Gunung Slamet Jalur Bambangan: Me vs Debu!

Sunday, November 22, 2015


GRUDUK GRABUK GLEBAG

"OHOKK!"

"Wei anyeeeeenggg!!! Bisa gak sih gak usah pake lari!"

Teriak gua sama serombongan bocah-bocah tanggung. Bahasa gaulnya, terong-terongan. Karena mereka lagi naik gunung, mari kita sebut sebagi pendaki terong. Tapi gua teriaknya dalam hati, sih. Ngeri dikeroyok mereka.

Jalur pendakian gunung Slamet lagi kacau banget. 

Saking keringnya, jalur udah bukan tanah lagi, tapi tumpukan debu tipis yang kalau diinjek aja, kaki kayak ngeluarin kekuatan ekstra. Ada asep-asepnya gituh. Ibaratnya, disentuh dikit aja udah pada ambhyar kemana-mana itu debu. Gimana kalau dibuat lari-lari?

GRUDUK GRABUK GLEBAG

Lagi?

OMG WTF HELL NO!!! #@%#^#&#*(

Gua naik pitam. Gua yang dari tadi jalan turun cimit-cimit nahan dengkul, nahan tumit, nahan betis, tujuannya biar debu gak terbang tinggi-tinggi amat sampe muka, biar gak sesek napas, ini malah pendaki terong pada masih lari-larian dengan riang gembira. Dikata ganteng banget apah?

Gua serius naik pitam. 

Gua lalu ambil ancang-ancang. Loncat dikit. Dan wuuushhhhhhh...... Gua lari sekencang-kencangnya.

"OHOOOOOKKKK!! WUUUUUUUUUUUU....."

Gua berhenti sejenak, menatap nyinyir ke belakang, melihat pemandangan menyenangkan. Gantian rombongan pendaki terong tadi batuk-batuk sambil nyorakin gua. Bodo amat.

MAKAN TUH DEBU!!

....dasar terong.

***


Mendaki gunung Slamet yang merupakan rajanya gunung Jawa Tengah adalah salah impian gua. Gimana gak, gunung Slamet ini lokasinya ada di beberapa kabupaten, salah satunya, Kabupaten Purbalingga, yang mana Purbalingga ini deket Purwokerto, yang mana Purwokerto adalah tempat lahir gua, tapi gua dibesarkan di Cilacap. Nah Cilacap ke Purwokerto jaraknya cuma sejam. Purwokerto ke Purbalingga jaraknya juga cuma sejam.

Bisa dibilang, ini gunung Slamet ada di depan mata selama 17 tahun gua hidup di kampung. Tapi, gak pernah sekalipun gua manjat gunung ini. So, gua pengen-pengen-pengen banget manjat gunung ini karena penasaran sampe jadi gemes bet dan cubeth.

Dan akhirnya, cita-cita gua terwujud di akhir bulan Oktober kemarin. Dan gua baru nulis sekarang. Gak basi-basi amat kan ya? 

Kali ini gua mendaki barengan sama anak Jalan Pendaki, yah kurang lebih separonya anak Jalan Pendaki lah. Sisanya kenal di jalan. Dan, yang namanya manjat sama anak Jalan Pendaki, hampir dipastikan dari awal sampai akhir ada aja dramanya. 

Kami adalah Ikus (ketuanya Jalan Pendaki, bangunnya siang, gak bisa masak), Riza (tim kreativ-nya Jalan Pendaki, baru nikah, dzalim banget sama jomblo), Sutan (humasnya Jalan Pendaki, ownernya Titik Adventure), Rudi (member Jalan Pendaki), Acen (hamba sahaya), Nophy (belum member Jalan Pendaki, tapi ini anak eksis di banyak komunitas pejalan), Tracak Banteng (temen Ikus, tiba-tiba gua lupa nama aslinya), Bima (sodaranya Riza, mahasiswa penggemar COC).

Masing-masing punya drama yang gak jelas. 

