#TurunGunung: Mancing Cumi Di Kuala Terengganu, Malaysia

Friday, June 12, 2015

Perwakilan Indonesia: Ijah (dananwahyu.com), Si Manis, Kak Olive (obendon.com), Om om 1 (baca: Mas Eka: MQTV Bandung), Om om 2 (baca Mas Gio: disgiovery.com), yang motret Helmi. Wajah sengaja tidak ditampilkan.

"Acen, i sudah kirim email ya, ditunggu passportnya sebelum tanggal 19 Mei ya!" kata Shamsoul, abang-abang dari Gaya Travel Magazine Malaysia yang membukakan pintu debut internasional gue.

.....pretlah debut internasional. Agnezmo kaleeeee!

Buat yang lupa kayak apa debut internasional gue di Malaysia, bisa dibaca disini.

Di satu sisi, gue seneng banget akhirnya bisa jalan-jalan santai, bobo gemes di resort mewah, ketemu orang-orang keren dari 30 negara yang berbeda, dan ke Malaysia lagi, tapi....

....Matilah, passport belum diperpanjang!

***

Maaf ya foto-foto jendela pesawat, maklum masih traveler pemula, if you know what i mean only

GRUDUK GRUDUK GRUDUK

Gue yang lagi pules-pulesnya tidur di pesawat langsung terbangun dan deg-degan sambil mengucap dua kalimat syahadat, jadi kalau terbangnya bablas, gue bisa langsung ke surga gitu. 

Ih amit-amit! *sambi ketok-ketok meja kayu

Tapi beneran serem bray, turbulencenya dari Kuala Lumpur ke Kuala Terengganu!

***

depan lobby Duyong Marina and Resort, Kuala Terengganu. Model: Helmi


"Welcome to Kuala Terengganu!" sapa kokoh-kokoh yang bakalan jadi Tour Guide rombongan Squid Jigging Festival 2015.

Apa itu Squid Jigging?

Kalau menurut pemikiran otak gue yang pendek ini, simpelnya adalah mancing cumi. Tapi karena ada tambahan Festival di belakangnya, i bet ini bakalan jadi acara yang awesome!

Gue menyambut kokoh-kokoh tadi dengan senyuman hangat sembari ngambil handuk basah dingin dari mbak-mbak hotel sekaligus ngambil mocktail ala-ala dan langsung duduk di sofa lobby resort yang empuk. Sumpah, buat gue yang setahun belakangan ini lebih sering duduk di atas bebatuan gunung, duduk di sofa empuk itu rasanya..... pengen bawa pulang sofanya ke kosan boleh ndak?

Setelah registrasi ini itu buat ngambil nomor kamar Duyong Marina and Resort, Kuala Terengganu, kangen-kangenan sama temen-temen dari Indonesia, Malaysia, dan Filipin, akhirnya gue masuk juga ke kamar hotel yang......

*masuk kamar
*tersenyum elegan
*duduk di kasur

KYAAAAA MEWAH KYAAAAAAAA!

*buka lemari

KYAAAAAA ADA KIMONO MANDINYA KYAAAA

*buka jendela
*takjub sama kursi males ala ala

KYAAAA PEMANDANGAN LANGSUNG PANTAI KYAAAAA

*buka kamar mandi

KYAAAA ADA BATH TUB KYAAAAAAAA

....maaf norak, pertama kalinya bobo di resort mewah sih. Gratis lagi. Lalu kibas poni. Lalu teriak lagi. KYAAAAAA.

sumber
Setelah puas, karena gue gak bawa sendal dengan tujuan bakal bawa pulang banyak sendal dari hotel, gue lanjut geratakan nyari sendal di lemari kanan, lemari kiri, kamar mandi, laci, deposit box, kulkas, dan.....

Apah??? Gak ada sendal???!!!!

***

"Cen, ikut Helmi tuh ke sebelah sana, kece banget pantainya pas sunset begini." kata Mas Eka pas gue lagi curhat soal sendal di kamarnya.

"Tapi, mas, hotel murahan di KL aja ada sendalnya, masa resort mewah gak ada massss......" kata gue sedih memelas penuh drama.

"Lo ntar tanya aja sama pihak hotel, Cen."

"Oiya, bener juga ya, Mas! Lalalala~"

"......"

Lalu gue melipir bahagia menuju senja dengan ceria. Ah, ternyata gue semudah itu dibahagiakan. Yakin, gak ada yang mau bahagiain gue? #lah

andai saja di depan kamar kosan begini~

***

Coba tebak aku yang mana? Iya, aku yang pake kaos putih berjambang lagi curi-curi pandang ke kamera ituh

Malamnya,

Hadirin dan hadirot dari berbagai belahan bumi muncul satu per satu di briefing buat Squid Jigging Festival yang diadakan selama 5 hari penuh dari tanggal 2-7 June 2015 di Kuala Terengganu, Malaysia. 

Malam itu, gue lumayan bangga sih bisa bersanding bersama banyak orang-orang keren dari negara-negara lain. Rasanya tuh kayak ada yang ngipasin di samping kanan kiri gitu dalam setiap langkahku. Rada-rada jumawa gitu.

Yang paling menyenangkan dari briefing ala-ala Malam Keakraban, Makrab, caelah makrab.... Oke fokus, yang paling menyenangkannya adalah..... Makanan yang enak-enak, banyak, dan gak perlu bayar. Lalu bayangan soal pulau pulau eksotis yang bakal dikunjungi, lokasi-lokasi pariwisata di Kuala Terengganu, tentu aja, how to mancing cuminya, dan segala rupa social media kontes. Karena gue anaknya instagram banget, jadilah gue ambisius harus menangin kontes instagram! Anyway, udah follow instagram @acentris belum sist? 

