Gunung Dempo 2: Menggapai Puncak Merapi Dempo

Sunday, April 10, 2016




Sabtu, 26 Maret 2016

01.00am

.........

"Gengs... Kita cuma punya ini gengs...."

Sambut gua setelah mereka sampai di shelter 2. Dengan wajah-wajah kucel tanpa harapan.

Meski dalam kegelapan, gua bisa melihat wajah-wajah kecewa, bingung, lelah, sekaligus hopeless. Kecuali Lady, nenek yang satu ini, ketemu senderan dikit langsung tidur. Apapun kondisinya. Kapan-kapan cobain ditinggal mungkin gak akan sadar kali ya.

Malang tak dapat diraih dan untung tak dapat ditolak, eh, bener gitu bukan sih peribahasanya? Wekaweka.

Akhirnya kami mau gak mau ngebangun tenda di tiga lokasi yang jauh dari kata nyaman.

Satu tenda miring menghadap jurang menganga dengan aksen akar-akar melintang yang besar di permukaan tanah, tenda lainnya di atas becekan lumpur dengan satu akar besar yang bikin tenda gak bisa menjejak tanah seutuhnya, satu lagi sama-sama menghadap jurang tapi lapaknya lebih sempit.

“Dikasih rumah, dikasih kamar bagus, dikasih kasur empuk…. Ngapain coba kita kemari susah-susah….” ucap Ebik yang pendiem banget. Tapi sekalinya ngomong langsung nancep di lambung.

01.30am

“Beb, pasangin Salonpas dulu ini….” pinta gua ke Ikus sembari nempelin Salonpas ke betis gua. Hm. Betis gua lebar juga ya kayak taplak meja.

SRETTT.

“ih.. ih.. ih.. ahhhh…”

Ikus meringkik karena bolak-balik nggelosor ke bawah. Dengan tenda miring banget ke jurang pleus matras aluminium yang licinnya minta ampun, gua, Bagas, Ikus, dan Lady, yang berada di satu tenda, berjuang buat bisa duduk steady.

“Lu mah, ngeribetin gua….” Kata Ikus lagi sambil nyusruk-nyusruk. Nempelin Salonpas di punggung gua.

“Bodo amat. Lu mau juga gak  Salonpas?”

“Mau lah….. eh eh eh….” Lagi-lagi Ikus nyusruk.

2.30am

“Eh udah mateng pempeknya? Mau…..” kata gua tiba-tiba mendusin karena ingat Lady dan Bagas heboh sendiri dari tadi masak-masak.

“Apaan sih lu bang! Tau aja udah mateng langsung bangun hahhahah….”  Jawab Bagas.

GROKKK. HRRRR. GROOOKKK. HHRRRRR.

“Ebuset, itu si Sefti sama si Mo ngoroknya balapan banget tuh? Cekacekaceka…”



10.30am

“Anjir! Hahhahaha…..” kata gua sambil ngos-ngosan pas ngeliat jalur Shelter II menuju puncak Dempo itu benar-benar keras. Selain tanjakan yang tiada henti, akar yang tinggi-tinggi, banyak lokasi yang benar-benar bikin kita tuh kayak harus climbing tapi medannya akar dan tanah liat yang licin dan basah.

Silahkan banyangkan sendiri gimana gemesnya.

“Udah mau nyampe kok bang… Ini belok kanan, abis itu kiri, abis itu kanan, udah deket sama top Dempo…” kata Bagas memberi secercah harapan.

Dua nenek-nenek ini mengembangkan senyumnya.

11.30am

“Bagas bohoooongggggg!!” jerit Lady disambung sama jeritan lain dari Ikus setelah ngeliat tanjakan demi tanjakan yang harus terus kami daki. Ya Tuhan, emang bener-bener deh ini Dempo keras banget gak ada ampun.

Meskipun udah istirahat semalem, trek Dempo bener-bener bikin kaki dan hati jadi kacau. Tapi kalau dibilang istirahat, sebenernya cuma ngelempengin kaki sih. Mengingat tidur semalem cuma bertahan nempelin pala di akar biar gak nyusruk ke jurang.


12.00pm

"Ini bukan sih Watu Cadas-nya?" kata gua ke Bagas, yang ternyata dia jauh banget di belakang gua. Entah denger entah kagak.

"Lah, udah dari tadi bang yang dilewatin... Ini Watu Cadas kedua..." jawab Lady.

"Ya ampunnn... Makin deket puncak nih!" ujar gua sambil terus bergerak meninggalkan Lady.

"Mas, mau nanya, ke puncak berapa lama lagi kira-kira ya?" tanya gua sama pasangan muda yang lagi turun. Dengki sih nanya-nanya sama pasangan.

"Satu jam lagi kali ya, bang...."

Gua balas dengan senyum manis penuh dengki serta teriakan dalam hati,

SATU JAM LAGI?? BODO AMAT!

13.00

"Bang Cen... Ayok sebentar lagi puncak Dempo nih!" seru Ari dari kejauhan.

Kalau ngeliat jenis medannya sih gua juga merasakan puncak udah semakin dekat.

Selama perjalanan di Watu Cadas 1-2-3, yang terus menanjak, vegetasinya terus berubah. Dari pohon pinus, pohon berakar-akar, sampai pohon cantigi yang mendominasi. Emang susah banget nemuin edelweiss di sini. Katanya, di gunung-gunung Sumatera, emang ada edelweis tapi disembunyikan lokasinya.

Etapi gua sempat ngeliat, meskipun pas gua tanya sama anak-anak mereka gak liat sama sekali. Pohon edelweiss di sini, mirip banget kayak di Gunung Argopuro, setinggi-tinggi jerapah.

