Gunung Argopuro: Diary Pendakian Obat Nyamuk Bagian 2

Sebelumnya di Gunung Argopuro: Diary Pendakian Obat Nyamuk Bagian 1

“Gengs! Mau nge-camp sini aja gak?” teriak gue begitu ngeliat sehamparan tanah lapang yang cukup buat satu tenda. Padahal baru jalan 5 menit.

Sandy-Nophe berpandangan.

***
“San, bang, ayo masak! Jangan tidur melulu!” teriak Nophe di pagi buta yang masih super asik buat tidur-tidur emets. Duh, cuaca Argopuro pagi ini dingin-dingin empuk!

“Ngghhhh……. Lo yang masak lah….” lenguh gue sambil guling-gulingan emesh. Syit, nabrak Sandy. Tenda sempit amatan.

Lalu Sandy bangun dan bantu-bantu Nophe motongin sayuran. Sementara gue, masih males-malesan.

“Bang! Bangun elahhhh, katanya mau berangkat pagi!”

Ah iya, bener juga. Hari kedua ini target kami adalah mencapai Cikasur. Karena semalam kami gak ngecamp di Camp 1 – Mata Air Satu, harusnya, perjalanan menuju Cikasur bakal panjang banget.

Gue aja gak paham sama lokasi kami sekarang, apakah udah deket sama Mata Air Satu apa belum.

Waktu lagi masak-memasak di luar tenda, tiba-tiba ada motor melintas. Trus berhenti sambil keheranan ngeliat ada tenda in the middle of nowhere.

“Lho mas, harusnya ngecamp di depan gitu lho mas, di Mata Air Satu. Deket lagi itu…” kata dua om-om Jawa yang chubby dan berjenggot panjang, lagi diboncengin sama temennya yang berbodi lebih atletis, di atas motor bebek, yang sarat muatan. Ada kali tuh tenda, sleeping bag.

Etapi, akhirnya hilang sudah penasaran gue soal gimana caranya motor bisa lewat jalur pendakian Argopuro. Ngeliat motornya si bapak sih semacam pengen underestimate kalau itu motor sanggup naik ke atas. Suaranya aja nggerung banget. Apalagi jalurnya licin dan becek abis ujan.

“Iya, Pak, semalem kecapean. Jadi ngecamp sini aja deh, kebetulan liat petakan. Masih jauh gak, Pak, Mata Air Satunya?”

“Deket lagi kok itu…. Paling setengah jam….”

“Wah, makasih Pak. Oiya, Bapak-bapak ini siapa?”

“Aku…. adalah masa depan kamu….”

Yakali serem amat masa depan gue bapak-bapak chubby berjenggot panjang berkumis jarang.

Mereka adalah rangers Argopuro yang lagi mau bikin tandon air di beberapa sabana. Pantesan aja, sebelum mereka dateng, banyak bapak-bapak lain yang bawa-bawa pacul, plastik, cemacem lainnya.

“Yuk packing!”

***

“APAAN SETENGAH JAM! BINATANG!” dengus gue sambil menggoyangkan pinggul ke kanan dan ke kiri. Melempar kaki. Mengangkang. Pegel sih, tapi demi gak nginjek ribuan cacing yang lagi arisan di jalur.

Oiya, kini gue sudah insyaf make kata-kata kasar seperti asyu, jadi gue ganti aja pake binatang. Biar tetep greget kalau mau maki-maki.

Nophe Sandy cuma cekikikan.

Soal setengah jam, kata si bapak-rangers-chubby tadi kan jarak dari lokasi gue ngecamp ke Mata Air Satu palingan cuma setengah jam, tapi ini udah lebih dari sejam jalan, jongkok, cekikikan, ngglosor, sampe lemes, masih belum sampai-sampai juga. Padahal gue udah tau pasti, hampir semua kata-kata orang lokal pasti palsu, tapi masih kejebak juga.

Kayak harapan yang diumbar-umbar gebetan yang udah punya pacar, manis tapi beracun. Persis gitu deh. Perih.

Ditambah lagi, jalur yang penuh dengan cacing lama-lama bikin perjalanan makin berat. Gue ala-ala jijik campur gak tega nginjek itu para cacing, baik yang masih idup atau yang udah jadi bangke. Bikin pusing juga sih, soalnya itu bangke cacing baunya menusuk. Huek.

