Pemula, Ini Tips Cari Rumah Dijual di Jakarta Utara dan Kriteri Hunian Ideal

Mencari rumah dijual di Jakarta Utara menjadi pilihan menarik mengingat lokasinya yang berbatasan dengan sejumlah kawasan besar yakni Bekasi, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur hingga Laut Jawa. 

Daya tarik lainnya karena ada beberapa kawasan hunian atau perumahan elit di sini seperti Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk (PIK). 

Kemajuan daerah ini memang tak terlepas dari campur tangan beberapa pengembang besar di Indonesia. 

Sehingga meski dulunya Jakarta Utara seperti Kelapa Gading hanya berupa daerah rawa, kini sebaliknya, justru menjadi salah satu kawasan elit di Jakarta, yang dihiasi tak hanya oleh unit hunian mewah, tapi juga pusat perbelanjaan, ruko, hingga pusat bisnis. 

Belum lagi berbagai fasilitas pendukung lainnya, yang membuat penghuni kawasan ini tak perlu pergi jauh untuk memenuhi segala kebutuhan. 

Namun jika ingin mengakses kawasan lain dari Jakarta Utara juga bukanlah perkara sulit mengingat sekarang kawasan sudah dilewati ruas jalan tol, serta memiliki sejumlah angkutan umum mulai dari kereta hingga bus, yang makin memudahkan mobilitas. 

Salah satu tol yang ada di kawasan ini adalah Tol Tanjung Priok, yang membuat akses ke Jakarta Timur kian mudah. 

Yang menarik, jalan tol ini sekaligus merupakan percontohan jalan bebas hambatan yang ramah lingkungan dengan dilengkapi oleh teknologi yang bisa mengurangi kebisingan sehingga tidak mengganggu penghuni kawasan sekitar. 

Selain Kelapa Gading dan PIK, kawasan yang dikenal memiliki perumahan elit lainnya adalah Pluit. Sama halnya dengan kawasan elit lain, Pluit juga memiliki sejumlah fasilitas berupa pusat perbelanjaan, pusat kuliner, pusat pendidikan dan wisata hingga sejumlah hotel. 

Salah satu kelebihan kawasan ini adalah aksesnya bisa lewat darat maupun laut, dimana sebelah utaranya berbatasan dengan Teluk Jakarta. 

Tips Cari Rumah Dijual di Jakarta Utara 

Ternyata banyak kawasan menarik ya di Jakarta Utara? Apa Anda makin tertarik untuk mencari hunian di sini? 

Nah, agar lebih mudah, simak terus ya uraian seputar berbagai cara dan tips mudah untuk mencari hunian, seperti mencari rumah dijual di Jakarta Utara. 

Memiliki rumah mungkin jadi impian hampir setiap orang. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. 

Namun, sayangnya tingkat ketersediaan hunian dengan tingkat permintaan seringkali tak berimbang. 

Kemudian masalah berikutnya adalah harga rumah yang terus naik bahkan di beberapa kawasan sudah tak terjangkau oleh sebagian besar warga. 

Salah satunya adalah hunian di ibukota. 

Tapi jangan putus asa ya… 

Karena Anda bisa mulai dengan melakukan beberapa langkah mudah untuk memilliki hunian, atau membeli rumah dijual di Jakarta Utara maupun kawasan lainnya.

Hal mudah yang perlu Anda lakukan antara lain adalah: 

1. Menentukan kemampuan finansial 

Dalam hal ini, umumnya yang jadi patokan adalah besaran gaji. Dimana menurut ahli, cicilan sebaiknya sebesar 30% dari pendapatan. 

Lalu hitung pula uang muka yang sebaiknya memiliki besaran sekitar 20% atau 30%. Ini tujuannya agar kelak beban cicilan jadi lebih ringan. 

Nah, dengan mengetahui kemampuan dalam mencicil per bulannya, termasuk besaran uang muka, Anda bisa menghitung harga rumah yang bisa dijangkau.

Oya, kalau bisa siapkan juga dana ekstra ya… 

Di luar cicilan dan DP yang harus Anda bayar, bukannya tak mungkin Anda harus mengeluarkan biaya lain-lain. 

Misalnya saja untuk membeli perabotan ataupun melakukan hal-hal yang dibutuhkan agar tampilan rumah sesuai keinginan Anda. 

2. Kumpulkan informasi 

Tahapan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mendatangi event properti, mengumpulkan iklan promosi perumahan baik dalam bentuk brosur maupun secara online. 

Saat ini, Anda sudah bisa dengan mudah mengumpulkan informasi properti misalnya rumah dijual di Jakarta Utara melalui situs properti seperti www.99.co/id

Yang menarik di sini, Anda juga bisa dengan mudah menyeleksi pilihan hunian sesuai kebutuhan seperi berdasarkan lokasi, harga, ukuran dan masih banyak lagi. 