....ada penumbuh tinggi badan bergaransi, lho!

*lalu diunfollow massal

***

"Buat yang mau snorkeling, ke arah kiri dan ambil pelampung, buat yang gak mau, bebas deh ngapain aja. Selamat datang di Pulau Redang!"

Kira-kira gitu lah translate-an tour guide yang berbahasa Inggris ketika kami sampai di sebuah Pulau gemes berpasir putih yang halus dengan ombak gemes dan crytal clear water yang turquoise~

eh, turquoise itu warnanya gimana sik?

Biasanya gue suka banget snorkeling, tapi berhubung cuaca lagi panas-panasnya, semacam ada 12 matahari tepat di langit pulau Redang saat itu, gue memilih untuk menghabiskan waktu bareng para om-om dan tante dari Indonesia lainnya. Kalau gue bule sih enak ya, kepanasan dikit jadi tanned gitu. Lha gue kalo kepanasann dikit pasti jadi keling, makin keling, eksotis kagak, gembel iya. Hvft.

tau kan, gue yang mana?
Habis nonton orang asyik-asyikan di pantai Pulau Redang, kami langsung diajak makan siang di resort yang bakal jadi tempat menginap malam ini, again, super duper extra exclusive private resort, yaitu di Laguna Resort Redang. Kamarnya lebih awesome dengan private beach yang pasir putihnya alussssss banget kayak kapas.

Tapi sayangnya...... gak ada sendalnya. #tetep

Lagian, kenapa sih dari kemare resort mewah gak nyediain sendal?

KZL.

Eh, Acen, bersyukur lu!

Oia, astajim, maafin Acen, ya Alloh....

sumber

***

"Acen, kamu ikut team kite jelah? Takpe kan?" panggil Shams ketika gue udah di boat bersama perpaduan negara lainnya buat mancing cumi di perairan laur Pulau Redang. Karena gue anaknya manutan, ya udah gue ikutan aja teamnya para panitia.

Waktu berlalu,

Gak banyak yang bisa diperbincangkan di kapal mengingat gue juga bingung mau ngomong apa. Beberapa kali diajak ngobrol sama awak kapalnya, gue cuma bisa HAH???? HAHH???? Karena, you know, meskipun mirip bahasa Indonesia, banyak juga bahasa Malaysia yang asing banget dan gue gak bisa nemu padanan katanya.

Akhirnya yang bisa gue lakukan cuma ngemilin sandwich isi telor sambil gegoleran di kapal, sampai mencapai titik pemancingan cumi.



Mancing cumi ternyata tricky dan membosankan banget. Pantes aja team panitia pengen buru-buru balik dapet atau gak dapet cumi. Gue yang awalnya masih ambisius pokoknya pantang pulang sebelum dapet cumi juga akhirnya kalah sama rasa bosan. Trus ikut keleleran di bagian belakang kapal. Dari keleleran sampe teler beneran dan ketiduran sambil tetep narik-narik benang pancing. Kalau kata anak-anak dari Squid Jigging berubah jadi Sleep Jigging.

Pertanyaannya, apakah akhirnya gue dapet cumi?

Dapet jodoh aja susah, gimana dapet cumi....

udah mirip mamang mamang belum?

Abis bangun tidur, tiba-tiba perut gue rasanya penuh banget! Agak-agak mual-mual gitu. HAH? Jangan jangan gue........

Hamil?

Gak mungkin lah! Disentuh pria saja aku tak pernah. Halah.

Mungkin gue mabok laut. Tapi tapi tapi.... sumpah deh, selama hidup, gue gak pernah mabok laut. Tapi perut gue rasanya kayak ada yang nonjok-nonjok dan pengen dikeluarin. Tapi gak mau keluar-keluar padahal udah ngedeprok manis di pinggiran kapal. Trus tiba-tiba pengen sendawa, eh yang keluar bukan angin, tapi.....

HOEKKKKKK.

Bye bye sandwich isi telor.

Bersambung.

***

Teaser next episode:




Apa yang terjadi dengan gue?

Kenapa gue berpakaian ala-ala model di America Next Stop Model?

Kapankah gue akan mengakhiri status lajang gue?

,,,,lah gak nyambung.

Nantikan kisah selanjutnya!

You Might Also Like

18 komentar

  1. Yeeee jadi manusia yg pertama komen
    (Sambil kayang d tengah jalan)

    ReplyDelete
  2. Wkwkwkwk....anak gunung dibawa ke laut ya gitu deh mabok. Mirip sama misua aku. Kena ombak dikit aja udah pusing mual-mual. Diajak mancing ntar lagi ntar lagi. Si Ijah kok nggak abwa tas hermes ya? :D

    ReplyDelete
  3. Hahahahaha dan setelah baca postingan ini... gue beneran sadar kayaknya emang ngeliat lo yang di Munara. Muahaha. Tahu gitu gue sapa aja kemaren. :))
    Anyway, keren nih tampilan yang ini cen!

    ReplyDelete
  4. KYAAAAAAA CUMIIIIIIIIIIII KYAAAAAAAAAAAA

    ReplyDelete
  5. wkwkw ke seringan nanjak jadi engga pernah ngerasain sofa empuk wkwkwk

    Pusat Grosir Sepatu

    ReplyDelete
  6. Kyaaa mas acen foto mas yang kayak mamang2 itu keren plus ganteng binggow

    ReplyDelete
  7. Bang Acen (yang pake kaos putih berjambang lagi curi-curi pandang ke kamera ituh) ternyata cakep juga :p

    ReplyDelete
  8. tobat bang tobat jgn jadi model mau puasa

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.