Mendaki Gunung Saat Puasa

Tuesday, June 28, 2016



Hah?

Mendaki gunung waktu puasa?

Lo gila?

....Iya kak, adek emang gila, kak....

***

Dua tahun lalu, persis bulan Ramadan kayak gini, gua, Ketua Umum Komunitas Jalan Pendaki; Aid Mugholadoh, teman dekatnya si Aid; Pepoy, dan (dulu) satu-satunya member Jalan Pendaki regional Garut; Aa Sandy, nekat-nekat bergembira mendaki Gunung Guntur. 

Guntur?

Hahaha. Gua ingat banget, di tulisan pertama gua soal Pendakian Gunung Guntur, gunung yang sempat gua sepelekan karena ketinggiannya 'cuma' 2.249 mdpl, tapi nyatanya kecil-kecil cabe rawit giling setara level sejutanya indomie abang-ade. Gua langsung dihajar habis sama treknya yang aduhai bikin napas kembang kempis dan jantung tiris. Sampe gua bersumpah serapah gak bakalan mau balik lagi ke gunung sialan itu. At least dalam waktu dekat.

Iya, gua yang di tengah. Iya, yang pake kacamata item. Iya, gak jadi makin kece kok, malah lebih mirip penyanyi dangdut. :((

Tapi..

...bukan gua kayaknya kalo gak kemakan omongan sendiri.

Persis 3 bulan setelah pendakian Guntur yang berdarah-darah (literally) itu, pas bulan puasa, gua dengan mudahnya kepincut ajakan anak-anak sompral buat manjat ke sana lagi. Emang kayaknya udah lama banget gitu gak manjat. Jadi lumayan murahan. Baim merasa sedih. Tapi Baim bisa apa? Ngomong-ngomong soal Baim, dia udah gede kali ya? Masih lucu gak sih? #lahgosip

Karena bulan puasa, kami sengaja sangat woles dalam menghadapi pendakian.

Yang biasanya naik gunung dimulai di pagi hari, terlebih lagi ini Garut, yang bisa didatangi di malam hari, lalu sampe subuh, kemudian langsung nanjak. Ini gua, Aid, dan Pepoy sengaja berangkat dari Jakarta pagi hari. Sampe sana siang menuju sore lah.

Prepare sana sini, akhirnya kami nanjak sekitar jam 15.30an.

Rasanya?

Biasa aja gitu. Gak ada yang spesial. Capek? Haus?

Ya iyalah gila. Dateng ke kondangan aja capek, apalagi ditanya kapan dikondangin? 

Eh, maksudnya, dateng ke kondangan aja capek gimana naik gunung. Gitu.

Tapi, karena manjat jam 15.30an, adzan magrib jadi berlangsung gak terlalu lama. Dan buka puasa di tengah-tengah pendakian, rasanyaaaa....... gak bisa digambarkan dengan kata-kata. Seru, segar, awesome, sekaligus terharu!

manis amat bang senyumnya
Habis berbuka, pendakian jadi makin gak seru. Buat yang udah pernah ke Guntur, kalian pasti tahu lah treknya sesialan apa. Ditambah langit yang kian menggelap serta kabut yang semakin pekat, pendakian saat itu jadi makin berat.

Sesampainya di lembah buat ngecamp, it was like... cuma setenda. Cuma kami doang. 

Ya iyalah, mana lagi rombongan gila yang nanjak puasa-puasa gini.

"Aid, ini bener nih tenda gak ada fly-sheet nya?" tanya gua meyakinkan. Aid ngakak.

"Ada elah itu di atas kan.." kata Aid sambil nunjukkin kain kotak kayak anduk abang-abang becak buat nutupin pucuk tenda.

"Ya Alloh id, itu mah cuma kayak sempak dibelah dua lo bilang fly-sheet..." dengus gua.

"....coba ya, misalnya ini tiba-tiba ujan gede, gua gak kebayang apa jadinya idup kita..." kata gua lagi.

Lalu kami ketawa berjamaah. Disusul petir berjamaah. Dan air yang mulai turun dari langit. Gak pake aba-aba lagi. Langsung bress sederes-deresnya. Gua cuma melongo. Ampun dah, kalo di gunung emang gak boleh ngomong sembarangan.

