Diary Pendakian Gunung Argopuro 6: Pasti Ke Argopuro Lagi

Wednesday, April 22, 2015





Argopuro nih bener-bener deh....

Tapi... begitu tau tau sampai Danau Taman Hidup.....

Gak ada lagi kata-kata yang bisa gue ungkapkan. 

INI. DANAU. MORE THAN. AWESOME.

***

"Mas, katanya di Danau Taman Hidup ada ikan segede bis ya mas, makanya orang-orang pada gak boleh berenang?" tanya gue antara polos, bego, campur penasaran.

Kemudian gue diketawain orang se-RT. Yaiyalah!

"Kalau ada ikan segede bis mah, udah pada mati kali orang-orang dari dulu...." jawab mas mas kepala suku rombongan si princess ngeselin yang gue tanya itu. Anyway, di Danau Taman Hidup, baru ketahuan ramainya Argopuro ini. Ternyata banyak rombongan yang memilih jalur terbalik dari arah pendakian kami. Kalau gue bertiga dari Baderan-Bremi. Kalau yang banyak ini dari Bremi-Baderan. Katanya Bremi-Baderan lebih cepat dan bisa langsung ketemu Danau Taman Hidup lalu puncak Argopuro dan kawan-kawannya, tanpa perlu ketemu panjangnya jalur menuju Cikasur dan lain-lainnya.

"Bikin tenda sekitar sini aja, mas. Di sekitar danau, airnya agak tinggi, becek juga, jadi gak bisa buat nenda..." lanjut mas-mas yang tadi.

Dan rombongan campuran Bekasi-Depok ini langsung mencelat begitu liat lapak, dan bikin tenda. Kelar bikin tenda, ujan deres tiba-tiba. Bye. Tapi selesai ujan yang turun lagi di bawah langit bru kayak lagu lama itu, gue dan tople berniat ngambil air buat masak sekaligus nyuci nesting di sekitaran danau.

Pas sampai danau....

....Danau Taman Hidup adalah danau paling fotogenic dari berbagai angle, presisi, komposisi, dan sudut. Tetap cantik baik diambil pake kamera dslr, gopro, kamera hp samsul, andromax, iphone, maupun nokia jaman dulu yang segede batu bata. Danau Taman Hidup..... bener-bener bikin hidup!




Asli.

Gak perlu kamera canggih buat mengabadikan keindahan Danau Taman Hidup. Bahkan, mungkin gak perlu kamera. Cuma perlu hati yang tulus, lapang, dan mulut yang senantiasa mengucap syukur karena telah diberi kesempatan melihat indahnya Danau Fotogenic ini, niscaya, memori itu akan terekam selamanya di otak. Selamanya.

***

"Bang, lo yakin belum mau tidur?" nyinyir Sandy waktu gue masih asyik di luar bareng rombongan Bekashi. Tople, si obat nyamuk 2.0, Pipit dan calon suaminya yang senantiasa mesra di hadapan kami, Bange. Rasanya...... aku ingin mencelupkan diri di Danau Taman Hidup setiap kali melihat kemesraan mereka.

Saking seringnya nanjak bareng Sandy, dia tau banget kalau gue gak bisa begadang di gunung. Biasanya, tenda udah dibangun, dan hari sudah mulai gelap, gue udah siap-siap bobo cantik di tenda. Kadang sih niatnya bobo-bobo ayam lucu gitu, eh kebablasan sampe pagi. Berhubung Argopuro ini kece, gue berjanji gak akan bobo sampe larut malem. Kali aja bisa dapet bintang jatuh.....

"Gak, San. Gue berjanji gak akan bobo cepet malam ini! Kan udah ada temen seperobat-nyamukan, ya gak Ple?"

Pas nengok Tople, dia lagi bengong dengerin lagunya Iwan Fals. Anak OI banget dah, haft.

Malam makin larut, dari ngobrol ngalor ngidul, makan seblak bikinannya Pipit yang aduhai pedesnya, berulang kali minum kopi dan coklat, main domino sama si gendut tetangga tenda sebelah--dan gue kalah mulu, sampai akhirnya, semua orang masuk tenda satu-satu dan cuma tersisa gue dan Tople. Perpaduan dua cowo jomblo menahun yang terlalu menghayati perannya sebagai obat nyamuk di pendakian kali ini.

