9 Tips Tetap Kuat Ketika Mendaki Gunung

Thursday, June 04, 2015



"Bang bang, kok lu masih bisa petakilan gitu sih? Tenaga lo gak abis abis ya deh kayaknya." Komen beberapa temen sependakian yang mendaki bareng gue.

Siapa orangnya?

Beda beda. intinya, kata orang-orang, gue bisa dibilang lumayan tangguh ketika mendaki gunung, tetapi rapuh dalam masalah hati. Bye.

Langsung aja ah udah gue share 9 Tips yang selama ini gue lakukan agar tetap kuat ketika mendaki gunung daripada gue makin curcol yekan.

1. Mantapkan Niat
Segala sesuatu bermula dari niat. Apapun yang diawali niat baik, niscaya akan berhasil dengan baik. Apapun yang dimulai dengan niat buruk, gak akan ada hasil yang baik. Kata ustad Acen sih gitu. Pret lah ustad. Tapi gue percayai hal ini kok. Niat adalah awal dari segalanya, kalau dari awal kita udah niatin kita pasti kuat nanjak gunung ini, pasti ada aja kekuatan yang tiba-tiba nimbul.

....kayak bisul tiba-tiba nimbul.



2. Biasakan Olahraga
Kadang ini yang sering dilupakan sama para pendaki masa kini, yang tau-tau begitu diajak temennya naik gunung, cuma heboh di socmed kalau dia mau naik gunung. Padahal, jogging-jogging lucu kagak pernah, push up bersahabat juga mageran, ya wajar aja kalau di gunung gampang kena 5L, Lelah Letih Lesu Letoy Lusuh Lah, eh itu 6 ding. Makanya, biasakan berolahraga yang teratur, membantu banget buat pendakiann gunung. Terutama buat yang baru akan mendaki, seminggu sebelumnya lah at least, lari-lari kecil dulu lah~



3. Packingan Keril
Keril alias Carrier alias tas gunung alias ahh udahlah capek ogut aliasan mulu, ngerti kan ya pokoknya? Gitu. Packingan keril perlu banget diperhatikan, karena packingan akan mempengaruhi kamu dalam membawa beban. Bahu, punggung, pinggang, bakal jadi tokoh utama yang bisa diandalkan saat mendaki gunung, jadi musti diatur sedemikian rupa sehingga keril kita bebannya gak terlalu berasa, jadi bisa irit energi. Tambahan lagi, pakai keril yang benar. Ada banyak jenis keril, salahh satunya women series. Cowok, jangan sekali-kali make ini jenis keril kecuali badan kamu emang semungil badan cewe, asli, bikin sesak napas dan makin capek bawanya!




4. Tetap Ngunyah
Salah satu rahasia terbesar abada ini dari dunia pendakian akan gue bongkar dimari, pengen tetep kuat? keep ngegares! Alias tetap ngunyah! Yep, jadi kuat itu butuh energi, ngelupain masa lalu juga butuh energi. #lah

Dan karena sebagian besar energi dihasilkan dari makanan, maka tetaplah mengunyah. Jangan heran kalau pas naik sama gue, ada aja di kantong gue yang coklat batangan, batangan coklat, vitamin c, permen, buah, nasi padang, sate ayam, yakali dah. Tujuannya cuma satu, gue musti tetep ngunyah biar kuat!



5. Menghitung Langkah
Gue punya rumus sendiri kalau udah kepayahan dan hampir nyerah saking capeknya. Tapi, kalau nyerah, kapan sampai pos tujuan, ya gak? Kalau udah kayak gini, gue biasanya menghitung langkah jalan dan berhenti dengan formula 50:50. Misalnya gini, kita melangkah terus sambil berhitung sampe secapenya, misal cape di itungan ke 50, berhentilah. Berhentinya nyender pohon, nyender temen, berdiri pegangan kayu, apapun, asal jangan duduk. Tapi, waktu berhenti, jangan lupa buat berhitung sampai itungan langkah yang tadi, yaitu 50.

Lalu jalan lagi, gitu terus sampe kiamat.

Eh, sampe nyampe ding!



6. Jangan Lengah

Karena, kalau kamu lengah, kamu punah.

Kata-kata ini sangat populer di kalangan anak-anak Komunitas Jalan Pendaki. Makanya join! Intinya adalah, harus tetap fokus dalam menjalani pendakian model kayak apapun. Semakin fokus, semakin kamu bisa mengendalikan kekuatan yang ada dalam diri kamu. Sehingga dapat membuat kamu senantiasa kuat. HALAH.

Kalau kurang fokus, coba minum aqua.

Fix, gue bakal diendorse sama aqua nih kayaknya.

*kemudian foto punggung gue yang sok cool itu terpaampang nyata di jalanan*


7. Tetapkan Target Dan Reward
Target.
Mungkin ini dia salah satu hal yang menurut gue, bisa bikin gue tetap kuat dalam mendaki gunung. Tapi bukan target yang muluk-muluk; misal baru nyampe basecamp, udah bikin target sejam kemudian harus nyampe puncak Merbabu, itu sih sama aja kayak baru kenal langsung ngajak cipokan, minta digampar namanya.

Meskipun target akhir nantinya ya puncak-puncak juga, tapi targetnya dibikin yang selow-selow aja dulu. Misalnya, baru nanjak, sejam lagi nyampe pos bayangan satu. Abis itu ngemil. Atau, nanjak jam 8 pagi, ditargetin sampe pos sebelum puncak jam 5 sore. Woles-woles aja. Jarak dekat, yang terjangkau sama perkiraan waktu dan tenaga, dijamin tokcer deh! Kuat!