Jauh-jauh hari sebelum berangkat, masalah tiket kereta, udah jadi bahan berantem. Dua minggu sebelum berangkat, tiba-tiba jalur pendakian di Slamet kebakaran. Kita udah kayak... Duh, bodo amat lah ya. Mendekati hari H, tau-tau Sutan terancam masuk kerja. Nophy tiba-tiba harus kerja pas pendakian. Riza tiba-tiba harus lembur. Ikus tiba-tiba sakit. Wah... bener-bener.

Untungnya, pas hari H, semua personil lengkap udah berkumpul di Stasiun Senen. Tau-tau ada drama dari Rudi, tiket kereta pulang ke Jakartanya udah expired. Heboh cek sana-sini, ternyata dia beli tiketnya buat bulan lalu. Salahnya sendiri, tabok yuk!


"Hah? Jalur pendakian tutup?" teriak Ikus atau Nophy gitu gua lupa. Lagi telponan sama mas Tracak yang emang udah di basecamp sejak Jumat. Kemudia kita semua terdiam. Termenung. Antara lemes udah jauh-jauh dateng kemari dengan begitu banyak drama, eh masa gak jadi. Ya Allah, mau mendaki Slamet kok ada-ada aja ya.

"Ya udahlah... Kalau emang beneran tutup, kita gak usah maksa. Coba cari kira-kira deket sini ada gunung apa atau apalah apalah.." kata gua. Meski perih, tapi gua harus realistis. Gak mau kejadian Gunung Lawu yang baru aja kejadian menimpa kami.

Sejurus kemudian kami melesat pake mobil yang udah dibooking sebelumnya. Langsung ke basecamp Bambangan di Purbalingga. Sampai sana, Jalur Bambangan buka. Pengen rasanya slepet mas Tracak pake sarung baru dicuci. Tapi pas liat mukanya, kesian. Gak jadi deh.

Jalur Bambangan buka, tapi.....

1. Gak ada air
2. Jalur kering banget
3. Pendaki dimana-mana

Pas ngeliat banyak banget orang, gua langsung lemes. Dan males. Was like.... oh man, ternyata gunung Slamet yang masuk ke dalam Triple S (Slamet, Sumbing, Sindoro), yang masuk ke dalam kategori gunung berat, udah serame Gunung Andong.



Setelah persiapan. Daftar SIMAKSI. Beli makan siang buat di perjalanan, tentu aja gua belinya gak pake nasi (baca: tantangan 30 hari tanpa nasi). Selfie depan gapura pintu masuk, akhirnya, gua bisa menjejakkan langkah di Gunung Slamet. Gua merasa, ini gunung, bakalan keren banget!

Jalur pendakian awal didominasi ladang penduduk. Ada banyak banget sayur mayuran. Bahkan ada tomat merah-merah menjuntai dari rantingnya, goyang-goyang terkena sapuan lembut angin. Tsah bahasa ogut....

Karena kepengen, gua ngambil beberapa tomat yang udah jatoh ke tanah. Kan udah jatoh, jadi bukan maling tomat. Gak keren amat maling tomat. Pas gua makan, hmm.... rasanya tuh kayak tomat terenak yang pernah gua makan seumur hidup. Lebay sik bye.

Rombongan gua beruntung banget karena temennya Nophy sukarela mau bantuin kita jadi guide. Ni anak, sebut aja Wawan. Yang nantinya kita akan panggil dia, bukan kita, gua, akan panggil dengan Waw, karena Wan terlalu mainstream. Si Waw ini kerjaannya emang mendaki gunung Slamet tiap hari, jadi paham seluk beluknya. Awal pendakian aja, dikasi jalan tikus.

Makin ke atas, jalur pendakian gunung Slamet makin sialan. 

Ini gunung beneran gak punya belas kasihan. Gak hits. Gak maknyus. Dari awal, kita udah manjat ada kali 45 derajat. Kali. Intinya bikin pinggang lecet. Padahal belum sampe pos satu lho. Yang paling gua benci lagi adalah debu. Cuy, debunya tebel binggawh!

Tapi lebih sebel lagi pas sampe di pos 1 sih. ADA WARUNG.