13.15

PUNCAK DEMPO!!!




"Yuk lanjut ke Puncak Merapi segera, katanya kawah lagi biru lho..." ajak Ari memecahkan keasyikan foto-foto.

13.30pm

Perjalanan menuju Puncak Merapi Dempo itu persis banget kayak dari Puncak Gunung Pangrango, menuju Mandalawangi, tapi yang ini sedikit lebih terjal dan lebih jauh.

Begitu juga Pelataran, yang lebih mirip Mandalawangi tapi minus taman edelweiss. Isinya cuma Pohon Cantigi. Tapi begitu ngeliat Puncak Merapi, rasa-rasanya kayak lagi ada di Surya Kencana, Gunung Gede.

Puncak merapi, pas diliat sih kayaknya deket banget ya. Begitu dijalanin....

....kayak pacaran tapi udah gak saling percaya. Lelah abang, dek.

Nah, menuju Puncak Merapi ini tricky banget karena harus nembus hutan cantigi yang gemes dan menyesatkan. Tapi gak bakal kesasar juga sih. Meskipun arahnya membingungkan, tapi, kalau diperhatikan, treknya jelas banget kok.

13.45pm

SRAK!

Anjrit!

Hampir aja gua kepleset di lereng gunung menuju Puncak Merapi Dempo. Batu-batunya ternyata cukup rapuh, sementara gua mendaki udah tinggal sisa-sisaan tenaga hasil makan otak-otak sama ciki.

*merinding sendiri*

14.50pm

“Kawahnya gak jadi biru…. PHP….” kata Ari sedih saat menyambut gua begitu sampai ke Puncak Merapi Dempo.

Tapi gua gak peduli, karena sampe Puncak Merapi Dempo aja gua udah legaaaaaaa~

And anyway, kawah Puncak Merapi Dempo, tetep keren!









Udah selesai ceritanya sih, kan udah nyampe Puncak Merapi Dempo.

Tapi.....


Nambah Cerita:

AUNGGG AUNGGG

"Errr... itu suara apa ya...." gua membatin.

Pokoknya kalo tulisannya miring-miring artinya gua lagi membatin. Persis kayak hampir di semua sinetron Indonesia yang tokohnya lagi ngebatin pas di zoom-in zoom-out.

RRRRRRR AUUNGG AUNGGG

"Matik! Kayak suara macan, matik banget matik!"

Gua terus nyusrukan turun demi lebih cepat mencapai pintu rimba. Udah jam sebelas malem. Udah lebih dari waktu yang gua perkirakan mustinya bisa sampai pintu rimba. Gua capek. Gua basah. Ya Tuhan, mengapa gini amat.

SRAK SRAK SRAK

"Plis jangan mbak mbak itu lagi plis!"

Gua menghentikan langkah. Melihat sekeliling gua yang cuma hutan lebat. Asli, trek Gunung Dempo emang gak bersahabat malem-malem. Ditambah hujan yang datang dan pergi sesukanya. Ditambah banyak yang tak kasat mata berbagai rupa juga hobby banget muncul-hilang seenak jidat. Kan gua kaget ya. Mana gua di depan....

BRESSSSSS

"Lah! Kok ada curug! Kayaknya gak ada curug selama ini! Jangan-jangan gua nyasar!"

Lalu gua nengok belakang.

"ASTAGA! TERNYATA GUA SENDIRIAN!"




Selanjutnya, gua langsung nyari temen-temen di belakang dan berkumpul serta sampai dengan selamat.

Mengenai suara aung-aung tadi, masih menjadi misteri.

Demikian mister Acen jalan-jalan.

End.

You Might Also Like

29 komentar

  1. wiiiih.....
    balapan ngorook nya kereen bang..
    pertahankaaan...

    ReplyDelete
  2. Waduh! Ini gunung yang ada di Pagar Alam kan? Cantik sekali view di atas gunung. Beruntung kamu bisa naik ke puncak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik dan melelahkan hahhaah. So hows life pojie?

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Ah parah lo bang bikin merinding pas akhirnya

    ReplyDelete
  5. Coba main ke Mt. Sibuatan bang.

    ReplyDelete
  6. Coba main ke Mt.Sibuatan bang. Keren kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajakin donggg (baca: bayarin dong) hahhahaa

      Delete
  7. Bang aceeeeeeen, kamu jomblo ya? Kok itu sendirian sih akhirnya

    ReplyDelete
  8. Apik kok puncak Merapinya Mas hahaha.
    Duh mbayangne jalure :O

    ReplyDelete
  9. Shelter 2 sarangnya yg kasat mata ...

    ReplyDelete
  10. keren bang, tapi expressi muka lu asem amat ya pas megang tanda ketinggian :D

    ReplyDelete
  11. itu puncak dempo emang banyak pohonnya ya bang?

    ReplyDelete
  12. saya jadi fokus sama koyonya hihihi. Tapi pemandangannya cantik, ya

    ReplyDelete
  13. ojek dari terminal ke kampung 4 berape bang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmrn berhasil nawar seharga 25rb ajaaaa hahaha

      Delete
  14. awal mei kmrn naik dempo dengkul rasanya goyang, tp liat foto2 kaki full koyo sy jd bersyukur cuman goyang doank..wkwkwk...seru tapi baca tulisan2 nya

    ReplyDelete
  15. Tiap mudik, pasti mampir Pagaralam... tapi saya nenek2..udah gak kuat mendaki..hahha.. Btw, salonpas di kaki-nya keren....

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.