Tambah berat lagi karena justru makin banyak nanjaknya, makin banyak semak-semaknya, sepi bonus, dan….. hujan lagi. Bangke cacing, bau amis, jalanan nanjak, ujan, makin-makin deh bikin kita patah semangat. Mana camp Mata Air Satu belum sampe-sampe, padahal udah mau jam 11 siang. Gue rasa, bakalan sampe malem banget deh sampe Cikasur.
Eh, bentar…

“MATA AIR SATU GENGSS!!!”

***

 

Senyum sumringah gue menunjukkan betapa bahagianya kami, meskipun cuma bertiga di gunung Argopuro yang selalu gelap, selalu berkabut, selalu basah, dan sarat muatan makhluk-makhluk astral. Meskipun gue…. hanya sekedar bungkusan obat nyamuk bakar.

Pegelnya kaki dan pundak sedikit terobati dengan lokasi Mata Air Satu yang lumayan luas. Bawaannya pengen ngecamp lagi sih, tapi kan gak mungkin. Oiya, ini lokasi disebut Mata Air Satu karena emang ada mata airnya.

That’s why, ini lokasi cocok buat ngecamp. Mata airnya lumayan turun ke bawah sih. Rentan kepleset dan terguling sih kalau gak hati-hati turun. Sandy juga alhamdulillah kepleset gelundungan ke bawah. Untung gak pake gembor-gembor minta tolong.

Sebagai teman yang baik, gue punya tips ketika ngeliat temen yang kepleset, apalagi kalo keplesetnya kocak:
1. Pastikan dia gapapa dulu
2. Jangan ditolongin, ketawain dulu aja. Lalu tanyain, dengan muka agak cemas: “lo gak papa?”
3. Abis itu….. ketawain lagi! HAHAHAHAHA.

Okay udahan ngetawainnya.

Setelah puas beristirahat, cekikikan, nge-reward diri sendiri dengan Hydr* Coc* (kasih juga buat teman-teman, tapi kasih sisanya aja jangan banyak banyak), kami melanjutkan perjalanan.

Tujuannya adalah…. Cikasur, yang kalau dikira-kira sesuai petunjuk peta, masih ada 6 jam perjalanan lagi. Huvft banget sih, tapi pokoknya apapun yang terjadi, sore ini kami harus udah sampe Cikasur. Soalnya, kami gak pengen keteteran jadwal.

Dari banyaknya pengetahuan soal jalur Argopuro, katanya setelah Mata Air Satu, treknya jadi gak begitu berat. Soalnya tinggal turun menurun dan landai. Berhubung gue udah ketipu sama Pak Sist Instagram, gue jadi susah percaya gitu aja. Cowok emang gitu. Nyebelin. #lah

Eh… ternyata….

Jalur landai dan turunan bukan boongan semata! Asik banget! Bisa meluncur lebih cepat dan ngebuat kami ngerasa bakal sampe nih Cikasur sebelum jam 6 sore. Tapi semua kebahagiaan semu ini berakhir ketika plang ini tiba-tiba menjulang di depan kami….

 

 

Abis baca itu…

Gue semacam dikasih ucapan: Selamat datang di Indomaret!

Zonk, nyet. Ternyata tertatih-tatih sehari semalem masih belum apa-apa!

SYIT!

***

“Gengs, kta cepetin speed-nya ya. Udah makin sore nih!” teriak gue ke Sandy dan Nophe yang masih lumayan jauh ketinggalan di belakang.

Gue udah muak sama jalur hutan yang gelap mencekam. Jalur tanjakan imut yang bikin napas gue Senen-Kemis. Udah muak juga mendaki. Anjir, capek banget seriusan, nyet. Gue pengen banget segera sampai ke Cikasur! Pengen bobo! Pengen emeshannnnn….!

Tapi, perjalanan gak abis-abis. AKOH FRUSTASIH HHHHAAAAAAAARGGGHHH! Mana Sandy sama Nophe mesra mesraan mulu. MAKIN FRUSTASIHHHHH HAAAARRRGGGGHHH!

“Bang, itu kayaknya Sabana Kecil deh!” seru Nophe dengan riang gembira pas ngeliat di sebelah kanan jalur udah mulai cuma semak-semak yang tipis, dipenuhi cercahan cahaya yang melimpah, dan… padang rumput berwarna hijau kekuningan yang terlihat dari kejauhan.

