Gunung Andong: Kiblat Pendaki Gemes Masa Kini

Tuesday, May 26, 2015



Kalau belum tau Gunung Andong, kamu kebangetan.

Gunung yang punya ketinggian 1726 mdpl di daerah Magelang ini, jadi selebriti di kalangan Instagrammers karena berseliweran dimana-mana. Makanya, Gunung Andong bisa dibilang kiblatnya para pendaki gunung, yang gemes-gemes. 

Iyalah, coba deh cari Gunung Andong di Instagram, foto orang bermacam rupa dari nunjuk-nunjuk, salto, levitasi, sampe ala-ala ngelamar dengan background punukan gunung Andong, yang jadi ciri khas-nya ini bertebaran.

Karena gue merasa sebagai pendaki gemes masa kini, belum pantas rasanya menyandang predikat tersebut kalau belum mendatangi kiblat kami.

***



"Mas, berapa lama sih kira-kira pendakian sampai ke Puncak?" tanya gue ke Mas Sabar (bukan nama sebenernya, red).

"Dua setengah jam lah, kira-kira." jawab Mas Sabar (nama aslinya Mawar), yang menyapa dengan ramahnya di Basecamp Sekar Arum.

Mengutip kata temen-temen guee, bahwa Gunung Andong ini termasuk gunung gemesan yang setara dengan Gunung Munara maupun Gunung Batu Jonggol, jadinya gue 'agak' meremehkan waktu tempuh yang dibilang mas-mas basecamp Sekar Arum, kalau menurutnya dua setengah jam, kayaknya gue bisa lah sejam. Apalagi, keril yang gue bawa isinya cuma tenda ultralight, nesting, kompor, dan pakaian sekedarnya. 

...yah, meskipun pakaian sekedarnya buat gue, biasanya dianggap berlebihan buat orang lain.

Trek pertama pendakian setelah keluar dari Basecamp Sekar Arum, langsung ada lapangan luas yang disisipi kebun-kebun penduduk. Tak lama, tsahhhh, langsung ketemu tanjakan yang berakhir di hutan pinus. Lalu bonus.

Habis bonus, tanjakan terus menerus sampe pinggang rasanya mau lepas. Dan udah sampe sejam, baru bisa keluar dari hutan pinus. AKHU CHAPEQUE!



Sebagai kiblat pendaki gemes masa kini, gak heran kalau Gunung Andong menjadi primadona baru di wilayah Jawa Tengah. Gak jarang juga orang-orang Ibu Kota mendatanginya demi foto narsis ala-ala kayak gue. Tapi untungnya, sebagai pengangguran baru, gue bisa dateng ke Gunung Andong di weekdays dan.... sepi!

Paling cuma segelintir bocah-bocah nanggung yang biasa disebut sebagai chabey dan terong aja yang muncul. Tapi kaki mereka cepet-cepet. Apa gue yang udah makin jompo, yak? TIDAAAKKKKKK!!!

Tapi kata Mas Sabar (nama dialihkan) (panggilan kali ah dialihkan), emang kalau siang-siang menuju sore, biasanya jarang yang mendaki Gunung Andong. Biasanya pendakian dilakukan tengah malem atau pagi buta menjelang matahari terbit. 

Okay lanjut ngomongin jalur, habis keluar dari hutan pinus, bakalan ketemu sama bendera partai yang berlambang kepala banteng tersenyum dengan manja. Nanjak terus sampai ke pos bebatuan sebelum puncak. Jangan takut nyasar, banyak banget tanda arah menuju puncak, lagian jalanannya juga gak ada pilihan lain selain nanjak gak ada ampun. Capek banget deh, sumpah! 

Dilanjut nanjak terus sampe pantat terbelah dua, bakal sampe puncak makam. Tapi hati-hati, yes, soalnya setelah bebatuan tracknya jadi lumayan terjal dan ada jurang menganga tepat di sebelah kiri kamu. Kalau jatoh ya... *pake emot senyum ambigu yang sangat menyebalkan itu* 

Sesampainya di Puncak Makam, kita bisa bikin tenda di sana. Mengingat gue lagi gak kepengen-pengen banget nyari pesugihan ataupun didatengin kakek-kakek bersayap, ya gue nanjak dikit lagi. Kebetulan banyak tenda di puncak sebelah sana. Lumayan kan, tetanggaan sama yang masih idup.

