginnya kenceng bgt :(

    ReplyDelete
  8. saya ada niatan kesana bang,cuman blm ada temen barengan.

    cibogo yang dimaksud,cibogo ciranjang apa bukan ya bang?
    kalo ada niata kesana lagi, abang2 atau mba2 boleh lah,izinin saya ikut bareng,sekalian nambah saudara juga.
    pin bb:7CB9C6D8

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kurang paham deh ciranjang apa bukan hahahhahh. Siap, nanti kalau mau ke sana lagi, kita kabarin.

      Delete
    2. bukan ciranjang tapi d jonggol, bogor. klo ciranjang udah masuk daerah cianjur kan ya?

      Delete
  9. Suka sama tulisan nya. Makasi info nya. Lumayan untuk pendaki pekerja 😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youuuu! Sering-sering mampir yahhhh

      Delete
    2. ndiii indii.. hari minggu jadi ke gunung batu kan sama deting? yuk cuuss!
      babang acen mau ikutan gaaakk? ;)

      Delete
    3. Lah hayuk de.. Minggu depan aja. Biar rame yak. Ajak yg lain sih.. Biar ada tebengan nya kita. Hihi

      Delete
  10. Bang mohon info rute dong dr depok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma itu aja tadi, yang penting sampe jonggol dulu, trus nyari ke cariu. Tanya2 deh sama orang lokal hahahaha

      Delete
    2. info tambahan, nnti klo ktmu pasar cariu luruss aja. skitar 1 km dri sana ada perempatan trus belok kanan, slah itu luruss terus nnti juga smpai k gunung batu.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Bro, ente bawa motor yah? bisa di ajak sampe bates mana ya mtrnya?? terus aman gak menurut ente kalau di titip di bawah kendaraannya? jika memang agak jauh dari puncaknya

    bdw pemandangannya bagus nih, gak kalah ama tebing keraton (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada penitipan motor kok, di warung gt. Aman aja, soalnya emang udah biasa bro. Thank youu

      Delete
  13. SeLasa besok meLuncur aah.. :V ahahaha..

    ReplyDelete
  14. Besok sabtu yg mau kesana inpo inpo ya 089626065763. Makasih banget bang acen buat tulisannya ya :D ane tertarik plus mau langsung meluncuurr

    ReplyDelete
  15. Enaknua ngecamp apa gak ya bro?? Sunset apa sunrisenya yang bagus bro??

    Rencana sabtu atau minggu mau meluncur

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau ngecamp deket pohon nangka, di puncak angin serasa badai. Yang bagus sunrise, tapi sunset gak kalah keren kok..

      Delete
  16. ngeliat pemandangannya jadi pengen cepet cepet beberes koper, trus cap cus ke gunung batu

    ReplyDelete
  17. Bayarr gakk ? Aslii kerenn abiss .. jdi ngilerr
    sehari tektok cukup berarti yaa?

    ReplyDelete
  18. Bang mohon info dong. Kalo dari stasiun bogor naek apa?? Mau Ngangkot nih. Makasih

    ReplyDelete
  19. daerah saya enak jugaa yaaaaaaaaaaaaa.mantaaapp.Interesting view

    ReplyDelete
  20. Hari minggu saya mau kesanaaaaaaaaaaaaaaaaa :*

    ReplyDelete
  21. Tinggian Gunung batu apa gunung munara bang?Istimewanye entu di GuBat apedah bang macen ??? gw maren habis dari munara mantaaplah naik turun tanpa alas kaki,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang acen trisusanto ..salam kenal dari saya orang gunung batu

      Delete
  22. Ajib itu usulan menarik bgt bawa kendaraan pribadinya helikopter :) dimana ya leasing heli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambang bang ada bnyak lapangan luas koq....

      Delete
  23. Barusan pulang dari sini, sunrisenya kece bener dah bang

    ReplyDelete
  24. njir gunung batu berarti gunungnya batu semua yah ?

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Optimus Prime...hadehhhh hahahahaha lucu lucu lucu,,maksudnya truk gandengan ya,,xixixixi,,keren banget gn batu,,recommend banget deh,,next trip insya Alloh. thnk infonya

    ReplyDelete
  27. padahal ga jauh dari rumah gua (cileungsi) tapi gua baru kesini kemaren ini, dan ini jadi pendakian petama gua :|
    keren, cukup menantang.
    cuma saran aja kalau ke gunung batu pas cuaca bersahabat aja, soalnya kalau lagi hujan jalurnya licin banget. pas naeknya ga terlalu sulit, tapi pas turunnya dijamin deh kaya maen prosotan di kolam renang, licin banget, kalau ampe terperosot ke jurang bahaya banget. gua aja kemaren ampe berkali2 jatuh bangun pas turunnya sambil bantuin para wanita turun, yg ternyata cowok2nya lanjut ke puncak dan cewek2nya ga berani untuk lanjut karena jalannya yg licin dan curam, dan akhirnya ikut turun bareng gua..
    pokonya tempatnya keren deh, dan untuk penitipan motor/mobil sudah ada dibawah untuk motor Rp 10.000 dan untuk tari mobil gua tau deh,soalnya gananya. hehehe
    niatnya minggu depan mau kesana lagi bawa temen2 yg laen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari tangerang enaknya lewat mana yah bang

      Delete
  28. jadi apa bedanya gunung batu 1 dan 2?