“What the…. CIKASUR DIKIT LAGI WUHUUUUUUUU…..” lalu kami bertiga lari-lari bahagia menuju lokasi yang instagramable banget ini. Cihuy!

***

 

 

 

“MAS! OY, MAS!”

Waktu menunjukkan jam 17.45pm. Udah sore banget. Gak kerasa udah lebih dari 8 jam kami berjalan terus gak kenal lelah buat mencapai Cikasur. Our second camping-ground.

Tapi dari sebelah kanan jalur, di Sabana Kecil, rombongan bapak-bapak rangers-chubby yang tadi pagi kami temui teriak-teriak manggilin mas-mas… yang kemungkinan ya cuma gue atau Sandy. Eh, tapi Nophe juga sering dipanggil abang sih.

“San, itu dipanggil… gue lagi pipis!”

“Iya bang. KENAPA PAK?”

“MAU KEMANA?”

“KE CIKASUR PAK!”

“UDAH KESOREAN! KE CIKASUR MASIH 3 JAM LAGI! SINI AJA UDAH NGECAMP SINI!”

Gue lagi mikir. Cuma di Argopuro kayaknya gue beneran hidup di hutan. Ngobrol aja musti teteriakan dulu. Setelah berunding sejenak, akhirnya kami memutuskan buat ngikutin kata-kata geng bapak-bapak rangers-chubby itu.

“Udah, sini aja sama kita. Bahaya jalan malam-malam, Cikasur masih jauh lho. Nanti dibuatin tempat sama Pak Sam. SAM!”

Sam? Sam Smith? Sam Tsui? Anjir, orang lokal namanya internasional. Sementara nama gue….. ah bomat kzl bhay!

Gak berapa lama, bapak-bapak yang dipanggil Sam itu muncul. Ternyata Pak Sam ini si om atletis yang ngeboncengin si bapak rangers-chubby.

“Acen, Pak.” kata gue sambil salim ke Pak Sam.

“Samiaji.”

Sami…. aaa… ji…. KHAN MAEN NAMA SINGKATANNYA BULE AMAT YAK!

Bye.

***

 

 

***

Bersambung ke Gunung Argopuro: Diary Pendakian Obat Nyamuk Bagian 3

 

You might also like More from author

28 Comments

  1. Gigie Papaw says

    Bahahahhaaa

    Tetep gamau ngaku kalo namanya Sunda banget.
    Plis iyain aja sih.

    #3 kapan nih?

    1st comment dpt reward hyd** co** juga dongggg

  2. Ridwan Nugraha says

    Air strip zaman perang, nunggu episode cikasur, kayanya seru

  3. dini mukti says

    Yailaaah, nanggung amat bang ceritanya nanggung.
    Jadi udah seneng gitu nggak taunya beloman sampe Cikasur, wkwk
    Dan gue salah ketika baca cerita ini sambil makan indomie *merinding pas bagian c*c*ing, tapi abis itu makan lagi*

    1. Acentris says

      Byukan nanggung, supaya kalian juga merasakan apa yang aku rasakan…

  4. Mizan Hanafi says

    Cacingnya bisa d goreng tu bang,,buat sarapan,,,😂😂😂 Sam Sam

  5. Dian Ulfa says

    Babaaang plis baang anterin gue ke argopuro mau ketemu sama rangers chubby 😀

    1. Acentris says

      bayarin pesawatnya pp, makanannya, semuanyaaa

  6. putri andriani silalahi says

    Yay rilis jg ini cikasur *esalah pak sam kemungkinan sodaraan sama tmn gue, samirin hahaha sama2 sam xD

  7. @Anjar777 says

    Samiajiiiii!!! hahahaha pecah dah.. abis itu langsung bersambung -_- hih! KZL

    1. Acentris says

      Nanggung ya. kayak udah lama pdkt tapi gak jadian? hahahahaa

  8. Bukanrastaman says

    gag sabar nunggu part 3 nya..

    sapa tau ada cerita dewi rengganis 😀

    1. Acentris says

      Hm.. kayaknya belum sampai deh hahaha

  9. Zulfian says

    Itu yang di foto paling atas (tangan pegang kamera hape) tangan siapa, Cen?

Leave A Reply

Your email address will not be published.