"Ple, tidur luar aja?"

"Ayuk! Siapa takut! Tapi gue lama tidurnya bang....."

Gak lama dia ngomong, kemudian dengkuran halus muncul darinya. ANAK SYETAN!

Ini pertama kalinya gue tidur di luar tenda cuma dilindungi flysheet, meskipun gak dingin-dingin amat, tapi gue merinding kedinginan. Sepengetahuan gue, wilayah hutan di deket danau Taman Hidup ini emang angker. Baru ngebatin gitu, tiba-tiba.... ada yang terbang-terbang melintas. AHELAH!

"Ple, gue mau masuk tenda! Bye!"

***




Pagi itu menyapa kami dengan riang. Aku beserta teman-temanku melakukan ritual pagi yang.... blah. Ngapa tulisan gue jadi begindang. Tapi ritual pagi mana lagi yang bisa dilakukan di tengah gunung, dekat dengan sumber air, dalam cuaca yang cerah cumirah selain......

.....nyuci nesting?

Ah, hidupku sia-sia. *sambil ngosokin nesting pake rumput basah*

Tapi meskipun begitu, nyuci nesting di Danau Taman Hidup pun menjadi begitu spesial, karena kapan lagi nyuci nesting di danau sekece ini?

Waktu berlalu.

Saatnya gue dan rombongan musti berpisah dengan Danau Taman Hidup, Cikasur, Rengganis, dan beragam lokasi kece lainnya yang terangkum dalam gunung Argopuro. Ah, gue udah gak sabar lagi bakal ketemu rumah, penduduk, mandi, dan beragam bau-bauan khas makanan ala peradaban. GUE KANGEN SATE AYAM YA TUHANNNN!

Katanya, dari Danau Taman Hidup ke basecamp Bremi cuma memerlukan waktu 4 jam aja. Pastinya kami jadi lebih semangat turun. Tapi, jalur turun ke Bremi ternyata memang bukan isapan jempol semata. Terjal, liat, dan karena abis ujan, tambah licin!

Gak keitung berapa kali Tople dan gue kepleset nggelinding lalu ngakak, lalu kepleset lagi, lalu ngakak lagi, tapi entah kami yang stamina makin berkurang, entah emang jalurnya panjang, kok rasanya gak sampai-sampai.

"Pak, ini bener jalan ke Bremi tinggal lurus aja?" tanya gue ke kakek-kakek yang lagi duduk-duduk santai di depan sepedanya yang penuh rumput, kayaknya sih buat makan ternak.

"Iya dek, lurus aja."

"Tuh kan, bener kata gue lurus! Makasih, Pak!"

Begitu jalan sebentar, gue ngeliat ada kubangan air. Agar stay clean and dry (padahal gue udah kayak gembel), gue menghindari kubangan air itu dengan loncat-loncat keci menggemaskan ke sebelah kiri. Tapi....

"HET......."

BRAKKKKKKK!!

"WAHAHAHAHAHAHHAAHAHAHAHA"

Gue kepleset dengan manja. Dan Tople ketawa sampe rahangnya lepas.

End.

***


For sure, gue pasti balik lagi ke Argopuro. Pastik!

Mau ikut?

You Might Also Like

52 komentar

  1. Mau ikuuut... ><
    Danaunya cantik banget, subhanallah

    ReplyDelete
  2. Ikut bang..
    Pinang aku bang dengan Bismillah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha ini minta ikut apa minta dilamar.... -____-"

      Delete
  3. Mau ikut Bang :( tapi gendong ya kalau ku gak kuat?

    ReplyDelete
  4. Mau ikut lah bang. Kalo nggak ke Argopuro, ke Kerinci juga boleh :)
    Besyukur nemu Tople karena bikin bang acen jadi lebih idup, hahaha. Ah tapi gue juga biasa jadi obat nyamuk sih bang kalo naik gunung. Biasanya sih kalo naek gunung ada pasangan kekasih juga dikelompok gue. Nasibbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyan, anyway kerinci boljug tuh!

