Tips Memotret Gunung Ala Instagram

Friday, June 19, 2015

Bang, fotoin aku bang, fotoin!

Hari gini,

Dimana harga handphone canggih yang sering kita sebut dengan smartphone sudah seharga cabe keriting kiloan, kayaknya hampir gak mungkin kalau anak kekinian gak punya. Kalaupun gak iphone, ya minimal samsul lah. Xiaomi juga udah bagus. Even smartfren andromax juga udah bisa motret selfie di kegelapan dan hasilnya... cling!

Yang gak keliatan jadi keliatan.

*ternyata mr. poci
*lalu jadi serem sendiri

Nah, berbekal kamera hape yang udah mulai canggih, disertai dengan banyaknya aplikasi yang membuat foto jadi semakin menor, sebut saja, snapseed, afterlight, vscocam, dann masih banyak lagi, mustinya, foto yang dihasilkan jauh lebih kece ketimbang jaman dulu ketika orang masih pake nokia 3310.

Dimana jaman itu, masih banyak fotografer beneran, dan hape nokia dipake buat ngelempar maling saking kuatnya.

Peralatan tempur gue, sementara ini juga masih moto pake Iphone 5c aja, diselingi sama Xiaomi Redmi 2s kalau itu iphone ngambek atau baterenya abis. Nah, kata orang-orang, hasil foto gue yang gue post baik di Jalan Pendaki maupun di akun Instagram gue @acentris lumayan bagus. Lumayan aja sih, gak kece-kece amat. Belumm sekece seleb-seleb Instagram, yang katanya, fotonya itu 'hidup'.



Tapi paling gak, gue bisa lah kasi sedikit tips-tips buat kamu-kamu yang gemar main instagram dan pengen foto-fotonya instagramable, di like jutaan orang, dan di follow puluhan ribu orang. So, langsung aja tipsnya adalah:

1. Follow Akun Seleb Instagram
Seleb instagram itu ada banyak banget di muka bumi ini. Terbagi-bagi pula berdasarkan genrenya. Ada yang foodies, ada yang landscape, ada yang street, ada yang dari landscape ke foodies, banyak lah, banyak banget! Nah, pilih akun-akun seleb instagram yang menurut kamu cocok sama kepribadian/karakter/genre yang bakal kamu pilih buat memenuhi postingan instagrammu. Karena gue anaknya labil banget, yang jelas gue follow hampir semua akun seleb instagram dari genre manapun. Tapi kebanyakan sih dari genre landscape, alam, gunung, dan semacamnya. Contoh yang musti difollow adalah: @mrizag, @debucung, @acentris. Wkwk. Tetep promosi.

Tapi, karena sekarang banyak banget akun-akun yang ngeregram foto-foto paling kece di Instagram, kayaknya perlu juga buat follow mereka, Contohnya: @indonesiajuara, @id_pendaki, @jalanpendaki. Wkwk dua kali. 



2. Ikuti Gaya Foto Seleb Instagram
Yap! Inilah yang musti ngana lakukan kalau foto-foto ngana pengen instagramable. Pake jurus yang udah biasa disebut-sebut dari jaman dahulu kala, ATM: Amati, Tiru, Modifikasi. Yes. Seleb instagram juga banyak yang cuma pake Iphone buat ngambil gambar. Meskipunn gak sedikit juga yang pake kamera profesional ataupun mirrorless.

Tapi perhatikan dengan seksama deh, rata-rata seleb instagram, atau akun-akun di instagramm yang followersnya udah ribuan, punya angle-angle yang hampir mirip satu sama lain. Nah, angle-angle yang kayak gini nih yang bisa kita tiru. 

"Yah, nanti fotonya samaan dong?"

Ingat, sama kayak naik gunung, meskipun kita naik gunung yang sama berkali-kali, pasti perasaan yang dirasakan beda-beda. Persis kayak hasil foto, meskipun ke satu lokasi yang sama, motret dengan angle yang sama, pasti ada aja bedanya.

Pokoknya, nanti pas posting pasti ada aja yang komen: "Leh uga."



3. Sering-sering Hunting Foto
Dimana-mana, yang namanya "practice makes perfect" itu benar adanya. Kamu bisa jadi master dalam suatu hal kalau jam terbangnya udah tinggi. Mau fotonya sebagus seleb instagram? Ya tiru kegiatan mereka dan sering posting. Yang gue tau sih, mereka pasti sering banget jalan-jalan, naik gunung, terus hunting foto dengan berbagai gaya. Kadang musti balik ke lokasi yang sama berkali-kali demi dapet feel yang beda dari foto-fotonya.

Nah, itu yang harus dilakukann biar foto kita instagramable. Dengan seringnya motret ini itu, lama-lama akan fasih sendiri dengan angle-angle terbaik. Malahan, kita bisa nemuin angle terbaik kita sendiri, dan voilaa! Bisa jadi kita adalah the next seleb instagram.



4. Dilarang Selfie
"Bang ajarin dong, foto-foto sekeren abang di Instagram, padahal cuma pake hp doang kan? Abisan instagram aku diejekin mulu, katanya jelek. Isinya selfie doang....."