3. Lakukan survei 

Lalu kalau sudah menemukan beberapa pilihan yang diminati, saatnya lakukan survei. Ini tahapan yang juga tak kalah penting lho… 

Karena dengan survei Anda bisa langsung mengetahui dan merasakan langsung lingkungan serta kondisi rumah dan sekitarnya. 

Kalau Anda misalnya membeli rumah dijual di Jakarta dalam kondisi bekas, tentunya survei bisa membuat Anda langsung mengecek kekurangan atau kerusakan yang perlu diperbaiki. 

Jika terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki, Anda bisa langsung menanyakan hal ini pada penjual. 

Jadikan pula kesempatan ini untuk bertanya seputar hal-hal yang lebih detail. Misalnya kondisi lingkungan, keamanan dan sebagainya. 

Termasuk juga tanya mengenai diskon, atau bonus yang bisa diberikan penjual.

Lalu, rumah seperti apa sih yang layak untuk Anda pertimbangkan? 

1. Lokasinya strategis atau mudah diakses. 

Ini nantinya akan berpengaruh pada kemudahan Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Selain itu juga bisa berdampak pada pengeluaran. 

Semakin mudah dan banyak pilihan transportasi untuk mengakses kawasan hunian, maka akan lebih efisien. 

Artinya bisa lebih hemat waktu, tenaga hingga budget. 

2. Hunian dari pengembang kredibel 

Jika Anda membeli hunian dari developer yang sudah terkenal dan memiliki track record yang bagus, maka setidaknya ini sudah bisa menjawab kualitas dari produk properti yang ditawarkan. 

Karena logikanya, tentu pengembang dengan nama besar tidak akan mau mempertaruhkan brand image-nya dengan membangun properti secara asal-asalan kan? 

Beberapa pengembang kredibel dengan produk properti berkualitas bisa Anda cari pilihannya di 99.co Indonesia ya… 

Mungkin saja rumah dari pengembang ternama akan relatif lebih mahal ketimbang hunian pada umumnya. 

Tapi mengingat rumah sebagai hunian akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang, sehingga tak ada salahnya membayar sedikit lebih untuk investasi bertahun-tahun ke depan. 

Lagipula percuma kan kalau Anda membeli rumah murah namun dengan kualitas bangunan yang tidak berkualitas. Alih-alih untung, Anda bisa saja rugi karena pada akhirnya harus melakukan perbaikan dan upgrade di sana sini karena material yang digunakan tidak berkualitas. 

3. Lingkungan yang kondusif 

Karena rumah merupakan tempat untuk beristirahat, berkumpul bersama keluarga dan melakukan aktivitas personal lainnya, tentu setiap orang ingin merasakan kenyamanan ketika berada di rumah. 

Salah satunya bisa diwujudkan dengan memilih rumah dengan lingkungan yang nyaman dan aman. 

Dan menyadari ini pulalah agaknya yang membuat banyak pengembang membangun hunian lengkap dengan ruang terbuka atau mengusung green concept. 

Karena kini kesadaran dan kebutuhan akan lingkungan yang asri, nyaman dengan udara segar di masyarakat sudah makin tinggi. 

Sebagai tambahan, pastikan juga rumah memiliki surat dan dokumen yang lengkap. 

Karena jika tidak, ini berpotensi akan menimbulkan masalah yang rumit nantinya. Lagipula bisa saja pada akhirnya Anda yang telah membeli dan mengeluarkan sejumlah uang yang justru dirugikan. 

Jadi antisipasi ini sejak awal dengan bersikap cermat dan teliti ya….

Kisaran Harga Rumah Dijual di Jakarta Utara

Jadi sudah siap mencari rumah?

Untuk Anda yang sedang mencari rumah dijual di Jakarta Utara, Anda bisa pertimbangkan beberapa rumah menarik seperti salah satu rumah di Komplek Walikota Sakapura senilai Rp.1,4 miliar . 

Rumah 2 lantai dengan luas sekitar 130m2 ini memiliki 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, dengan carport yang bisa menampung 2 unit mobil. 

Dilengkapi pula dengan AC dan didukung oleh daya listrik sebesar 3500W.

Lokasinya juga menarik karena berada dekat dengan stasiun, rumah sakit hingga mal. 

Lalu rumah dijual di Jakarta Utara lainnya ada di kawasan premium, Kelapa Gading. Sebuah hunian dengan luas sekitar 95m2 dengan 2 kamar tidur ditawarkan senilai Rp 1,05 miliar. 

Rumah di kawasan Sunter, yang sama dengan Kelapa Gading, juga dikenal dengan beberapa hunian mewahnya. 

Contohnya sebuah rumah 2 lantai dengan 4 kamar tidur dan 2 kamar mandi, berluas 90m2, diitawarkan senilai Rp.1,9 miliar. 

Dengan harga beda tipis, sebuah rumah 2 lantai berluas 110m2, dengan 3+1 kamar tidur dan 2 kamar mandi dijual dengan harga Rp 2 miliar. 

Dan itu dia beberapa contoh rumah dijual di Jakarta Utara. Semoga bermanfaat!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.