    ReplyDelete
  29. Ya mana tau dah,... kan belum datangke salah satunya. Gimane ente hahahaa

    ReplyDelete
  30. Bang. Kalo ke gunung batu ada angkutan umumnya ga?

    ReplyDelete
  31. Asik euy. Di Padalarang (Bandung Barat) juga ada yang lagi ngehits, Stone Garden.

    ReplyDelete
  32. Sebagai warga Cileungsi dan sebagian besar waktu dihabiskan dikostan di Dramag, saya heran kenapa nggak pernah kesini maupun ke Munara... *sigh* *sob*

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Ayukklah jalan besok ke Munara ...

      Delete
    3. Warga Cileungsi juga? Udah 3 minggu di Drama, belum balik-balik ini -_- . Sedang merencanakan hiking ringan di sekitar Dramaga aja, hehehe

      Delete
    4. ya ampun panjang ya percakapan kalian hahaha

      Delete
    5. Baru nyadar salah tanggap saya, hahaha. Itu yang jadi korban terangganya temen saya. Katanya sih, pas mau nolongin temennya yang jatuh juga.

      Delete
  33. kereeen...mauuu kesana minggu besok... dri pagii ajah biar bisa ngangkotnya sepiii.... yuk meet up di atas sm temen2 baru lainnya..n

    ReplyDelete
  34. bagusss.berasa baca novel bang,enak bahasa nya.

    ReplyDelete
  35. Good info banget bang buat mahasiswa yang kerjaannya berangkat pagi pulang malem, thanks bangggg.

    ReplyDelete
  36. Besok ada yg mau ksana saya dri cileungsi

    ReplyDelete
  37. gue tanggal 16 nanti rencana mau kesitu tuh Bang, baca postingan bang Acen makin gasabar buat selfie disitu wkwkwk

    ReplyDelete
  38. mas acen cara poto digunung biar bagus gitu gimana sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anu, gimana yaaa, pake feeling, kamu coba contek2 aja gaya2 fotoku, lalu coba foto kayak gitu... cobain dlu aja

      Delete
  39. yg mau ke gunung batu hati2 aja.
    denger2 kemaren gunung batu ini memakan korban, ada meinggal karena jatuh dari atas gunung batu ini.
    dan katanya gunung ini sekarang "sementara" ditutup. gatau deh ampe kapan ditutupnya. kata temen yg rumahya dekat gunung batu sekarang lagi direnovasi dulu dan ga lama juga dibuka lagi.
    intinya jngan meremehkan gunung dan utamakan keselamatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Randy, kemarenan kaan gue di sana juga, tapi kejadiannya pas gue udah balik, katanya kejadian kan jam 2an siang, gue dah balik dari jam 1an.

      Delete
  40. keren bener puncak gunung batu ini
    emang ngeri2 sedap ya ... lihat jurangnya
    indah tapi mematikan ... he he ...

    ReplyDelete
  41. izin copas ke blog travelojay.blogspot.com yaa kk :)

    ReplyDelete
  42. View-nya lebih bagus daripada Munara sih. Boleh lah nanti docoba kalau ada ajakan ke sana.

    Btw..
    Gue mesam-mesem sama tulisan penutup lo di bawah. Jujur gue rada bingung sih, tapi kayaknya para pembaca non-blogger itu memang lebih mencari orang untuk ditanyai daripada tulisan untuk dibaca. Gue juga sama banget, mas. Tapi, yah, blogger memang harus sabar. Anggaplah pembaca itu adalah customer yang harus dipuaskan.

    ReplyDelete
  43. kak di gunung batu ada kembang edelwiesnya nya gak? *uhuk xD

    ReplyDelete
  44. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai gunung batu jonggol.Benar benar sangat bermamfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  45. Thanks infonya bang, hari minggu besok rencananya mau kesana :-)

    ReplyDelete
  46. pen ngejar sunrise, dari lippo cikarang berangkat jam 3 pagi ngejar gak yaa??

    ReplyDelete
  47. Siang mas
    Rencan minggu ini sya mau ksana. Apakah baik di musim hujan bgini?
    Apakah ada nomor tlp pos pengawas di gunung batu tsb?
    Tks

    ReplyDelete
  48. salah satu fotonya dihapus dong bang, bikin BAPER, tau yang mana kan?

    ReplyDelete
  49. mau tanyaa dong bang, emang pas mau ke batu pasti ngelewatin jalur hutan yang serem banget dan sepi ya?

    ReplyDelete
  50. Besok ada yang mau k gunung batu g...
    K sana bareng yok lagi galau niehh pengen tau juga

    ReplyDelete
  51. Wow sangat menarik sepertinya bang jadi kepingin naik ke Gn.batu walaupun sebelumnya belum pernah naik gunung sih hehe..Tapi kita ada rencana dari cikarang insyaallah kesana besok tgl 24-April-2015 monggo abang/tante/mas/teteh kalo mau bareng silahkan biar tambah sedulur trimss

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.