Gue itung-itung lagi dari basecamp sampe puncak, pas banget dua setengah jam. Fix, jangan sekali-kali menyepelekan gunung, sist!

Tapi gue beruntung, nanjak maghrib-maghrib, ternyata Gunung Andong kece juga sunsetnya~

telanjangin aku kak, telanjangin!


Dalam kasus pendakian gue ke Andong ini, gue sangat diuntungkan karena cuaca yang cerah cumirah sepanjang hari. Siang panas, lembayung senja yang kece, langit malam yang bersih, cerah, dihadiri beribu bintang dann milky-way yang terlihat jelas. City light juga gak kalah kece. Awesome banget lah! Sayangnya, gue gak punya kamera mumpuni buat mengabadikan suasana syahdu malam hari di puncak Andong. Sekaligus anginnya cuy, khan maen lah gede banget!

Tapi gue gak bisa nyesel, karena paginya..... duh paginya..... hmmm...... KEREN BANGET AAAKKKKKKK!!!







Coba bayangin kalau ngana pagi-pagi menghirup cokelat hangat yang masih ngebul-ngebul tapi di atas sebuah gunung dengan ketinggian gak seberapa, tapi,  tapi, tapi, di sekelilingnya ada banyak banget gunung-gunung megah kayak gunung Merbabu, gunung Merapi, gunung Telomoyo, gunung Sindoro-Sumbing, gunung Prau. Terus merem melek sambil teriak BONGKAR! #lahitumahkopi

Asli, keluar dari tenda di tempat kayak gitu mah rasanya sesak napas saking senengnya! Duh lah mau balik lagi lah plis lahhhhh laahhhhhhh!

Gak salah kalau gunung Andong dinobatkan sebagai kiblat Pendaki Gemes masa kini! Emang gemesssssinnnn kayak akuuuuuu!!

*kemudian dipipisin

Etapi, ke-awesome-an Gunung Andong belum kelar. Pas gue jalan turun.... Pemandangannya udah gak ngerti lagi deh liat aja lah langsungg fotonya!





Jadi, kamu sudah menghadap kiblat belum?


***


Ingat,

Take nothing but pictures.
Leave nothing but footprints.
Kill nothing but time.

STAY ALIVE!

Happy mountaineering!

You Might Also Like

60 komentar

  1. Enak ya jadi pengangguran, bisa jalan2 sambil ngeledekin yang masih kerja

    ReplyDelete
  2. Sempet mikir gini, kok bang acen tumben jalan-jalannya lama. Eh ternyataaa
    Bukan masalah view sekece apa atau gunungnya palingan ditempuh berapa lama, cuma aku rada mual kalau pergi gunung yang jarang pohon bang, Gitu aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pohonnya banyak sist, cuma di puncaknya aja jarang elah

      Delete
    2. Elaaah bang, daku aja ke gunung Batu Jonggol sama ke Prau via Patak Banteng langsung gumoh. Giliran ke gunung Cikuray Alhamdulillah nggak gumoh (soalnya Cikuray full ketutupan pohon jalurnya).

      Delete
  3. Keren gambar-gambar lo cen...*derita udah lama gak nanjak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak hanum, kapan bikin cerita serem lagi kak? *Efek merinding selalu tiap baca PPA* 😊

      Delete
    2. Makasih num, ehehheehe

      Asheekkkk kenalan sekalian din!

      Delete
  4. makin kece kalau fotonya sama pacar bang :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Komen yang ini dalem banget ya bang Acen. :)) lol

      Delete
  5. dan tetep bang acen foto sendiri tanpa adik gemesnya :D

    ReplyDelete
  6. enak yak bang pas di atas ga ada patokan waktu bebas kalo pengacara mah... hahha :P #pisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu iya.. sekarang kalo diceritain mah sedih

      Delete
  7. ajak aku kesana dong bang hahaha bisa kali deh ya pake toga disitu HAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. gih ke sana sendiri aja deh, manja deh kamu

      Delete
  8. Gemess banget sama bang Acen, eh sama tulisannya! Sukses banget bikin orang enpih, kan jadi gemes pengen ikutan ke gunung gemes itu >.<

    ReplyDelete
  9. Udah pernah denger Gunung Andong, tapi nggak tahu kalau ketinggiannya cuma 1.700-an mdpl.