"Ah elu sih bang kalo ngomong gak diayak!" sungut Sandy ngikik, sambil mepet-mepet mengingat air udah muncrat-muncrat masuk tenda dari segala sisi.

"Bodo amat-bodo amat!" lanjut Aid gak peduli sama air yang mulai meninggi. Pepoy lebih bodo amat lagi ngegelung dalam sleeping bag-nya.

"Gua. Gak akan mau lagi. Bertemen sama lu, id. Selama lu masih pake tenda co-trek begini!" dengus gua sambil mikir ini gua bakal gimana tidurnya coba tenda udah tergenang air.

Tiba-tiba gua ingat sesuatu. Gua bawa jas hujan!

Yha, selalu ada pertama kali dalam hidup ini.

Ini pertama kalinya gua naik gunung pas puasa, bermalam dengan tenda tanpa fly-sheet, kebanjiran di dalem tenda, dan pertama kalinya... tidur pake jas hujan di atas genangan air. Bodo amat!


"Saur gak lu pada?" tanya gua ke anak-anak tengah malam. Hujan udah reda. Tenda juga udah gak tergenang meski masih basah.

"Lu yakin beneran mau puasa, bang?" tanya Aid.
"Iya bang, beneran lu mau puasa?" tambah Sandy dan Pepoy.

"Iyalah. Kan tujuan gua mau diajak elu-elu pada buat menuntaskan misi buka, sahur, dan puasa di gunung. Kalo sampe gak puasa ya percuma dong.." jawab gua yakin. Sambil ngemil ciki dan malkist. Sahur seadanya. Males masak.

"....tapi kalo ntar gak kuat, palingan gua batal. Wekaweka.."

***

Perjalanan turun gunung kali ini terasa amat berat.

Iya, akhirnya beneran gua satu-satunya yang berpuasa. Gua tetep keukeuh sama pendirian gua. Gak boleh kalah sama rasa haus yang mendera.

Tapi yang mengherankan nih,

Aktivitas naik-turun gunung ini kan bisa dibilang cukup berat, ditambah lagi medan Gunung Guntur yang berat, gua, entah mengapa, merasa stamina gua biasa-biasa aja. Sama persis kayak naik gunung di hari biasa. Gak terasa laper-laper amat juga. Lemes-lemes banget juga gak. Mungkin karena niat gua udah bener plus mengamalkan beberapa Tips Tetap Kuat Mendaki Gunung ini kali ya?

Cuma, emang yang gak bisa dipungkiri, kerongkongan rasanya kayak ditempelin knalpot motor yang abis turing. Panas, kebakar, HAUS!

Gua cuma bisa meyakinkan diri bahwa buka puasa itu sebentar lagi. Meski sesungguhnya masih lama.

Oiya, satu lagi, secepat apapun gua berjalan, entah kenapa waktu rasanya lambaaaaaattt banget gak abis-abis. Kayaknya udah jalan lama, eh baru sejam. Gitu terus sampe rasanya hampir-hampir nyerah pengen nyebur ke kubangan bekas ujan di galian pasir.

Tapi pas adzan magrib tiba....


"BIS  ke Jakarta!!!" seru gua saat melihat bis melintas. Berhenti dan bersiap mengangkut gua.

Sialan banget. Pas adzan magrib tiba, pas banget gua dan anak-anak baru sampe di jalanan Garut. Gua bahkan gak sempet buat beli air atau apalah dulu buat ngebatalin. 

Gua merasa in rush karena besoknya musti kerja lagi, jadi gua balik ke Jakarta sendirian sementara Aid dan Peppoy main ke rumah Sandy.

Perjuangan gua belum berakhir, di dalam bis, gua harus extent puasa gua kurang lebih 15 menit karena gak punya air dan sialnya, kok ya gak ada pedagang asongan yang biasanya gengges gitu di bis. Tenggorokan udah kering kerontang banget. Sampe akhirnya gua memberanikan diri minta-minta air ke sebelah bangku gua.