Gorengan. Semangka. Es Teh. Camilan. Semua ada. I was like.... ho, mungkin gunung Semeru yang sekarang kayak gini kali ya, ada pedagang semangkanya. Berarti Slamet juga cukup populer, soalnya udah banyak pedagang semangka. Tapi bener kan yang kayak gua bilang di cerita Tanjung Priok, kalau orang Indonesia itu unbelievable daya jualannya. 

Jangan sedih, pedagang ini akan terus ada bahkan sampai pos 5. Dimana ada kerumunan, di sana ada pedagang.

Yah, mau gimana lagi, namanya juga cari nafkah. Mungkin yang gua sebel adalah, dengan adanya pedagang-pedangang ini, gunung jadi gak begitu menantang lagi. Juga sampah ada dimana-mana. Ya, di pos satu, ada gundukan sampah yang gua yakin banget udah ada di sana sejak lama. Gak tau juga itu sampah hasil jualannya pedagang, sampah pendaki karena ngeliat gundukan sampah jadi ikutan buang di sana, atau sampah pendaki yang beli makanan di sana lalu dibuang di gundukan itu. Well, sampah ini memang selalu jadi momok yang menyebalkan. Momok lho. Momok.


Soal jalur, udahlah ya. Seperti yang gua bilang, gak ada ampun banget dari bawah sampe atas. Sama semua. Di gunung Slamet, kita bener-bener mendaki. Tanpa ampun. Dari basecamp sampe pos 1 sejam lebih. Pos 1 sampe pos 2 bisa dua jam. Pos 2 sampe pos 3 bisa sejam lebih. Pos 3 sampe pos 4 mungkin cuma setengah jam. Pos 4 sampe pos lima juga cuma setengah jam.

Rombongan gua, yang lebih banyak berhenti-makan-ngobrol-mau pingsan, baru sampe pos 4 aja jam 7 maleman. Padahal jalan dari basecamp jam 12 siang. Perkiraan bisa sampai pos 5 seharusnya jam 5 sore. Tapi apa daya, jalur pendakian, debu yang terbang kemana-mana, sama ritme jalan masing-masing orang bikin waktu mulur jadi lumayan lama.

Waktu sampai di Pos 4 alias Samarantu alias pos-yang-dilewati pendaki karena saking angkernya ini, kami udah kepayahan. Rasanya udah pengen nyerah aja lah ngecamp di sini gapapa. Pos 4 sebenernya pos yang ideal banget buat nenda, tapi karena mistisnya ini gunung masih kentel banget, dan pos 4 Samarantu ini bisa dibilang pusatnya, jadi mendingan jangan ngecamp di sini. Kecuali emang kuat banget.

Akhirnya kami jalan terus dan nemu tanah lapang yang mirip-mirip kayak pos 4 dan akhirnya ngecamp di sana. Tapi ternyata itu lokasi deket banget sama pos lima. Meskipun sepanjang pendakian panas banget, sampe malem pun masih terasa panas, begitu ngecamp.... The Fak ini kenapa dingin paraaaaahhhhhhhhhh!! Alhasil gua cuma gelebakan doang tidur ngelingker pake baju dobel, sleeping bag, kaos kaki dobel.


"Gengs, gua sama mas Tracak duluan ya!" seru gua ke anak-anak.

Pendakian kami lanjutkan jam setengah tiga pagi. Menuju puncak. Tanpa bawa apa-apa kecuali kamera, makanan, dan minuman. Karena gua lagi pengen banget bikin timelapse sunrise, gua harus lebih buru-buru manjat dan sampai sebelum sunrise. Mengingat anak-anak jalannya lemot, gua jalan duluan.

Sepanjang perjalanan, gua baru pertama kalinya jalan cuma bener-bener berdua di tengah malam yang gelap banget. Tapi beruntungnya, langit kala itu lagi mendukung gua. Bulan bulet gede bagus banget. Yang paling bikin gua norak adalah bintangnya, banyak banget!