    (((CUMA)))
    *mulai songong setelah turun dari Merbabu*

    Berarti cocok ya buat pendaki pemula dan dedek-dedek gemez kayak akuh. Tapi naik gunung memang untung-untungan. Lo beruntung banget ke sana pas cuaca cerah sepanjang massa.

    ReplyDelete
  10. pas sepi mas...

    kalo weekend udah kayak pasar.. hahahahahaha

    ReplyDelete
  11. enak bener seperti ini, mendaki gunung, sayang waktunya belum memungkinkan.

    ReplyDelete
  12. Tahun kemaren kesana, tapi gak ngeh kalau tingginya ternyata 1.700-an mdpl. LOL

    ReplyDelete
  13. kereeen .. doakan aq sampe sana kakak

    ReplyDelete
  14. lain kali ane ke gunung ini ah

    http://screensay.com/article/1146/partai-idaman

    ReplyDelete
  15. om ajak-ajak lah kalo keliling2 :)

    saran aja nih,
    udah nyobain Gunung kapur Ciampea belum??

    harus nyobain tuh ga jauh ga tinggi lumayan viewnya :)

    ReplyDelete
  16. Cakep nih bang, besok ke sono ah. Thanks bang :D

    ReplyDelete
  17. Mau kenalan akh... sist
    Keren isi ceritanya, abis baca cerita tentang gn. Rakutak, andong, batu jonggol ma slamet. Gw langsung kesurupan mau naek gunung lg. Setelah 1th kagak ngelayap ke gunung.

    ReplyDelete
  18. nanya sih bang. kalo belum pernah ngedaki gunung sama sekali ke gunung ini relatif lebih aman ga? aku pengen banget ngedaki gunung. tapi belum ada pengalaman sama sekali. Makasih bang!

    ReplyDelete
  19. mau tanya bang, kalo cuma punya waktu libur 3 hari kira2 cukup gak buat kesana?
    thanks :)

    ReplyDelete
  20. Wow! Bisa nih, 30 jan nanti setelah kondangan di UGM lsngsung nanjak gemes disini.

    ReplyDelete
  21. sumpah keren banget, padahal deket loh ini dari tempat saya tinggal. kartosuro ke boyolali tinggal ke arah barat..

    ReplyDelete
  22. Bahasamu gak kalah emesh Cen hahaha
    Eh tapi tempat kempingnya penuh sesak gak?

    ReplyDelete
  23. awas ono batu POCOOOONNGGG......!!!!

    ReplyDelete
  24. ho ho bagi adek2 pendaki y cew ... bisa tu minta temen dari tim pendaki di daerah situ ...
    y orangnya ganteng2 ....
    cantik2 .. juga ....

    namanya tim " SATOE JIWA ADVENTUR " .

    Yng basecampnya di jln arah tlaga bleder ..blakang koramil ...

    nah di situ temui om om ganteng y rambutnya udah bnyak y putihh ..kkkkkkk
    nmamya om wiyata ( jgn pake bakti ) kkkk.

    pokoknya di gunung andong anda bisa puas senang dan bahagia ....

    tapi ada saratnya ..JGAN DI KOTORI ...
    JGAN DI RUSAK TANMANYA ...

    SELLU JAGA KLO KALIAN PECINTA ALAM SEJATI ...

    ReplyDelete
  25. bahasamu yo bikin gemes gan, mantab tenan gunung e :)

    ReplyDelete
  26. Jadi lu dari bawah sampe puncak brp jam? haha

    ReplyDelete
  27. Aku munggah mung sejam bro, tanpa istirahat, naek jam 3 pagi, sampe puncak jam 4, jam 6 turun gunung

    ReplyDelete
  28. Pengen meluncur tapi kapan ya libur kerjanya :D

    ReplyDelete
  29. yaampun udah baca blog ini berkalikali tapi gak ada bosennya.

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.