"Yah, kenapa gak minta dari tadi mas.... Ini sekalian, saya ada kurma." kata mas-mas sebelah gua sambil menyodorkan air dan kurma.

"Iya mas, saya pikir bakal ada asongan. Nanti saya ganti ya mas airnya, terima kasih banyak...."

Setelah air mineral membahasi kerongkongan ini dan air mata membasahi pipi berakhirlah perjuangan gua.

Tercapai pula cita-cita sepele gua: puasa, sahur, dan buka puasa di gunung.

Hingga sampai lah gua ke Jakarta.

Dan berakhir tipes tiga hari kemudian.

End.



Disclaimer:
Perbuatan ini bukan untuk ditiru. Jangan ikut-ikutan. Kecuali kamu punya prinsip, alasan sendiri, dan udah mantap serta siap menerima segala resikonya. Kamu udah gede!

You Might Also Like

44 komentar

  1. Babang acen ini memang agamis banget ya? sampe mendaki aja tetap puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan agamis giling, pengen coba aja hahaaha

      Delete
  2. Terus pas tipes puasa nggak bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa, kayaknya sih masih puasa hahhhaaha

      Delete
  3. Naik gng pas puasa adlh tradisi PA kampus sy di Yk sejak dl. Dan sy teruskan (sy jg ikut puasa jd senasib satu tim) sd saat ini spjg ada yg teman naik
    - Biasa naik gng yg teduh Salak
    - Abis buka/tarawih di masjid Cimelati naik, sahur & ngecamp di puncak, foto2, tidur, tak umpet,santai
    - Abis Azar turun, buka di Pet Bocor, turun tarawih di masjid Cimelati, pulang
    Kalo di Yk naik Gn Lawu pas puasa teduh ��

    ReplyDelete
  4. guntur emang ngeselin tapi ngangenin ya bang?
    kayak tulisan mu wekaweka

    ReplyDelete
  5. bang, kalo puasa saat mendaki gunung udah pernah bang??
    *pertanyaan bego

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu dijawab dengan penuh kesadaran gak?

      Delete
  6. Mental saya kayaknya belum kuat kalo naik pas puasa, haha.. Mantap lah mas Acen ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dicoba kalau belum kuat mental hahaha

      Delete
  7. huahaha, gokil bang, wlopun ujung2nya ngenes banget :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain gih biar ngerasain ngenesnya dakuuhh

      Delete
  8. cowo bangget sih bang...

    ReplyDelete
  9. Rawan mokel kayaknya kalau mendai pas puasa :D haha

    ReplyDelete
  10. Ya Allah bang.. Maapin. Ini ngakak loh
    "dan berakhir tipes tiga hari kemudian"
    hahahahhahahahhaahha

    ReplyDelete
  11. aku suka kalimat terakhirnya bang, "kamu udah gede!"
    aiihhh.........

    ReplyDelete
  12. Naik gunung sambil puasa, sehat?

    ReplyDelete
  13. Such an experience! lain kali hati-hati bang takutnya pingsan di diatas gunung wkwk

    Salam kenal! mampir ke blog gue juga ye bang

    ReplyDelete
  14. Hai Mz Acen,
    lama juga ngga main ke sini. Hehe.

    Pertama, ganti kata orang pertama yaa? Eh bener ngga sih? Bener ngga nih?

    Ah, elah.

    Wacana buat ngedaki bareng udah lama menguap, Mz. Aku cedih ndak bisa mendaki bareng blogger dan penulis hitttts kondang.

    ReplyDelete
  15. Keren! Muncak sambil puasa!

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    www.whateverbackpacker.com

    ReplyDelete
  16. Babang acen ini memang agamis banget ya? sampe mendaki aja tetap puasa

    ReplyDelete
  17. wowww.. mendaki saat puasa hebat banget... aku aja yang mendaki gak puasa tetep gak kuat. sempet mendaki ke gunung batur yang ada di kabupaten bangli, bali. setengah perjalanan udah mau nyerah.

    ReplyDelete

Silahkan komen yang baik, kalau gak baik nanti gua gebuk. Wekaweka.