Pas gua lagi berhenti ambil napas di sekitar pos 6 menuju pos 7, pemandangan belakang gua adalah kota. Udah keliatan citylight. Cakrawala pembatas langit sama bumi juga keliatan. Pas gua liat lagi ke langit...

CUSSSSSS

"Mas! Itu ada bintang jatuh mas!!!" seru gua antusias.
"Mana-mana?"
"Ah, udah lewat, bhay!" jawab gua males. Ya lagian bintang jatuh kan cuma lewat sepersekian detik doang. Etapi emang bintang jatuh bunyinya cuss? Ya mendingan lah ya daripada bunyinya wkwkwk.

Pendakian seakan tanpa henti ini gua lanjutkan. Makin ke atas makin kacau jalanannya. Kacau pertama, karena emang jalurnya vertikal abis. Kacau kedua, tenda dibangun dimana-mana, pas di pos 7 aja gua harus muter-muter nyari jalan karena tenda dipatok di tengah-tengah jalur. Kacau ketiga, banyak banget api unggun.

Oke, dingin memang, dingin banget, tapi api unggun inilah perkara utama kebakaran di tengah-tengah musim kering yang melanda gunung-gunung. Dan pas gua liat, kebanyakan yang bikin api unggun adalah warga lokal yang lagi 'ziarah' ke sini. I was like... yah, semoga mereka gak lupa matiin apinya sampe bener-bener mati.

Oiya, kenapa api unggun kacau?

Karena indera penciuman gua lumayan tajam. Di siang hari gua terganggu banget sama debu. Di malam hari, gua terganggu sama asap api unggun. Rasanya kayak, gua naik gunung, tapi gak dapet udara bersih sama sekali. Malah lebih sering nahan napasnya ketimbang napasnya.

Lanjutin mendaki.

Dari pos 7 sampe pos sembilan gak ada lagi tanda-tanda. Mungkin ada, tapi nyelesep ntah dimana. Tau-tau gua udah sampe di lokasi pendakian penuh batu besa-kecil-mudah rontok. Udah vertikal banget. Artinya, ini gua udah di lereng gunung dan mau sampai puncak. Kalau bisa gua gambarkan, lereng Slamet itu kayak perpaduan lereng Raung-Rinjani-Guntur. Berkerikil, berbatu rapuh, dan banyak batu besarnya juga.


Setengah lima.

Tapi belakang gua udah muncul semburat cahaya sunrise. Gua harus segera sampai ke puncak sebelum kehabisan moment. Ngambil timelapse perlu waktu lama.

Lima kurang seperempat.

My GOD! Napas gua abis! Tangan gua beku! Betis gua! Paha gua! Aaaaa Sunrise deket lagi aaaaa!!

Lima pas.

GUA DI PUNCAK SLAMET KIYUUUWWWWWW!!!!! *sambil menggigil kedingingan*

Lima lewat lima.

Keluarin Tripod. Pasang kamera mirrorless, cari fitur timelapse, gak ada. Cari lagi, gak ada. Cari terus.... gak ada. Setan alas. Oh iya, GoPro ada!

Lima lewat sepuluh.

Ubek-ubek tas unyu. Coklat. Hydrococo. Powerbank. Syal. GoPro mana GoPro? Ubek-ubek lagi. Gak ada GoPro. 

....ketinggalan. Di tenda.

Someone slap me right in my face, please!

Lima lewat lima belas.

Menatap nanar sunrise sambil nangis. End.










You Might Also Like

33 komentar

  1. Duh kangen alam Indonesia kalo liat beginian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang alam aussie kenapa kak? Masa sih gak bagus? :(

      Delete
  2. Aku camp di samarantu bang wkwkw pas yg pohon gede tumbang ihiwwwwwww bleberrrrrrrrr cihuyyyyy wkwkwkww

    ReplyDelete
  3. Oktober gw juga ke sini nih bang. Debunya ampun dah bikin muka berasa pake makeup yang tebal di muka macam hantu wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Sekarang udah nga kering lagi bang acen...