"............"

Seriously. Selfie boleh-boleh aja, yang gak boleh, terlalu banyak posting foto selfie di Instagram. Sekali dua kali boleh. Coba perhatikan deh para seleb-seleb Instagram yang foto-fotonya kece-kece, jarang ada foto selfie mereka, bahkan malah gak ada. @dionwiyoko yang menurut gue selain seleb dunia nyata, dia juga seleb instagram, udah ganteng, tapi foto selfienya juga gak banyak-banyak amat. Paling banter cuma dari belakang atau pas selfie kena cahaya matahari mukanya. Pokoknya yang agak artsy gitu.

"Tapi bang, kan banyak juga yang selfie di Instagram, followersnya bejibun lagi!"

Bener banget, gue juga benci nih yang kayak gini. Modal muka ganteng atau cantik banget, selfie masih belekan baru bangun tidur juga masih cakep. Likersnya bisa ribuan. Followersnya apalagi. Lha kita..... foto pake angle sana sini sampe kejengkang, paling banter cuma cepek like-nya.

Bencik aku bencik!



5. Editing
Dulu, gue termasuk orang yang paling males ngedit-ngedit foto. Sampe sekarang juga sih. Tapi, setelah gue diajarin ngedit dan menemukan keajaiban editing foto, padahal pake aplikasi foto yang simpel-simpel aja di hape, gue sampe nganga dan pengen bilang:

"Wow.... magic...."

Beneran. Cobain deh edit foto pakai snapseed atau vscocam, dua aplikasi yang paling terkenal sejagat instagram. Simpel aja, kalau males ngedit manual, kamu bisa pake filter-filter yang tersedia. Jadi begitu masukin foto, langsung klik filternya. 

Tapi kalau masih agak rajinan, coba di tune image dulu. Brighteness-nya diatur, saturationnya ditambahin atau dikurangin, contrastnya, Ambience, Highlight, banyak deh. Atur sedemikian rupa sehingga kamu udah merasa sreg dan siap posting.



Yap! Demikianlah dunia instagram saat ini. Buat anak-anak kekinian yang mau eksis, pasti tips ini bakal berguna banget. Soalnya dulu gue juga termasuk anak cupu di Instagram. Mau tau apa yang gua foto dulu?

*Mangkok tebelah dua
*Potongan mangga yang mau dimakan
*Rel kereta
*Selfie sana sini
*Sendal jepit yang hilang

Tapi setelah belajar ke klinik tong..... ah, basi, tapi setelah belajar sama masternya, observasi, latian motret, at least saat ini foto-foto gue di instagram bisa sedikit sedap dipandang mata. But again, katanya instagram itu for fun, so, itu semua adalah pilihan yang kembali lagi ke kamu. Mau tetep foto seenaknya atau foto-foto ala instagram!

Ada yang mau nambahin?


You Might Also Like

25 komentar

  1. setelah di post fotonya, jangan lupa ditambahin hestek #jalanpendaki #instagunung #ourcamplife #campvibes #hiking #dan #sebagainya #banyak #deh biar seluruh dunia tahu :P

    ReplyDelete
  2. Aku mau nambahin apa ya? Binun. Cukup dulu deh. Maunya sih nambahin follower instagram :D

    ReplyDelete
  3. Penasaran sama "Mangkok terbelah dua"
    Posting sini napaa. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah udah gua apus dari muka bumi ini hahahha

      Delete
  4. Ajarin daftar instagramnya juga dong bang.... Dimulai dari daftar paket internet ya.. *kayak lagi ngasih pe-er*

    ReplyDelete
  5. Huehehe, bang acen pengen banget yak jadi artis?
    Sama sih, gue juga suka kagum sama foto-foto keren dari para master.
    Tapi da aku mah apa atuh, kalo fotoin orang lain hasilnya jelek, bagusan kalo jadi model fotonya x)

    ReplyDelete
  6. Itu foto ketiga lu di post ini semacam Bolang yang telah berevolusi, Cen?

    Bolang 2.0?
    Bolang Shippuden?

    ReplyDelete
  7. Ikut Gugun deh. Penasaran sama foto sendal jepit yang hilang. posting dong. Trus, setelah belajar tips memotret sendal jepit itu gimana bentuknya? Penasaran before and afternya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakakka, ikut sama jawabannya gugun, sudah aku hapus dari muka bumi ini wkwkw

      Delete
  8. makasih mas tips nya .. :)

    ReplyDelete
  9. Btw emang Keren2 smua sih fotonya bg acen,,dah aq follow jg IG ny ,,folbek donk bg @noviaelvita wkwkwk ujung2nya malah jd promosi,,

    ReplyDelete
  10. Btw, mau nanya kak itu yg backgroundnya ada danau dimana itu? :D

    ReplyDelete
  11. Nambahin foto instagram itu harus konsisten dengan ukurannya, paling bagus kalau semuany 1:1 dan juga foto instagram katanya tidak bagus kalau saturationnya tinggi banget dan jangan lupa follow @indonesianholic *eh promosi juga yah*

    ReplyDelete
  12. Numpang cari-cari ilmu gan, keren-keren fotonya. :D

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.