      Delete
    2. Bang, bikin acara daki bareng lah. Tapi kalo ke Kerinci mah terlalu extreme sih, aku takut beloman mampu, hehehe

      Delete
  5. iyesss selesai bang? gue mau ikut bang mauuuuk, abis gue wisuda ya hehe (berburu dengan dedlen) semoga kesampean amiin

    ReplyDelete
  6. Bisa jadi Bang, siapa tau ikannya herbivora. Mueheheh.. :P

    ReplyDelete
  7. hahahaha.. berkali" baca tulisan kaga pernah bikin bosen bang,
    makasih loh ya , kehadiranmu telah memberikan warna di hidupku .
    #taburbunga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebentar.... memberi warna sih oke yah,

      tabur bunga.....

      ....aku merasa kayak abis dikubur! :(((

      Delete
  8. Alhamdullilah selesai juga, setelah sekian lama menunggu endingnya,,
    Kereeeeeeeen,

    ReplyDelete
  9. Danau taman hidup emang ngangenin bang, aku pernah denger juga tentang ikan segede bus. Katanya sampai sekarang masih ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mitos apa beneran sih, aku masih gak yakin dehh

      Delete
    2. Katanya orang2 beneran bang, tapi pas aku tanya sama warga, malah di ketawain juga , hahaha

      Delete
  10. keren amat tulisannya ,lucu bang

    ReplyDelete
  11. Duh foto di danau itu menimbulkan kesan mistis. Liat foto2 danaunya gak nahan, kece banget. Mesti stamina yang prima yah kalo mau kesini.
    salam

    ReplyDelete
  12. keren bro! jadi pengan ndaki kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersegeralah nak, sebelum argopuro jadi kayak pasar malem juga

      Delete
  13. hahaha, mantep banget cerita2nya bang, kocak abiss, jadi makin ngefans sama japen..

    ReplyDelete
  14. keren om,
    btw ini yang bikin video " cerita dari argopuro " ya om?

    ReplyDelete
  15. Eh, ajak-ajak gue dong kalo ke Argopuro lagi. *modus*

    Tapi emang bener, danaunya bagus banget! Rasa-rasanya pengen duduk seharian sambil seruput kopi item terus mandi-mandi lucuk deh.

    ReplyDelete
  16. salam kenal om,

    fotonya diatas keren-keren

    ReplyDelete
  17. Tau ga bang?
    tiap kali stalkingin japen, bawaannya gemesh mulu kalo baca tulisan2nya, terutama gaya bahasanya, seru-seru lucu gimana gitu..
    Bikin mupeng iya, ketawa juga iya..

    Anyway,
    Keren binggo bang sumpaaah.. Danaunya..

    ReplyDelete
  18. Tau ga bang?
    tiap kali stalkingin japen, bawaannya gemesh mulu kalo baca tulisan2nya, terutama gaya bahasanya, seru-seru lucu gimana gitu..
    Bikin mupeng iya, ketawa juga iya..

    Anyway,
    Keren binggo bang sumpaaah.. Danaunya..

    ReplyDelete
  19. ,,juli saya mo ksini ,,mantab ceritanya bg

    ReplyDelete
  20. bang mau tanya, emg ke argopuro kena biaya 40rebu ya perhari?

    ReplyDelete
  21. baca diary 1-6 jadi semangat bercampur jiper.. saya nyusul akhir desember!

    ReplyDelete
  22. Akh......
    Keren bgt cerita2nya Argopuro 1-6. Gw baca marathon & blom tidur neh (02.29wib) *lebaay..
    Lanjutkan bro acen untuk tulis2 pengalaman seru+ngakak nya.

    ReplyDelete
  23. finish dah bacanya, jadi ngantuk bayangin lg merem di depan danau taman hidup

    ReplyDelete
  24. Gabosen bang bacain versi ini... walau yang lain asik juga. Tp ini keren aja menurut gua hahahaa😁

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.