    ReplyDelete
  5. wahhh slamet deket kampungku tuh bang acenn, tegal .
    gunung itu emang keren banget lah pokonya, dari jauh aja keliatan megah bangett, dan bintangnya emang banyak bangetttttttttttttttttttttttttttttttttttt kalo malem
    aaaaaaaaaaaaa jadi kangen pulang kampungggggggg :"((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. buruan pulanggg sebelum gak diterima kampung lagi hahhahahaha

      Delete
  6. jadi kangen kang slamet... kemaren gak nyampe gara gara nyasar :(

    ReplyDelete
  7. itu foto sunrise kenapa banyak kotorannya bang? lensanya kah?
    Btw jalan cimit-cimit kaya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, baru sadar lensanya masih ada bercak air hahahhaa, makanya ada semacam kotoran. Jalan cimit cimit itu semacam jalan pelan banget hahaha

      Delete
  8. Ahhhhhh, tuh kan. Bang acen mah emang keliatan ganteng kalo lagi nulis beginian, kalo lagi drama-dramaan di gunung, kalo lagi apes di gunung, huehehe.
    Selamat buat Jalan Pendaki yang udah sampai di Atap Tertinggi Jawa Tengah. Next bikin event naik ke gunung emesh dong bang. Kayak Lembu, Manglayang atau Puntang misalnya :)

    ReplyDelete
  9. Slamet sudah lama ditutup Mas, makanya ketika dibuka rame banget yang pengen ke sana. Yang bikin kaget mungkin ada pedagang itu, dulu belum ada. Trus jalan setelah gapura sudah dicor ya, dulu masih tanah. Ke Slamet enak pas musim hujan, sekitar Desember atau Maret-Mei. Memang bakal sering hujan, tapi gak ada debu dan air mengalir ada di Pos 5. Walau, turunnya lebih berbahaya karena licin dan hati-hati banyak daun jancukan loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas qy akhir tahun ada di Jawa Tengah atau Jogja nggak? Bisa kali ajak aku jalan-jalan ketempat kece :)

      Delete
  10. kalau musim hujan menurut Mas cocok gak sih pergi kesana?

    ReplyDelete
  11. foto gue disini dikit banget cen ? yang ada guanye apa?

    ReplyDelete
  12. Uda kyk tipe Mt. Sibayak aja. mirip2 dikit.

    ReplyDelete
  13. jadi pengin naik gunung lagi neh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gih kaakkkk naik, sebelum gunung pada ditutup hahahah

      Delete
  14. baru kmarin 31 des k gn slamet, gile lu ndro...mnjelang puncak, batu krikilnya ampooon...pas kite brangkt, 1 pndaki dri jakarta terplanting pas turun, salah injek batu, outputnya, dagu terbntur batu, tangan cidera..alhamdulillahbisa smpe ke basecamp stlh dibantu tim sar. eh ktmu jga pndaki dari brunai...komennya: baru kali ni nemu gunung yg naiknya hrs sambil merangkak (pas batuan krikil tuh...) hahaha...

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. dapet sunrise juga keren broo, ane muncaknya udah keburu siang. cuma dapet timelapse di kawah doank dari jauh.
    Btw thanx yah bro acen, ikus dkk air sama kentang gorengnya, tau aja lagi tiris,, hahaha

    ReplyDelete
  17. Iya itu si Nophy memang ratu komunitas, ngahahaha.

    Pendakian ini kondisinya sama kayak pendakian gue ke Cikuray Agustus tahun lalu. Berdebu parah! Satu injakan lembut, debu beterbangan ke muka sendiri.
    Anyway, itu medan curam-berkerikil-berpasir adalah tipe medan pendakian yg paling gue gak suka. Anaknya takut licin dan takut ketinggian, kak. MODHYAR.

    ReplyDelete
  18. rame banget ya mas gunung slamet tuh? hahaha dikirain agak sepi

    ReplyDelete
  19. keren, gua suka tulisan lu bang :D

    ReplyDelete
  20. Doain aku ya semoga sampe puncak, tgl 9 desember nanti 🙈

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.