Reward.
Reward alias hadiah, buat gue juga ngaruh banget. Biasanya gue akan nge-treat diri sendiri kalau udah sampai titik-titik yang ditentukan. Gue biasanya sih bawa-bawa hydro coco atau susu atau uc1000 atau minuman menyegarkan lainnya yang akan begitu nikmat diteguk setelah sampai pos yang ditentukan.

Rasanya tuh kayak minum sirup marjan pas buka puasa setelah seharian puasa dibombardir iklan sirup sialan itu. Menuju  kemenangan banget gak sih?

*fix dapet endorse-an banyak sirup, yes~*



8. Minum Obat Kuat
Selain meningkatkan vitalitas dan mempertahankan ke-grengan pria dan (katanya) diminum pria, disukai wanita, obat kuat ini kali aja dapat membantu ngana agar selalu kuat ketika mendaki gunung. Penasaran?

Yuk coba! #lah

9. Bawa Tongkat Transformasi Pemantul Cahaya Bulan
Seperti Usagi yang tiba tiba power up dan berubah menjadi sailormoon dengan tongkat transformasi pemantul cahaya bulan. Dengan cahaya bulan, sailormoon dapat mengalahkan musuh-musuhnya sambil berpose dan berteriak: "dengan kekuatan bulan, aku akan menghukummu!"

Nah, coba dipake sama kita. Pasti membantu banget! Selain bisa jadi alternatif trekking pole, kalo malem bisa jadi headlamp, ternyata bisa bikin kita power-up dan jadi... Cantik!

.....becanda ding,


***


Okay segitu aja, semoga bermanfaat ya!

You Might Also Like

40 komentar

  1. Ini yang lagi di Trengganu masih OL tengah malam aja. Pasti jetlag atau susah tidur apa mikirin apa? Happy holiday yah. Salam buat Om Endut yang suka jinjing Tas Hermes :D

    ReplyDelete
  2. 1-7 aja tips dari bang acen, 8 dan 9 kayaknya mah bonus

    ReplyDelete
  3. xkxkxkxkxkxkxkxkx anj**eng lah no 8 n 9........
    tambah 1 bang "reward"
    kek lo kan klo udh nyampe tujuan baru bisa minum hid*ro co*co haha

    ReplyDelete
  4. apa cuma gw disini yg udh fokus 9 tips lo dan klimaksnya ada di obat kuat!! wakakak

    ReplyDelete
  5. Gembeeell....tongkat sailormoon dibawa-bawa.


    ...padahal gue kan maunya Mamoru. Tuxedo Bertopeng. :(

    ReplyDelete
  6. hahaha udah serius" baca ternyataaa -,- *telminyagailangilang*

    ReplyDelete
  7. itu bener bgt, buat yang cowok. jangan coba coba deh pake tas versi cewek kecuali badannya emng sekecil cewe. walaupun itu hipbelt meluk banget, cmn untuk pundak rasanya makin berat aja. terus kyk ngecekek leher gua lagi. turun turun leher merah semua kegesek gesek tas kyk mau di mutilasi. kapok dah

    ReplyDelete
  8. tips terakhir udah di praktekin apa belum bang??? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dong, gua kan diem-diem sailor neptunus

      Delete
  9. Hahahaha tongkat cahay bulan belinya dimana bang.. wkwkwk
    sedikit nambahin ni
    Kurangi merokok
    Terus jangan berjalan dengan terlalu tergesa gesa/santai tapi pasti asal disiplin

    ReplyDelete
  10. tipsnya mantap gan tpai di akhir itu obat kuatnya dah ada survey blm gan takutnya od obat kuat ntr ..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya makanya obat kuat jangan dicemilin donggg

      Delete
  11. postingan nya ga bosen baca nya dan banyak humor nya bermanfaat buat saya terimakasih yah kpan2 boleh gabung lah buat mendaki bareng

    ReplyDelete
  12. Serasa baca iklan Bang -_- . Kalo gw sih, secara gw jadi sweeper mulu tiap nanjak, banyak jatah istirahat nungguin yang paling belakang, hahaha. Pas ke gede juga malah sempet bobo singkat nungguin yang rada sakit kakinya.

    ReplyDelete
  13. Selamat ulang tahun jalanpendaki.com tulisanye makin krenyes ye pak

    ReplyDelete
  14. ngakak banget itu yang dengan kekuatan bulan ,, wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  15. gue udah praktekin tuh yang ritme berjalan, alhamdulillah sih emang

    ReplyDelete
  16. Posting an nya bagus, berisi tapi ringan
    Kayak making choki2 rasa silverqueen.
    #endorse lagi tuh :P
    Keep writing with your style mas. :D

    Cheers,
    Nee-ta

    ReplyDelete
  17. Ayolah bang ajakin saya nanjak gunung, biar bisa di endorse juga ehh.. praktek langsung dah :p

    ReplyDelete
  18. hahaha ngakak, udah serius2 taunya klimaksnya nyeleneh. tapi keren bang tipsnya, ketauan banget udah pro nih naik gunungnya :D

    ReplyDelete
  19. thanks tips nya bang,
    lg pkir2 pgn naek gunung soalnya ini :D

    ReplyDelete
  20. Udh bisa ngelupain masalalu belum bang hahaha.. masak gunung aja dijalanin.masalalu ditinggalin #oops

    ReplyDelete
  21. hebat jadi enak bacanya....ringan...hatur nuhun....

    ReplyDelete
  22. coba ndak ya ????mungkin? harus? musti ? hihihi,
    tips nya mayan ngingetin. thanks

    ReplyDelete
  23. Mantapzzz bang tipsnya.. Bakalan di coba, soalnya bentar lagi ada mau naik gunung juga. Hehehh.. Semangat terus untuk buat tips2 lainnya tentang naik gunung ya bang. Thankyou, GBU.

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.